Ini 6 Langkah Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR. Jangan Keliru!

DuniaTeknologi.Info – Lensa merupakan bagian yang sangat penting bagi kamera DSLR maupun kamera smartphone. Baik buruknya kualitas jepretan sebagian besar tergantung dengan lensa. Namun lensa juga bagian yang sangat sensitif. Karena itu cara membersihkan lensa kamera DSLR haruslah tepat dan hati-hati.

Bagian lensa merupakan bagian yang paling sering berinteraksi dengan debu dan kotoran. Bahkan kadang ada yang mengusap atau menyentuh bagian lensa dengan jari atau telapak tangan. Akibatnya lensa malah jadi kotor dan berminyak. Nah, berikut ini kami rangkumkan 6 langkah untuk membersihkan lensa kamera DSLR. Simak dan terapkan baik-baik ya…

6 Langkah Dalam Membersihkan Lensa Kamera DSLR Yang Benar
1. Persiapkan Ruang Kerja Yang Bersih, Jangan Berantakan
Untuk memulai bersih-bersih lensa kamera tentunya Anda harus persiapkan ruangan yang bersih dan bebas debu. Ruangan kerja yang berantakan rawan menjadi sarang debu dan kotoran. Bukannya bersih malah lensa kamera nanti jadi tambah kotor.
Persiapkan alat-alat pokok seperti blower, kuas lensa, tisu lensa, pembersih sensor, kapas pembersih, swab, dan cairan pembersih. Jangan lupa sediakan alas yang bersih untuk menaruh komponen-komponen kamera.
2. Selanjutnya Lepaslah Dahulu Filter Kameranya 
Langkah selanjutnya yaitu melepaskan filter yang terpasang di bagian lensa dengan cara melepasnya dari body terlebih dahulu. Lalu setelah dicopot lensanya, tutuplah body kamera dengan kain dan sejenisnya agar tidak kemasukan debu dan kotoran. Amankan body kamera dengan meletakkannya di bagian yang bersih.
Lens hood juga perlu dilepas dari kamera DSLR jika Anda memang menggunakannya. Nantinya semua bagian kamera akan dibersihkan satu persatu.
3. Hati-hati, Jangan Sampai Lensa Kamera Tergores Debu
Membersihkan debu yang menempel pada lensa kamera haruslah dengan cara yang ekstra hati-hati. Soalnya kaca lensa sangat rawan tergores. Kalau sudah kaca tergores maka hasil jepretan akan kurang bagus.
Nah, awali dengan meniup lensa terlebih dahulu. Bisa juga menggunakan blower ataupun kuas lensa khusus. Jangan langsung menggosok lensa kamera tanpa menghilangkan debunya karena ada risiko tergores.
4. Bersihkan Lensa Menggunakan Kain Microfiber
Setelah di-blower dan dibersihkan dengan kuas, baru bersihkan kembali lensa menggunakan kain microfiber. Bersihkanlah lensa paling awal, baru dilanjutkan ke bodi kamera. Usahakan memakai kain yang berbeda untuk mengelap lensa dan bodi. Dengan cara ini maka akan meminimalisir kemungkinan kotoran terbawa dan menggores bagian lain.
5. Pakailah Selalu Cairan Khusus Pembersih Lensa
Untuk membersihkan kamera DSLR, khususnya bagian lensa gunakanlah cairan khusus pembersih lensa. Produk ini sudah banyak beredar di toko-toko elektronik, khususnya perlengkapan kamera.
Sebaiknya teteskan cairan pembersih atau semprotkan pada kain microfiber, selanjutnya kain dipakai untuk mengelap dengan hati-hati. Bersihkan dengan gerakan memutar. Jangan pernah coba meneteskan langsung cairan ke lensa atau menyemprotkannya.
6. Pakailah Peralatan Pembersih Dengan Benar, Sesuai Fungsinya
Langkah terakhir untuk tips dalam cara membersihkan lensa kamera DSLR adalah penggunaan peralatan pemnbersih sesuai dengan fungsinya masing-masing. Seperti kami singgung di atas, usahakan untuk membedakan kain yang dipakai untuk lensa dan yang untuk bodi.
Pemakaian alat-alat tanpa menyesuaikan fungsinya akan berakibat fatal dengan terbawanya debu dari satu bagian ke bagian lain, terutama lensa. Akhirnya goresan debu bisa membuat lensa rusak.

Dari ulasan kami tentang langkah dan cara membersihkan lensa kamera DSLR tersebut semoga bisa Anda terapkan. Untuk peralatan pembersih kamera mudah Anda dapatkan di pasaran dan toko kamera terdekat di kota Anda.

Satu tanggapan untuk “Ini 6 Langkah Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR. Jangan Keliru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *