7 Dampak Negatif Keseringan Main Facebook, yang Perlu Diwaspadai

DuniaTeknologi.Info – Sudahkah Anda merasa adanya dampak negatif keseringan main Facebook? Jumlah pengguna jejaring sosial Facebook di Indonesia termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Dari data Facebook, jumlah pertemanan pengguna Indonesia cukup tinggi, dibandingkan pengguna di negara lain.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Media Sosial Kamu untuk Selamanya

Tingkat interaksi dengan pengguna lain juga mencatat angka lebih besar. Dengan kata lain, pengguna Facebook di Indonesia sangat aktif menggunakan waktu melayari jejaring sosial tersebut. Banyak dampak positif bermain Facebook, seperti mendapatkan ilmu dari postingan orang lain, berbagi ilmu, memasarkan produk, menggalang bantuan kemanusiaan, dan membentuk jaringan pertemanan. Berikut ini dampak negatif keseringan main Facebook yang harus diwaspadai:

1. Informasi Pribadi Diketahui Publik

Tak sedikit pengguna Facebook yang tak segan mengunggah informasi pribadi di media sosial tersebut. Jika Anda melakukannya, informasi ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang akan merekrut Anda untuk mengetahui tentang Anda lebih jauh. Dari postingan Anda, pihak perusahaan bisa menilai kelayakan Anda untuk bekerja dengan mereka atau tidak.

Untuk mengantisipasi hal ini, hindari mengunggah foto yang tidak pantas dilihat, serta posting bernada tidak sopan dari akun Facebook Anda. Di samping itu, Anda juga bisa mengaktifkan setting privasi pada akun Anda.
Anda juga perlu hati-hati memasukkan butiran data asli dalam Facebook. Bisa saja akun Anda diretas oleh orang lain, dan disalahgunakan karena hal ini.

2. Berpostensi Terjadinya Perselingkuhan

Mudahnya berinteraksi dengan orang-orang yang tak dikenal melalui Facebook, membuat pengguna sering lupa kepada dunia nyata. Di media sosial ini, dengan siapa pun pengguna dapat terkoneksi, termasuk mantan kekasih. Kontak secara intens dengan mantan kekasih bisa jadi menimbulkan cinta yang bersemi kembali, meski saat ini Anda mempunyai pasangan yang sah. Batasi interaksi dengan lawan jenis terutama mantan kekasih, agar tidak terjadi hubungan yang kelewat batas. Dampak negatif keseringan main Facebook ini juga bisa mengakibatkan perceraian.

3. Ketagihan Game Online

Tidak hanya untuk bersosial, Facebook juga memiliki fitur hiburan berupa game online yang bisa dimainkan oleh semua pengguna. Terlalu sering memainkan game di Facebook bisa mengakibatkan kecanduan yang akan sulit diatasi.

4. Stres dan Depresi

Dampak negatif keseringan main Facebook antara lain stres dan depresi. Terlalu sering melihat postingan orang lain di beranda Facebook, dapat menimbulkan gangguan kejiwaan dan penyakit hati. Melihat postingan bahagia pengguna lain, bisa membuat pengguna merasa cemburu atau membandingkan diri, yang akhirnya menjadi pemicu stres dan depresi.

5. Menurunkan Kualitas Pertemanan di Dunia Nyata

Waktu yang terlalu banyak digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna Facebook, dapat menurunkan kualitas pertemanan di dunia nyata. Pada titik tertentu, pengguna lebih banyak menghabiskan masa untuk berinteraksi dengan teman di dunia maya, dibandingkan orang yang ada di sekitarnya. Kecenderungan membalas komentar dan melakukan percakapan via Facebook dengan pengguna lain, dapat menimbulkan perselisihan dengan teman di dunia nyata.

6. Membuang waktu

Kegiatan melihat postingan, berbalas komentar, dan mengunggah postingan di Facebook memakan waktu produktif Anda. Apalagi jika dilakukan sambil mengerjakan aktivitas lain, tentunya akan mengganggu fokus dan mengulur waktu.

7. Menghabiskan Kuota Internet

Dampak negatif keseringan main Facebook dari segi ekonomi yaitu membuang kuota internet yang tidak sedikit. Mengingat harga kuota internet yang tidak murah, alih-alih membuang kuota di Facebook, Anda bisa memanfaatkannya untuk browsing hal yang bermanfaat.

Dampak negatif keseringan main Facebook dapat diredam dengan menggunakan media sosial ini secara bijak. Lakukan pembatasan waktu dan interaksi di dalam dunia maya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *