Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

DuniaTeknologi.Info – Perkembangan teknologi dan gadget yang kian pesat membuat siapapun dapat dengan mudah mengaksesnya. Salah satu di antaranya adalah anak-anak. Namun apa jadinya jika di usia dini anak-anak sudah mulai kecanduan gadget dan internet? Bahkan ketika pulang sekolah pun bukan langsung berganti baju atau makan yang dilakukan langsung mencari gadget ini merupakan tanda anak Anda telah kecanduan Gadget

Di usia tumbuh dan berkembang, anak Anda seharusnya diajarkan untuk bersosialisasi dengan mengenal dunia di luar rumah. Peran orang tua dan kerabat dekat sangat penting untuk mencegah hal ini. Hal ini menjelaskan tentang gadget yang biasa digunakan oleh anak-anak salahsatunya akses internet entah itu bermain game, ataupun mencari lainnya dalamĀ Penggunaan Internet Berdampak Buruk Bagi Manusia bahkan anak.

Meskipun tidak bisa dipungkiri teknologi juga membawa hal positif dimana membantu manusia dalam memberikan kemudahan entah itu akses informasi, edukasi, hiburan dan lainnya. Hal ini membuat paradigma yang salah tentang bagaimana orang tua harus bijak dalam memberikan fasilitas terutama gadget mengingat teknologi gadget juga mengandung hal-hal yang negatif jika kita tidak pintar dalam memfilter apa yang masuk dalam pikiran anak Anda.

Sayangnya, serikali yang terjadi pada anak adalah banyak juga yang menggunakannya tidak sesuai dengan kebutuhan. Sebaliknya, hal ini digunakan dengan berlebih dan bahkan tak sedikit diantaranya menyalahgunakan internet untuk hal-hal yang negatif. Inilah yang menjadi kekhawatiran banyak orangtua saat ini. Selain itu, penyalahgunaan fungsi internet akan tentu saja berpengaruh pada pencetakan generasi bangsa yang kurang berkualitas.

Sungguh sebuah kenyataan yang memilukan, manakala dahulu kehidupan anak-anak dihiasi dengan keceriaan bermain di taman dan bersenda gurai bersama dengan teman-temannya yang lain, hal serupa justru tidak terjadi saat ini. Kehidupan bermain anak-anak seolah lenyap ditelan zaman dan membuat internet menjadi kehidupan baru untuk mereka. Bahkan seorang anak dua tahun lebih senang bermain game dengan gadget dan download game di playstore merupakan hal yang sangat mengecewakan dan miris jika kita lihat sekarang. Maka dari itu ada baiknya duniateknologi berbagi tentang :

Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

1. Batasi Penggunaan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah memberikan batasan penggunaan gadget. Menurut beberapa pakar, seorang anak mulai diperbolehkan bermain gadget sejak usia 2 tahun dengan batasan maksimal 1 jam per hari. Sementara itu bagi mereka yang berumur 5 tahun ke atas batasi maksimal hanya 2 jam per harinya.

Tahukah Anda Bill Gates (Pendiri Mictrosoft) dan Steve Jobs (Pendiri Apple) larang anaknya menggunakan gadget temuannya sendiri dengan alasan kedua orang ahli teknologi gadget Sudah menyadari alasan dampak negatif perkembangan teknologi gadget.

amun disisi lain justru dia tak ingin anak-anaknya menggunakan gadget yang ia ciptakan dirumah mereka sendiri. Jangan bayangkan bahwa rumah steve jobs akan dipenuhi dengan piranti2 canggih buatan apple. Tapi sebaliknya bahkan di kamar anak steve jobs sendiri tak ditemukan perangkat elektronik canggih yang bisa digunakan oleh anak mereka.

2. Berikan Waktu Tertentu

Kemudian, Anda pun bisa memberikan waktu tertentu kepada anak-anak untuk bermain gadget. Misalnya saja anak-anak diperbolehkan bermain gadget pada weekend dan hari libur saja. Gunakan juga sistem reward, misal jika anak memperoleh nilai pelajaran di atas 9, maka dia bermain game selama 1 jam di hari libur.

Hal ini dirasa cukup efektif untuk mengurangi anak dalam bermain gadget kesayangannya. Ini bisa menumbuhkan rasa belajar meskipun dengan cara paksa namun masih dalam tahap wajar untuk kebaikan anak Anda.

3. Batasi Akses Internet Di Rumah

Akses internet yang ada di rumah bisa saja menjadi pintu gerbang awal seorang anak kecanduan gadget. Dengan inipun, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten apapun yang ada di dunia maya. Untuk mencegahnya, Anda bisa membatasi akses internet yang ada di rumah di luar kebutuhan Anda ya.

Kehadiran internet memang banyak memberikan manfaat bagi manusia. Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah karenanya dan informasi menjadi lebih cepat diakses dengan internet. Akan tetapi dibalik itu semua, ada sejuta ancaman yang mengintai, khususnya pada anak-anak. Bukan hanya ancaman pornografi saja, keberadaan situs media online saat ini dimana ada beberapa yang memberikan berita hoax, nyatanya membuat anak-anak sampai rela menghabiskan sebagian besar waktunya mengakses internet dibandingkan dengan bermain dilingkungannya.

4. Aktivitas Bersama Di Luar Ruangan

Lalu, orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak untuk terhindar dari kecanduan gadget. Selalu sediakan waktu luang bersama dengan anak untuk melakukan aktivitas bersama di luar ruangan. Jangan lupa siapkan banyak kegiatan berbeda, karena pada umumnya anak mudah bosan dengan kegiatan yang sama terus-menerus.

Tahukah Anda apa alasan Steve Jobs untuk anaknya tidak diperbolehkan menggunakan Gadget. Ya, Alasan Steve Jobs cukup sederhana, karena dia tidak ingin kehilangan waktu bermain bersama anak mereka. ketika anak sudah asyik bermain gadget dia khawatir anak mereka tidak lagi peduli dengan lingkungan dan sesama.

5. Diskusi Dengan Anak

Untuk mengontrol dan mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan berdiskusi bersama dengan mereka. Jelaskan maksud Anda membatasi penggunaan gagdet dan internet pada anak bahwa hal tersebut semata-mata Anda lakukan demi kebaikan mereka. Selain itu, berikan pemahaman bahwa ketika mereka kecanduan dengan internet banyak dampak buruk yang mereka dapatkan, diantaranya adalah insomnia dan pembentukan pribadi introvert yang akan menyulitkan mereka dimasa depan. Dengan begini anak diharapkan mampu menangkap tujuan orangtua sebenarnya dalam mengatasi kecanduan gadget pada mereka.

Anak-anak yang sudah mengalami kecanduan dengan gadget sejak mereka berusia dini, tentu saja menjadi hal yang sangat memprihatinkan. Tidak seharusnya, masa kecil mereka dihabiskan dengan berdiam diri dikamar tanpa mengenal dan bereksplosi dengan lingkungannya.

6. Child Mode & Atur Password

Langkah terakhir, jika anak Anda masih menangis dan rewel Anda pun bisa membatasi dengan memberikan password pada gadget, baik yang anak maupun Anda miliki. Kemudian Anda juga bisa mengaktifkan fitur khusus anak seperti Kids Mode pada Samsung atau Child Mode pada MIUI Xiaomi. Dengan inipun Anda bisa membatasi aplikasi mana saja yang dapat diakses anak-anak sehingga terhindari dari konten negatif loh.

Nah itulah 5 cara mudah mengatasi kecanduan gadget pada anak. Jangan lupa untuk pergunakan gadget Anda untuk keperluan yang positif ya guys. Punya saran lain? Yuk, share nggak perlu ragu buat share pendapat Anda pada kolom komentar.

Satu tanggapan untuk “Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *