Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root
Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root –Saya yakin Anda telah mempunyai android dan tahu bahwa disana ada yang namanya RAM. Lalu apakah Anda tahu pengertian RAM dan kegunannya ? Yaps… RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM fungsinya yaitu untuk menyimpan memory sementara dari aplikasi atau program tertentu dari system operasi. Peranan RAM dalam ponsel android sangat vital. Ponsel yang mempunyai RAM besar, maka akan lebih mudah menjalankan bebeapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Sedangkan apabila kapasitas RAM di ponsel kecil maka untuk menjalankan beberapa aplikasi saja akan membuat ponsel lemot.

Tidak satupun orang yang mau ponselnya lemot, apalagi jika ponsel tersebut akan di gunakan untuk bekerja. Sangat menjengkelkan rasanya saat sedang di pakai malah tiba ponsel loading lama atau bahkan mati. Maka dari itu Anda perlu menjaga kapasitas RAM android tersebut.

Selain itu untuk beberapa anak remaja yang suka main game, dan itu membutuhkan RAM yang berukuran besar. sebut saja mobile legend yang merupakan permainan yang membutuhkan RAM besar. Saran saya agar Anda dapat memainkan game tersebut walaupun dengan RAM 1 GB saja, jangan menginstal applikasi yang tidak perlu, bahkan jika perlua Anda matikan semua applikasi tersebut. Dengan begitu RAM akan terasa ringan dan Anda akan lebih nyaman memainkan game tersebut.

Apakah RAM Android Dapat Ditambah?

RAM android tentu tidak dapat di tambah. Pada dasarnya RAM telah siap langsung ke dalam mainboard ponsel. Ingat, RAM tidak bisa dilepas pasang dan diganti dengan kapasitas lebih besar seperti halnya kartu MicroSD. Sebagai contoh Anda mempunyai ponsel Android dengan RAM 2GB, dan Anda ingin meningkatkan kapasitas RAM menjadi 3GB atau 4GB, hal itu tentu sangat tidak bisa di lakukan. Yang pasti apabila Anda ingin menambah RAM Android, jangan cara cari yang lain selain membeli ponsel baru yah.

Apakah RAM pada ponsel yang terbatas dapat didukung? Jawabannya tentu saja bisa. Apabila kapasitas RAM Android Anda kecil, maka untuk membuat beberapa aplikasi tentu akan membuat RAM langsung penuh. Selanjutnya apabila RAM penuh, ponsel akan lemot dan perlu di restart agar dapat berfungsi normal. Saya yakin ponsel Android yang lemot tentu akansangat menyebalkan dan menggangu aktivitas sehari-hari.

Bagaimana Cara Menambah RAM Android yang Benar?

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, RAM pada ponsel Android tidak bisa ditambah. Dan apabila Anda mempunyai ponsel Android dengan RAM kecil, cara terbaik untuk membuat ponsel tidak lemot saat di gunakan adalah dengan kapasitas RAM.

Dalam hal ini saya akan membagikan 3 cara yang pasti bekerja untuk menambah kapasitas RAM yang ada di ponsel Android Anda. Cara ini akan bekerja pada semua merek ponsel jadi ini dapat Anda langsung eksekusi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Ingat saat Anda melakukan beberapa cara di bawah ini jangan sampai ada langkah yang salah, jika ada yang salah dan terkan system maka akan membuat ponsel Anda Blank.

Hapuslah Aplikasi yang Tidak Penting

Anda mungkin saja tida menyadari bahwa semakin banyak aplikasi yang diinstal di ponsel, maka semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di latar belakang saat Anda hiudpkan ponsel tersebut. Ingat applikasi yang berjalan di belakang akan menghabiskan RAM dan jika sampai penuh akan lemot. Maka dari itu, apabila Anda ingin hemat RAM Android, saran saya lebih baik uninstal aplikasi yang tidak penting atau lebih banyak digunakan.

Maka dengan begitu kapasitas RAM android Anda akan tetap terkendali dan tidak akan lemot. So, mengenai cara uninstal aplikasi di ponsel Android, Anda dapat menyimaknya di bawah ini:

  • Pertama – tama Anda masuk ke Pengaturan atau Pengaturan lalu masuk ke Aplikasi
  • Selanjutnya Anda pilih aplikasi yang ingin diuninstal
  • Terkahir Anda klik uninstal.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Anda tentu melihat bukan ada beberapa applikasi bawaan dari setiap ponsel, misalkan saja ada applikasi Gmail dan yang lainnyanya. Perlu Anda ketahui tidak hanya aplikasi instalan, aplikasi bawaan Android juga akan memakan RAM android Anda.

Terlebih lagi ada beberapa aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh Anda. Dan apabila memang ada satu aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstal maka tidak perlu Anda menonaktifkan aplikasi tersebut. Nonaktifkan  saja aplikasi bawaan yang memang bisa menonaktifkan aplikasi. Tapi ingat jangan sampai menoktifkan beberapa applikasi yang berhubungan dengan system, sebab hal itu akan membuat ponsel Anda malah akan hank.

Cara yang satu ini cukup membantu untuk meningkatkan kapasitas RAM Android semua tipe. So untuk menoktifkan beberapa applikasi bawaan pada ponsel android Anda, di antaranya sebagai berikut :

  • Pertama Anda masuk ke Play Store
  • Selanjutnya Anda masuk ke menu gesek ke kanan atau tekan tombol (3 garis horizontal di sudut kiri atas).
  • Kemudian masuk ke menu Bantuan & Umpan Balik.
  • Di sana pada kolom pencarian, ketik “Disable App”.
  • Pilihlah topik yang sesuai dengan app yang ingin di unistal.
  • Berikutnya Anda klik tautan (tautan) ke “Ketuk untuk pergi ke Pengaturan Aplikasi”.
  • Lalu pilih aplikasi yang bisa di-disable.
  • Dan terakhir Anda tekan tombol “disable”.

Menggunakan Aplikasi Booster untuk Android

Memang tidak ada cara untuk menambahkan RAM android Anda, sebab seperti yang saya jelaskan RAM memang secara otomatis akan terpasang pada ponsel. Tapi agar performa ponsel Anda tetap selalu prima Anda dapat menginstal aplikasi Booste. Perlu Anda ketahui aplikasi Booster pada umumnya memiliki fitur RAM Booster yang perlu menginstal aplikasi tidak penting yang memerlukan kapasitas RAM ponsel Anda.

Dari hasil penelitian yang saya lakukan salah satu aplikasi Booster terbaik untuk ponsel Android Anda adalah Speed ​​Booster dari Cheetah Mobile. Aplikasi yang satu ini dapat Anda unduh secara gratis di plasystore dan bisa digunakan di semua merk ponsel Android.

Nah, apabila aplikasi android tersebut telah terinstal, maka di sana Anda aktifkan dari menemukan fitur RAM Booster. Fitur RAM Booster ini akan secara otomatis mengaktifkan aplikasi mana yang sedang berjalan di latar belakang.

Dengan mengaktifkan tombol bersihkan pada applikasi ini, maka Anda akan dapat menyimpan data dan mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut. Dengan fitur RAM Booster ini akan menghindari ponsel Anda lemot dan ngelag secara tiba-tiba.

Bagaimana mudah bukan Cara Menambah RAM Android Tanpa Root di semua merek ponsel di atas ? Nah, dengan cara mudah yang telah saya tulis di atas maka Anda akan terhindar dari ponsel yang Hank tiba. Kondisi ponsel yang hank akan membuat RAM android menjadi sangat berat, dan jika tu terus berlanjut maka akan membuat ponsel Anda mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *