Bocoran Fitur Terbaru di Android P, Mengutamakan Privasi Pengguna dan Lebih Aman dari Peretasan

DuniaTeknologi.InfoFitur terbaru di Android P bakal cukup menarik. Tapi, sebelum beralih ke sana, alangkah lebih baik bila Anda mengetahui perihal sistem operasi terbaru ini. Google telah mengumumkan versi Android teranyar yang menjadi penerus Oreo. Ia sementara dikenal dengan nama Android P dan sedang dalam tahap pengembangan.

Dengan kata lain, ia masih dalam versi beta serta baru dapat dicoba oleh beberapa pengguna Google Pixel sebelum siap dirilis. Kemungkinan, ia akan mengadopsi nama makanan manis, seperti seri-seri sebelumnya dan resmi dilaunching pada bulan Mei mendatang.

Android P Memakai Nama Es Krim Dengan Taburan Kacang Arab?

Sebagaimana telah disebutkan, Google selalu memakai nama makanan penutup dengan awalan yang urut alfabet untuk nama seri sistem operasi Android-nya. Mulai dari Cupcake hingga Oreo. Kebiasaan tersebut membuat masyarakat menebak-nebak nama makanan apa yang bakal dipilih oleh Google, termasuk versi terbarunya, yakni Android P.

Sebelumnya, banyak yang berspekulasi bahwa Google akan memakai ‘Pancake’ sebagai nama Android P. Tapi, berdasarkan laporan terbaru, tim internal Google memilih Pistachio Ice Cream atau es krim kacang Pistachio. Meski begitu, nama tersebut belum tentu digunakan oleh mereka ketika resmi dirilis nanti.

Apalagi, nama Ice Cream telah digunakan pada versi 4.0 yang dilaunching pada 2011 lalu (Ice Cream Sandwich). Hal itu membuat masyarakat semakin penasaran dan bertanya-tanya seperti apa kira-kira wujud si Pistachio.

Menurut laman Wikipedia, Pistachio Ice Cream adalah makanan dingin bertabur kacang yang dihasilkan oleh tumbuhan perdu. Tanaman tersebut banyak ditemukan di daerah kering di Iran, Azerbaijan Barat dan Turkmenistan. Bijinya yang berwarna hijau cerah dimanfaatkan untuk menghias makanan. Selain dijadikan camilan, kacang Pistachio juga sering digunakan sebagai isian pie, kue, biskuit dan es krim. Di negara kita sendiri, kacang itu dikenal dengan nama kacang Arab.

Di beberapa negara, es krim itu memiliki nama yang berbeda-beda, seperti bakdash (Suriah), sorbet dan gelato (Italia), bastani (Persia) dan kulfi (India).

Fitur-Fitur Pada Android P

Walaupun fitur-fitur yang diusung belum resmi diumumkan, tapi beberapa spekulasi mengenai hal itu mulai menyebar luas. Berikut 10 fitur yang kemungkinan hadir pada Android P:

Multi Kamera yang Mendukung Aplikasi Ketiga

Saat ini banyak smartphone high-end dan mid-range yang menyematkan pengaturan kamera ganda. Android P pun tidak mau ketinggalan. Dengan adanya fitur tersebut, pengembang aplikasi dapat menyesuaikan software mereka untuk mendukung multi kamera pada ponsel yang memiliki sistem operasi terbaru itu.

Tampilan Notch Buatan

Android P semakin membuat poni layar menjadi pasaran di perangkat-perangkatnya. Sebuah tangkapan layar dari pengetesan Android P Developer Preview 1 memperlihatkan menu display cutout atau memotong layar. Salah satu pilihannya menawarkan format layar penuh (full screen) dengan memberi sedikit tambahan takik atau bingkai buatan yang mencodak di sisi atas layar.

Bisa Melihat Pesan Gambar di Notifikasi

Pengguna Android P nantinya akan bisa melihat preview pesan bergambar dengan cara men-scroll ke bawah papan notifikasi. Perlu diketahui, bahwa fitur itu belum dimiliki oleh Android saat ini. Dimana pemakai harus membuka pemberitahuan terlebih dulu untuk melihat gambar yang dilampirkan pada pesan.

Memisahkan Notifikasi Percakapan Group dan Personal

Pada versi Android yang banyak dipakai sekarang, kedua tampilan notifikasi tersebut memang dapat dibedakan. Tapi, seperti poin sebelumnya, Anda harus mengetuknya untuk melihat pesan yang lebih komplit. Nah, di sistem operasi ini, pemberitahuan akan lebih jelas. Itu membuat Anda tidak perlu mengetuk layar terlalu sering.

Gmail Smart Replies

Fitur terbaru di Android P yang terdapat pada kotak masuk Gmail dan Google Allo ini telah dirilis oleh Google tahun lalu. Smart reply sendiri akan menunjukkan beberapa pilihan jawaban yang menggunakan algoritma machine learning. Jadi, Anda hanya perlu mengetuk opsi jawaban singkat yang sesuai, tanpa harus mengetik teks panjang.

Zooming Text

Fitur ini memang tersembunyi dan tidak disebutkan pada blog resmi Android. Tapi, keberadaannya bisa membuat pengguna memperbesar teks, sehingga tulisan yang sedang mereka ketik akan tampak lebih jelas. Untuk menerapkannya, cukup dengan mengarahkan kursor ke kata atau frasa yang diinginkan.

Melihat Peta Indoor Melalui Aplikasi

Pengguna dapat melihat peta ruangan indoor lewat aplikasi navigasi di Android P ini. Sebab, ia mengusung Wi-Fi protocol IEEE 802.11 mc atau yang dikenal dengan sebutan Wi-Fi RTT (Round-Trip-Time).

Kompresi Foto

Dengan hadirnya fitur kompresi, koleksi foto Anda tidak akan membuat ruang penyimpanan cepat penuh. Ketika transfer gambar pun akan lebih irit data. Hal itu berkat dukungan coding gambar melalui teknologi HEIF (High Efficiency Image File) yang dapat menyimpan foto dalam format HEIC (High Efficiency Image Container), menggantikan JPEG.

Peningkatan Kata Sandi Otomatis

Pengisian kata kunci atau password otomatis memang telah ada di Android versi sebelumnya. Tapi, pada Android Oreo mendapat cibiran. Beberapa pengguna menganggap pengisian kata sandi otomatis dengan aplikasi pihak ketiga lebih baik dibanding pabrikan Google. Di Android terbaru ini, Google berjanji akan memperbaiki hal itu, sehingga Anda tidak perlu mengisi fomulir online dan sebagainya sebelum masuk ke sebuah platform atau situs.

Garis Volume Vertikal

Jika semula bar volume berbentuk horizontal, yakni dari kiri ke kanan, pada Android P akan berubah menjadi vertikal atau dari atas ke bawah. Selain itu, ia juga menampilkan screenshot yang muncul secara pop-up hanya dengan menekan tombol power. Tampilan antarmukanya pun lebih berwarna daripada versi sebelumnya dan dominan dengan nuansa biru serta putih.

Android Mencegah Pembajakan Kamera Oleh Aplikasi

Di era berkembangnya teknologi seperti sekarang, hacking atau peretasan bukanlah hal yang mengejutkan. Seorang hacker bisa membajak data-data pengguna gadget dari sosial media, microphone hingga kamera ponsel. Tentu hal tersebut menciptakan ketakutan tersendiri bagi masyarakat, walaupun untuk yang kedua terakhir masih jarang dijumpai.

Menurut kabar terbaru, Android P bakal memproteksi kamera dan microphone ponsel dari aplikasi yang diam-diam menggunakannya tanpa sepengetahuan pengguna. Apabila ada aplikasi yang tidak aktif mencoba menjalankan kamera, ia akan menghentikan dan memberitahu mereka via pesan error yang dikirimkan melalui notifikasi.

Mekanismenya lain dengan pencegahan di sektor microphone. Android P memang masih bisa dikelabuhi untuk perekaman audio secara diam-diam, tapi datanya akan dikosongkan bila aplikasi dalam keadaan tidak aktif. Dengan kata lain upaya tersebut tidak ada gunanya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa sistem operasi Android teranyar itu bakal lebih memprioritaskan perlindungan terhadap privasi pengguna. Jadi, para peretas dan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab akan lebih sulit membajak sistem keamanan ponsel mereka. Meski demikian, rumor tersebut belum diiyakan oleh Google. Tunggu saja sampai benar-benar dirilis dan Anda telah menikmati fitur terbaru di Android P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *