Chip Intel Core i9 Baru Dapat Membuat Laptop Terasa Seperti Desktop

DuniaTeknologi.Info – Benarkah Intel macet. Dikutip dari CNet.com Pada awal tahun 2017, laptop ketujuh gen baru dan prosesor desktop Kaby Lake tidak pernah lebih cepat dari tahun sebelumnya. “Jangan tertipu,” tulisnya.

Namun tahun ini, chip baru Intel yang termahal telah mendapatkan beberapa hal nyata. Pada hari Selasa, perusahaan ini mengumumkan chip enam-inti pertama, 12-benang untuk laptop – salah satunya kecepatan yang bisa dikatakan seperti cahaya dalam majas hiperbola dapat meningkatkan hingga 4.8GHz ketika didinginkan di bawah 53 derajat Celcius.

Mereka sedang berbicara tentang Intel Core i9-8950HK, chip Core i9 pertama di laptop, dan satu klaim Intel hingga 29 persen lebih cepat pada tugas sehari-hari daripada salah satu CPU laptop tercepat tahun lalu, Core i7-7820HK. Intel juga mengatakan 59 persen lebih cepat pada pengeditan video 4K daripada chip itu (yang sebenarnya cukup sebanding: clockspeed dasar yang sama dengan tegangan yang sama).

Intel Core i9 flagship baru bahkan dibuka, sehingga Anda dapat melakukan overclock – atau lebih baik lagi, serahkan saja pada para profesional. Intel mengatakan mereka mengharapkan perusahaan-perusahaan PC untuk mengirim sistem 5GHz praoverclocked sesaat setelah peluncuran.

Tentu saja, tidak semua orang akan mampu membeli prosesor Core i9. Untuk kita semua, manfaat dari silikon baru 14nm Coffee Lake dari Intel juga dapat dirasakan pada prosesor Xeon dan perusahaan Core i7, yang juga menawarkan enam inti dan 12 statement untuk semua kebutuhan multitasking (dan penyuntingan dan rendering) Anda.

Faktanya, “lebih banyak inti” adalah sesuatu dari tema tahun ini, apakah kita berbicara laptop atau desktop. Meskipun perusahaan masih mempertahankan penetapan Core i7 / Core i5 / Core i3, Anda mendapatkan lebih banyak core untuk uang Anda sekarang. Disamping laptop, Anda dapat mengharapkan empat core dan delapan thread, bahkan pada chip Intel Core i5 yang berdaya rendah.┬áDan di depan desktop, chip Intel Core i3 berdaya rendah sekarang memiliki empat inti, sementara Core i5 memiliki enam core. Itu dua lebih dari masing-masing sebelumnya.

Berbicara tentang label, jika Anda melihat “Core i5 +” atau “Core i7 +” pada komputer Anda berikutnya, Anda harus tahu itu bukan jenis chip baru – itu hanya singkatan pemasaran untuk menunjukkan PC tersebut termasuk modul memori Intel Optane untuk membuat hard drive lamban mereka terasa lebih cepat. (Bahkan jika Anda memiliki SSD cepat sebagai drive boot Anda, Intel mengatakan Optane dapat mempercepat waktu tunggu secara drastis jika Anda memuat media dari disk berputar tradisional.)

Menurut Intel, tidak ada perbaikan yang sangat mudah untuk kekurangan Specter dan Meltdown dalam chip baru ini – meskipun “mitigasi” yang ada harus dipanggang untuk sangat mengurangi risikonya.

Dan belum ada dukungan Thunderbolt 3 bawaan. Produsen masih perlu membeli chip Intel terpisah jika mereka ingin menambahkan kabel all-in-one yang menawarkan daya, data, video dan dukungan grafis eksternal semua pada saat yang sama, yang berarti itu akan tetap mewah.

Tapi Anda bisa mengharapkan kinerja Wi-Fi laptop Intel rata-rata menjadi lebih baik.

Untuk satu hal, chipset mobile 300-seri barunya akan memiliki built-in Intel 802.11ac nirkabel, yang pada umumnya temukan lebih dapat diandalkan daripada kompetisi. Untuk yang lain, bahwa nirkabel 802.11ac adalah variasi 160MHz baru, dua kali lebih cepat daripada opsi Intel sebelumnya 80MHz (dengan asumsi router Anda mendukung 160MHz juga). Secara teoritis, ia dapat mentransfer lebih dari satu gigabit per detik.

Seperti biasa, kita harus melihat apakah teknologi Intel sesuai dengan klaim ketika laptop bergulir masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *