Hindari 5 Kesalahan Finansial di Awal Tahun

DuniaTeknologi.Info – Jangan buru-buru kredit laptop tahun ini kalau Anda belum bisa mengevaluasi kesalahan finansial pada tahun sebelumnya. Supaya tahun ini tidak tekor, ada beberapa kesalahan finansial yang harus kamu hindari.

Kesalahan finansial bukan hanya terjadi pada mereka yang berusia matang tetapi juga cenderung lebih banyak dilakukan oleh mereka yang berada di bawah usia 30 tahunan. Terutama bagi mereka yang hidup single dan tidak punya tanggungan keluarga.

Pasalnya godaan terbesar memang berkisar pada usia 30 tahun. Apalagi di usia tersebut kamu akan mulai merencanakan pernikahan yang akan menyedot cukup banyak biaya jika tidak bijak dalam merencanakannya.

Belum lagi dengan harapan keluarga besar untuk menggelar pernikahan sesuai dengan adat istiadat yang masih dipegang teguh oleh beberapa keluarga. Pandangan konservatif ini tak sepenuhnya salah tapi juga bukan harga mati. Asal punya kemampuan, kamu tetap bisa melangsungkan resepsi pernikahan sesuai dengan permintaan keluarga.

Untuk itulah, dibutuhkan langkah yang terencana jangan sampai setelah menikah justru menjadi beban yang ditanggung selama puluhan tahun. Lalu apa saja kesalahan finansial yang perlu kamu hindari? Berikut adalah ulasannya.

  1. Tidak segera melunasi utang

Saat tahun baru sebaiknya tutup utang lama. Masalah ini akan membuat kamu berat untuk menentukan langkah selanjutnya. Jika pun berutang kembali, lebih baik segera lunasi utang lama. Jangan terlalu lama mengendapkan utang, apalagi memiliki tenor yang cukup panjang saat mengambil barang secara kredit.

  1. Menumpuk utang daripada membayar lunas

Ini juga kesalahan yang harus dihindari. Ketika memutuskan untuk berutang, jangan sampai membebani lagi dengan tambahan utang baru.

Kalkulasi dengan benar berapa sebetulnya porsi penghasilan yang sudah tersedot untuk membayar cicilan. Kesalahan finansial dalam berutang yang kini menjadi momok menakutkan adalah membayar utang dengan membuka utang baru. AlWal hasil justru akhirnya tidak akan terlepas dari lingkaran utang yang semakin menguras pendapatan.

  1. Tidak selektif memilih pergaulan

Hal ini memang subyektif, tapi pergaulan benar-benar bisa akan memengaruhi kondisi finansial kamu. Apalagi kamu termasuk pekerja urban yang punya gaji pas-pasan tapi dituntut untuk bersosialisasi dengan kelas atas.

Ibaratnya modal cekak tapi gaya jet set. Jangan malu untuk menghindar atau menolak ajakan teman yang terlampau royal datang ke tempat nongkrong mahal.

Tak apa jika kamu sesekali ikut teman nongkrong ataupun melepaskan ketegangan setidaknya sekali atau dua kali dalam sebulan. Tapi, jangan dijadikan kebiasaan. Lambat laun justru ongkos pergaulan kamulah yang membuat kamu tak bisa merencanakan keuangan dengan baik.

  1. Enggan untuk mencari tambahan dan terlalu takut untuk berinvestasi

Seperti pepatah Cina, jangan menyimpan telur dalam satu keranjang. Begitu juga dalam mencari penghasilan. Jangan hanya mengandalkan pendapatan dari satu sumber keuangan saja.

Dobrak kebiasaan lama dan mulailah belajar untuk berinvestasi. Kamu bisa belajar dari berbagai sumber gratis saat ini seperti YouTube, Podcast hingga dari beberapa blog dan situs yang membahas investasi yang menguntungkan dengan modal ringan.

Selagi masih muda, cobalah juga untuk menjajal bisnis online yang memang kamu sukai. Peluangnya masih terbuka cukup lebar. Bahkan kamu tak perlu repot menyiapkan barang dan cukup punya keterampilan menjual apabila menjadi dropshipper.  bahkan kamu juga bisa mencoba menjadi dropshipper. Cukup memiliki keterampilan menjual, kamu tak perlu repot menyiapkan barang. Barang tinggal ambil dari penjual lain dan dikirimkan ke pembeli potensial.

  1. Berutang tanpa melihat kemampuan finansial

Tahan untuk berutang untukkarena kebutuhan konsumtif. Baiknya ubah mind set kamu tentang cara berutang. Utang sebetulnya bisa kamu kembangkan untuk hal yang sifatnya produktif, misalnya seperti. Sebagai contoh utang produktif untuk modal usaha.

Jika kamu serius dan tertarik untuk menjalani bisnis dropshipper, kamu bisa memulai dengan menggunakan smartphone. Setelah ada repeat order, kamu bisa mulai untuk menggunakan laptop agar bisa mempermudah mengontrol order.

Gunakan saja Kredivo  untuk kredit laptop dengan cicilan ringan. Kredivo adalah salah satu fintech yang terpercaya karena terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bunga pun sangat rendah hanya 2,95% saja perbulan.

Kamu bisa melakukan pembayaran dengan metode cicilan dengan tenor mulai dari 3,6, sampai dengan 12 bulan. Bisa juga dengan pembayaran dalam waktu 30 hari tanpa bunga sama sekali.

Syaratnya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu bBerusia 18 tahun, dengan penghasilan minimal Rp 3 juta perbulan dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Kredivo lewat Google Play Store ataupun App Store dengan sangat mudah. Kredit laptop lewat Kredivo tak perlu menyiapkan DP dan tidak dibebani dengan biaya administrasi tahunan seperti kartu kredit.

Jika akun cicilan kamu disetujui, kamu juga berkesempatan memanfaatkan produk pinjaman tunai dari Kredivo. Kamu bisa mendapatkan pinjaman tunai online untuk kebutuhan mendesak. Pinjaman mini untuk pinjaman dengan nominal kecil mulai dari Rp500 ribu atau pinjaman jumbo dengan minimal Rp1 juta.

Nah, sudah paham kan sekarang langkah apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menghindari kesalahan finansial di tahun 2019 ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *