Ingin Agar Laptop Gaming Berumur Panjang? Lakukan 5 Hal Ini

DuniaTeknologi.Info – Laptop gaming beda dengan laptop yang biasa dipakai untuk mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah banhkan tugas pekerja kantoran. Spesifikasi laptop gaming biasanya  terbilang tinggi dengan grafis yang sempurna namun juga dengan harga menjulang. Dengan adanya berbagai Masalah Umum Laptop, tentunya kamu harus pandai-pandai merawat agar laptop gaming berumur panjang dan harus tau cara Penanganan Gangguan Pada Laptop.

Beberapa tips dan langkah berikut ini sebaiknya kalian perhatikan jika ingin laptop gaming lebih lama bertahan. Karena barang mahal tentu harus dijaga agar awet dan tidak pemborosan dengan gonta-ganti laptop hanya untuk ngegim. Nah, berikut ini 5 langkahnya …
1. Main Game Lebih Baik Gunakan Stik Kontroler, Jangan Pakai Keyboard
Pada dasarnya keyboard/papan ketik pada laptop gaming sudah didesain agar tahan ditekan berkali-kali dengan tenaga lebih. Namun agar keyboard lebih awet sebaiknya kalian mengalah dengan menggunakan perangkat stik kontroler.
Beberapa gim seperti FIFA, PES, Teken tentu kurang baik jika dimainkan dengan mengandlkan Keyboard. Lebih-lebih gim strategi sering membuat pemain emosi, dikhawatirkan kamu nggak sadar menggebrak keyboard saat jengkel karena kalah. Wah bahaya dong.
2. Kenali Kemampuan VGA Laptopmu Agar Tahu Resolusi Gambar Yang Sesuai
Jangan hanya tahu bahwa laptop yang kamu miliki adalah laptop yang punya perangkat kuat untuk main gim. Setiap laptop gaming punya spesifikasi sesuai standar yang ditetapkan untuk jenisnya. Perangkat keras VGA setiap laptop beda jenis bisa saja berbeda kemapuannya. Jadi kamu harus menyesuaikan pilihan grafis yang sesuai dengan kemapuan VGA laptop gaming yang Anda miliki.
Kalau dipaksakan untuk menampilkan grafis yang melebihi kemampuan VGA itu sendiri, mungkin saja aplikasi gim masih berjalan. Namun akibatnya laptopmu tidak akan berumur panjang. Sayang kan laptop mahal nggak bertahan lama?
3. Jangan Sepelekan Fungsi Kipas, Gunakan Selalu Setiap Kali Main
Jaman sekarang setiap pembelian laptop biasanya sudah mendapat bonus beberapa aksesoris pokok. Misalnya mouse, pelindung keyboard, anti gores, hingga kipas atau tas laptopnya.
Nah, seharusnya kipas laptop itu tidak kalian diamkan. Manfaatkan untuk menjaga suhu laptop saat Anda main gim. Meskipun beberapa laptop gaming yang mahal bisa tetap stabil suhunya, namun akan lebih baik membantu pendinginan dengan kipas tersebut.
4. Lepas Baterai Laptop 
Kalau Memang Tergolong Laptop Yang Harus Lepas Baterai Ketika Dicas
Beberapa laptop gaming kelas atas telah menggunakan baterai tanam (non-removable). Sedangkan beberapa jenis lain yang agak murah masih menggunakan baterai yang bisa dilepas. Nah, sebaiknya ketika main gim, lepaslah saja baterai laptop. Hal ini baik untuk menjaga umur baterai agar lebih lama.
Namun sebaiknya Anda tanyakana juga kepada layanan pelanggan yang disediakan perusahaan pembuat laptop tersebut. Tanyakan apakah produk mereka yang Anda gunakan saat ini tergolong laptop yang harus dilepas baetarainya ketika main gim sambil dicas ataukah tidak.
5. Membatasi Waktu Bermain Game
Pembatasan waktu ini sangat penting agar laptop gaming lebih awet. Soalnya sekarang sebagian produsen telah membatasi umur daya pakai laptop. Semakin banyak jam pemakaiannya, maka laptop juga akan cepat rusak.

Rekomendasi : 6 Daftar Laptop Gaming Termurah Terbaik

Selain itu, pembatasan waktu main gim erat juga kaitannya dengan pemanfaatan waktu untuk kegiatan lain yang lebih positif. Juga untuk menjaga kesehatan mata kita. Jadi jangan sampai 24 jam penuh cuma main gim terus. Selain laptop akan cepat jebol, mata dan fisik akan kelelahan.
Jadi agar laptop gaming berumur panjang cobalah terapkan langkah-langkah di atas. Semoga informasi ini bemanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *