Fitur Backup Manual Android Ke Google Drive Telah Diluncurkan

Duniateknologi.Info – Seperti yang kita ketahui, Google Drive merupakan media penyimpanan awan kepunyaan Google yang dalam beberapa kasus aplikasi ini tersedia secara default pada smartphone Android. Layanan Google Drive sendiri terus memantau banyak data smartphone Android seperti SMS, data aplikasi, kontak, dan riwayat panggilan.

 

Namun sejauh ini belum ada layanan Google Drive yang memungkinkan pengguna dapat melakukan backup Android secara manual ke Google Drive. Smartphone Android secara otomatis melakukan backup ke Drive ketika ponsel dicolokan ke charger dan terhubung dengan sambungan Wi-Fi. Jadi, jika kondisi tersebut tidak terpenuhi maka data pada ponsel tidak akan di-backup secara otomatis.

Menurut laporan salah satu pembaca 9to5Google baru-baru ini, melalui akun Twitter miliknya ia mengunggah screenshot yang memperlihatkan opsi baru di mana terdapat pengaturan untuk melakukan backup secara manual ke Google Drive. Fitur tersebut belum tersedia hingga saat ini, tetapi sebelumnya pada bulan Agustus lalu telah dijanjikan akan tiba di masa depan.

Menurut Alex Kruger, ia melihat tombol “Backup now” di smartphone Pixel 2 miliknya, tetapi juga tersedia di beberapa smartphone lama seperti Turbo Droid yang mana masih menjalankan sistem operasi Android Marshmallow. Tampaknya fitur tersebut dapat diluncurkan ke lebih banyak perangkat melalui Google Play Service, yang mana tidak memerlukan OTA.

Adanya opsi baru backup secara manual ini tentunya akan mempermudah untuk memastikan data Anda di-backup dengan benar sebelum melakukan pengaturan ulang pabrik, seperti akan hendak menujual smartphone Android lama dan menggantinya dengan smartphone Android baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *