Hati-Hati! Ada Karyawan Snapchat yang Salahgunakan Posisinya Untuk Memata-Matai Pengguna

DuniaTeknologi.Info – Ketika kita menggunakan layananan online, kita harus menyetujui kebijakan bahwa data kita berada di tangan perusahaan yang mengoperasionalkan layanan tersebut. Banyak dari pengguna yang berasumsi bahwa data mereka akan aman karena ada perlindungan dari perusahaan, namun nampaknya hal tersebut tidak selalu terjadi.

Baru-baru ini dalam laporan Motherboard, tengah ditemukan bahwa beberapa karyawan Snapchat telah menyalahgunakan posisi mereka untuk memata-matai pengguna Snapchat.

Dalam laporan tersebut, yang mengutip mantan karyawan sebagai sumber mereka, mengklaim bahwa beberapa karyawan Snapchat menyalahgunakan akses yang mereka punya beberapa tahun yang lalu. Menurut mereka, Snapchat mempunyai beberapa alat internal yang memungkinkan karyawan mengakses informasi pengguna. Beberapa informasi yang bisa diakses termasuk lokasi pengguna, Snaps yang tersimpan, dan informasi pribadi lainnya.

Bahkan ada sebuah tools bernama SnapLion yang dikembangkan agar Snap dapat mengakses informasi pengguna jika pernah ada permintaan dari penegak hukum. Namun ini nampaknya masih bisa dibilang wajar, dan nampaknya perusahaan lain juga memiliki cara yang sama untuk mengakses informasi pengguna dalam keadaan seperti itu juga, tetapi dalam kasus ini, laporan tersebut mengklaim bahwa beberapa karyawan menyalahgunakannya.

Snap selaku perusahaan yang menaungi Snapchat, mengatakan pada Motherboard, “Melindungi privasi adalah hal terpenting di Snap. Kami menyimpan sangat sedikit data pengguna, dan kami memiliki kebijakan dan kontrol yang kuat untuk membatasi akses internal ke data yang kami miliki. Akses tanpa izin dalam bentuk apa pun merupakan pelanggaran yang jelas terhadap standar perilaku bisnis perusahaan dan, jika terdeteksi, mengakibatkan penghentian segera.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *