Cara Mudah Memakai VPN pada iPhone atau iPad

Apakah Anda ingin menjelajahi web di iPhone ? Tapi seolah-olah Anda berada di negara lain dalam privasi lengkap, koneksi aman, menjaga keamanan data Anda, dan mengakses layanan yang pada umumnya tidak tersedia untuk Anda, khususnya yang tidak tersedia di Indonesia.


Dalam hal ini apabila Anda ingin memaksimalkan keamanan dan privasi ketika menjelajahi web di iPhone dan mengakses layanan yang dibatasi untuk beberapa negara tertentu, Anda bisa melakukannya dengan menggunaakan VPN.

Alasan Memakai VPN pada iPhone

Pada dasarnya setiap sesuatu ada alasan yang melatar belakanginya, tidak terkecuali pada penggunaan VPN. Saat ini ada begitu banyak orang memakai VPN dalam mengakses beberapa data yang tidak tersedia, nah alasan penggunaan tersebut di antaranya sebagai berikut :

VPN merupakan satu layanan yang dapat Anda sambungkan sebelum mengakses internet. Hal ini dapat mengenkripsi data Anda karena Anda mengakses web melalui server, Anda dan perangkat Anda tidak bisa ‘dilihat’ di internet oleh siapapun juga.

Akan dapat melindungi data Anda dari undang-undang perlindungan data yang lemah atau pemerintah yang suka campur tangan pada beberapa web tertentu.

Apabila negara Anda menyensor beberapa bagian tertentu dari internet, VPN bisa mengatasi batasan-batasan tersebut dengan sangat mudah.
Akan dapat mengakses komputer atau jaringan kerja dari jarak jauh, dalam hal ini Anda bisa mengatur VPN Anda sendiri.

Terakhir akan dapat melewati pembatasan berbasis lokasi pada layanan.
Pada poin terakhir ini mungkin adalah alasan penggunaan VPN yang paling umum. Dengan Anda menghubungkan melalui server di negara lain, maka akan secara otomatis bisa memakai layanan yang pada umumnya tidak tersedia di luar negara itu. Misalnya Anda bisa memperoleh akses ke Netflix AS dari Inggris, ataupun akses ke BBC iPlayer dari AS.

Bagaimana Cara Menggunakan VPN di iPhone ?

Nah, kita sudah sampai pada pon bagaimana cara memakai VPN di iPhone untuk mengakses web secara anonim. Memang Anda dapat menggunakan BPN jenis yang lainnya, tapi pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari penggunaan NordVPN di iPhone.

  1. Pertama tama Anda buat akun dengan NordVPN atau bisa melalui layanan VPN lain.
  2. Selanjutnya Anda download aplikasi NordVPN di iPhone atau iPad Anda.
  3. Jika sudah di unduh dan di instal Anda buka aplikasi dan klik pada ikon orang di sebelah kiri.
  4. Kemudian Anda masuk memakai detail akun Anda.
  5. Lalu Anda ketuk Quick Connect, pada menu itu Anda akan diminta untuk memberikan izin untuk terhubung ke VPN. Anda klik saja pada Got it untuk menyetujui.
  6. Disana Anda akan melihat pesan yang mengatakan bahwa applikasi NordVPN ingin menambahkan konfigurasi VPN dan ‘’All network activity on this iPhone may be filtered or monitored when using VPN’’. Anda klik saja Allow.
  7. Nah,dengan asumsi Anda mempunyai ID Sentuh atau ID Wajah, maka disana Anda akan diminta untuk memakainya guna Menambahkan konfigurasi VPN. Apabila hal itu gagal, Anda bisa memasukkan kode sandi Anda pada kolom yang tersedia. Proses yang satu ini memungkinkan NordVPN untuk mengatur pengaturan VPN pada ponsel Anda. Jika Anda ingin mengaturnya, maka bisa melihat di Settings > General.
  8. Disana Anda akan melihat peta yang menunjukkan berbagai VPN di seluruh belahan dunia. Dala hal ini server yang Anda pakai dan sedang aktif akan ditandai dengan ikon hijau.
  9. Saat Anda sudah terhubung ke VPN, penjelajahan Anda akan sepenuhnya anonim dan tidak akan terdeteksi.
  10. Cara Mudah Menggunakan VPN di iPhone untuk Mengakses Internet dari Negara Lain.
  11. Apabila tujuan Anda yakni ingin mengakses internet seolah-olah Anda berada di negara lain, ini bisa saja Anda lakukan, meskipun dengan melakukannya, Anda mungkin telah melanggar beberapa syarat dan ketentuan layanan yang Anda akses dengan menggunakanVPN.
  12. • Pertama tama Anda pilih Map atau List view, dalam hal ini Anda bisa mengetuk negara tempat Anda ingin merutekan koneksi Anda.
  13. • Contohnya Anda geser peta hingga Anda bisa melihat AS, dan ketuk ikon VPN di tengah negara tersebut.
  14. • Disana Anda akan melihat kotak dialog dengan nama negara yang telah dipilih, ikon sakelar hidup atau mati, dan opsi untuk Pilih Server negara tersebut. Caranya Anda tinggal ketuk saja tombol on / off untuk mengaktifkan server itu.
  15. • Nah Anda tunggu agar terhubung, ini hanya perlu beberapa detik.
  16. • Selanjutnya saat Anda menjelajahi web, akan terlihat bahwa Anda berbasis di negara tempat server tersebut berada. Hal itu menandakan bahwa Anda bisa mengakses layanan yang mungkin hanya tersedia di negara itu saja.
  17. • Jika memang Anda tetap terhubung ke VPN, maka Anda akan melihat ikon VPN di kiri atas layar Anda. Yang letaknya ada dii samping jaringan seluler dan ikon konektivitas Wi-Fi.

Cara Mudah Menonaktifkan VPN di iPhone

Jika mungkin Anda ingin berpindah server atau negara, atau bisa jadi Anda memang ingin berhenti menggunakan VPN, caranya cukup mudah. Di bawah ini adalah cara mematikan NordVPN, antara lain :


• Pertama tama Anda buka aplikasi NordVPN.
• Kemudian Anda klik Disconnect.
• Disana Anda akan ada pesan bahwa Anda tidak terhubung dan ikon VPN akan hilang dari menu.

Selain cara di atas Anda dapat memutuskan koneksi VPN di iPhone dengan cara lain seperti di bawah ini, antara lain :


• Pertama tama Anda buka Settings > General.
• Kemudian Anda gulir ke bawah ke VPN.
• Lalu klik sakelar di sebelah Status untuk memutuskan sambungan tersebut.
• Selajutnya Anda klik ikon (i) di sebelah VPN.
• Terakhir Anda tinggal klik sakelar di sebelah Connect on Demand untuk menghentikan koneksi VPN tersebut.

Ada beberapa orang yang bertanya pada saya ‘’Apa penggunaan VPN aman ?’’ Dalam hal ini saya akan memberikah jawab sesuai dengan fakta yang pernah saya lakukan. Mengakses web di iPhone dengan menggunakan VPN, itu akan lebih aman daripada mengakses tanpa VPN dalam beberapa keadaan penting.

Sebagai contoh apabila Anda terhubung ke web melalui jaringan publik, maka semua data akan dapat di lihat, tapi dengan Anda mengakses melalui VPN, mak hal tersebut akan mengenkripsi data Anda, sehingga Anda akan terlindungi dari peretas potensial yang mungkin mencoba mencuri data Anda internet.

Dalam hal ini, sebenarnya Anda kadang akan membutuhkan VPN dengan cara membayar mereka untuk melindungi data Anda di internet. Tapi jika memang Anda ingin menggunakan vers yang gratis, maka sebenarnya mereka para pengembang VPN mempunyai cara tersendiri untuk memperoleh uang dari applikasi yang mereka buat. Contohnya mereka akan menyisipkan iklan pada applikasi tersebut untuk memperoleh pundi pundi rupiah. Jadi saran saya jika memang Anda menggunakan VPN untuk hal yang sangat penting, lebih baik gunakan yang berbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *