Begini Cara Mudah Menghubungkan Ponsel Galaxy ke TV dengan Benar

DuniaTeknologi.Info – Televisi dan smartphone adalah benda eletronik yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Dan salah satunya yang tergolong smartphone unggulan adalah Galaxy. Meskipun memiliki fungsi yang sama sebagai media hiburan, namun sayangnya ponsel Galaxy memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan televisi. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan kita bahas bagaimana cara mudah menghubungkan ponsel Galaxy ke TV dengan benar.

Dengan menyambungkan ponsel Galaxy ke televisi, maka apa yang Anda lihat di HP juga dapat ditampilkan dilayar televisi. Selain itu, aktivitas lain seperti video call, video streaming, bahkan bermain game juga akan terasa lebih menyenangkan karena televisi memiliki layar yang beresolusi lebih besar dibandingkan layar HP.

Sebelum mempelajari lebih jauh cara menghubungkan ponsel Galaxy ke televisi, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah televisi yang akan digunakan support dan memiliki konektor yang bisa dipasangi perangkat tambahan. Karena beberapa metode di bawah ini menuntut spesifikasi TV yang moderen.

1. Menggunakan Fitur Screen Mirroring yang Ada Pada Ponsel Galaxy

 

 

Menggunakan ponsel Galaxy memiliki keuntungan tersendiri. Anda langsung bisa menghubungkan ponsel Galaxy Anda ke TV dengan mengaktifkan fitur screen mirroring. Fitur jenis ini biasanya sudah terpasang secara otomatis di HP samsung Galaxy tipe S5,S6, S7 dan S8. Setelah mengaktifkan fitur tersebut, selanjutnya Anda perlu menekan tombol source pada remot televisi Anda. Kemudian, pilih menu screen mirroring dan secara otomatis ponsel Galaxy Anda akan terhubung ke TV. Anda dapat menampilkan konten-konten yang Anda inginkan maupun memutar musik dan menonton YouTube, juga menjalankan aplikasi lain yang ada di HP Anda dilayar TV secara langsung. Sangat mudah bukan?

2. Menggunakan Konektor Pintasan atau Tambahan

 

 

Selain cara di atas, Anda juga bisa menghubungkan ponsel Galaxy ke TV dengan cara berikut ini. Hal ini Anda lakukan mungkin karena fitur Screen Mirroring di ponsel tidak berfungsi. Nah, berikut ini pilihannya.

 

  • Menggunakan kabel HDMI

 

Cara menyambungkan ponsel Galaxy ke TV bisa dengan menggunakan konektor tambahan berupa kabel HDMI. Ini adalah cara yang terbilang mudah karena Anda hanya perlu menyambungkan kabel HDMI ke masing-masing konektor yang ada diponsel dan televisi Anda. Namun sebelumnya, pastikan bahwa ponsel Galaxy Anda dilengkapi dengan fitur konektor kabel micro HDMI, dan televisi yang akan digunakan juga memiliki konektor HDMI yang serupa.

 

  • Menggunakan Miracast

 

Cara menghubungkan ponsel Galaxy ke TV yang kedua yaitu dengan memakai Miracast. Metode pintasan ini bisa Anda lakukan tanpa menggunakan kabel sama sekali. Karena Miracast merupakan fitur penghubung ponsel ke TV dengan mengandalkan koneksi wireless. Anda bisa mendapatkan fitur miracast ini dengan membelinya di toko-toko komputer yang ada di sekitar Anda, namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu ponsel Galaxy dan televisi Anda sama-sama support untuk menggunakan fitur ini.

 

  • Memakai Wireless Display

 

Alternatif menghubungkan ponsel Galaxy ke TV yang ketiga adalah dengan menggunakan wireless display. Caranya adalah dengan men-download aplikasi khusus yang sesuai untuk fitur wireless display ini. Jika sudah terinstal di ponsel Galaxy Anda, selanjutnya tinggal memasang fitur wireless display ini di televisi supaya bisa menerima sambungan tanpa kabel dengan sempurna. WD atau wireless display dapat Anda beli di toko elektronik atau toko komputer di sekitar Anda.

Dengan memperhatikan beberapa langkah di atas, maka Anda bisa dengan mudah  mengikuti cara menghubungkan ponsel Galaxy ke TV dengan benar. Anda bisa menggunakan fitur yang ada di ponsel Anda melalui layar yang lebih besar. Selain itu, semua cara di atas juga aman tanpa menimbulkan resiko yang dapat merusak komponen televisi. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *