D-Link DIR 842 Wireless AC1200, Wireless Router Rumahan Yang Handal

DuniaTeknologi.Info – Mobilitas yang semakin tinggi menuntut Ands harus membagikan jaringan internet maupun lokal kedalam lingkungan seperti rumah, kantor atau kompleks perumahan. Namun hal itu juga harus didukung dengan frekuensi yang tinggi dan jaringan yang kuat. Untuk itu kini telah hadir D-Link DIR 842 Wireless AC1200 sebagai jawaban. Wireless Router AC Rumahan Yang Handal.

Spesifikasi D-Link DIR 842 Wireless AC1200

1. Desain Futuristik

D-link dir 842 wireless ac1200 merupakan wireless router ac rumahan yang handal karena memiliki antarmuka dan control panel yang user friendly sehingga mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. Seperti mana biasanya router rumahan pada umumnya dikemas dengan body berwarna hitam polos. Disni diberikan bagian atas motif garis melintang dengan logo D-Link ditengahnya. Dengan berat body hanya 288 gram dan ukuran 190 x 133 x 38 mm perangkat ini tentunya mudah dan fleksibel untuk diletakkan dimanapun Anda suka.

Baca Juga : Serba-Serbi Root

Demi menjaga ketahanan perangkat ini dibuat dengan sirkulasi udara yang tergolong bagus. mulai dari bagian atas, samping dan bawah, lubang udara dapat mengalir dengan lancar. Dengan begitu rasa panas yang dihasilkan akan berkurang dan lebih leluasa untuk keluar. Apalagi jima router ini Anda letakkan didalam ruangan berAC.

Agar jaringan wi-fi bisa ditangkap dengan maksimal router ini ditanamkan  4 buah antena eksternal yang cukup unik dari segi bentuk karena tidak sekedar bulat biasa. Dua antena berada disamping dan dua lainnya berada di belaang. Masing-masing posisi antena dapat diputar sesuai dengan keinginan. namun antena ini tidak modular.

Perangkat ini juga dilengkapi 5 buah port RJ-45 yang diletakkan di belakang. Empat diantaranya merupakan portland sedangkan yang berwarna kuning adalah port wan yang khusus digunakan untuk mendapatkan koneksi internet. Port power diletakkan bagian kanan setelah port RJ-45. Berikutnya tombol power dan WPS disebelahnya. Port power berfungsi untuk menghubungkan power adaptor dengan router. jika sudah terhubung, Anda bisa menyalakan router ini dengan mudah dengan menekan tombol power.

Disamping itu masih ada tombol reset yang diletakkan diantara tempelan keterangan dibagian bawah.  Dimana fungsi reset ini hampir sama dengan komputer atau laptop untuk mengembalikan kondisi router ke konfigurasi awal seperti ketika pertama kali digunakan.

2. Instalasi dan Pengujian

Instalasi perangkat ini juga bisa dibilang cukup mudah Anda hanya perlu membaca buku manual penggunaan yang tersedia pada paket pembelian. ketika pertama kali digunakan Anda hanya perlu menghubungkan perangkat dengan pc atau laptop. hubungkan kabel RJ-45 dari modem ke pc/laptop yang dipindahkan ke port yang ada pada router (berwarna kuning). lalu dari router Anda harus sambungkan kabel bawaan menuju port LAN di PC/laptop. Hasil pengujian akan langsung terbaca di pc maupun laptop.

Setelah Anda mengkonfigurasi wireless agar dapat diakses oleh perangkat lain. Artinya router ini akan terbaca sebagai perangkat WI-Fi. Caranya cukup sederhana hanya dengan mengklik next setelah notifikasi keluar.

  • Network name dan password telah terisi otomatis sama dengan kartu provider yang tersedia pada paket pembelian.
  • klik next
  • ganti default name “admin” sesuai dengan keinginan Anda atau untuk mudahnya diganti dengan administrator karena Anda harus mengetikkan minimal 6 karakter.

Jika Anda ingin melakukan lebih banyak lagi konfigurasi terdapat menu setting yang memiliki beberapa sub menu seperti wizard, wireless, internet dan network. Melalui sub menu internet apa yang digunakan oleh ISP.

Sementara pada sub menu wireless Anda dapat merubah nama akses wi-fi (SSID) dan password baik untuk frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz. tak cuma itu guest juga dapat dinuat sub menu wireless. ini cukup bermanfaat jika ada tamu yang sedang bermain ke rumah agar bisa terkoneksi dengan internet namun tidak menggangu pengguna lainnya.

Beralih ke pengujian dengan ponsel akses wifi ac dapat mencapai 300 Mbps untuk 2,4 GHz. pengujian atau cakupan range dari wifi router ini membawanya ke dalam ruangan terpisah dan tertutupn namun membuka youtube pun tidak akan terkena masalah khususnya jaringan. hal itu berarti perangkat ini dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Dan masih ada satu lagi fitur yakni fungsi parental control yang bisa Anda coba sendiri di rumah jika Anda sudah membelinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *