Ini Dia Langkah-Langkah Yang Harus Dilalui Untuk Merakit PC Gaming

DuniaTeknologi.Info – Komputer saat ini telah menjadi keutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Rasanya sangat susah untuk tidak melakukan kegiatan tanpa memanfaatkan komputer. Apalagi bagi Anda yang pekerjaannya dituntut untuk selalu berhadapan dengan komputer. Bukan hanya para pekerja saja yang menggantungkan hidup pada komputer, para pecinta games atau biasa disebut dengan gamers akan sulit dijauhkan dari komputer. Merakit PC gaming menjadi usaha yang dilakukan oleh para gamers untuk membuat permainan mereka lebih seru dan maksimal.

Salah satu fungsi komputer memang biasa digunakan untuk bermain game baik itu game offline maupun game online. Saat ini, karena kemudahan akses terhadap internet membuat game online sudah menjadi santapan sehari-hari para gamers. Tidak segan-segan para gamers biasanya  mampu menciptakan dan merakit PC mereka agar mendukung untuk bermain game-game berat. Oleh karena itu agar bermain game berjalan lancar dan komputer berjalan dengan lancar perlu dirakit PC games yang mendukung. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk merakit PC gaming.
 
a. Pilih prosesor yang tepat
 
Prosesor merupakan bagian yang sangat vital dari komputer. Bila diibaratkan prosesor adalah otak dari sebuah komputer, tanpa prosesor komputer tidak akan bisa berjalan. Prosesor yang sebaiknya jika ingin memiliki PC gaming kompatibel dapat memilih salah satu dari dua merk prosesor yang umum digunakan, yaitu berasal dari produksi Intel Corporation dan AMD.

b. Penggunaan level prosesor juga harus diperhatikan
 
Ada tiga kategori level prosesor yaitu high-end yang merupakan kategori CPU yang memiliki kualitas terbagus dengan kinerja yang baik dan penuh dengan power sehingga prosesor kategori ini sangat cocok untuk mendukung penggunaan komputer untuk kinerja yang berat seperti bermain game. Selanjutnya yang kedua adalah medium-end (mind-end) yang kinerjanya berada di bawah jenis high-end. Terakhir yaitu low-end prosesor yang hanya bisa untuk mendukung penggunaan komputer untuk aktivitas ringan.

c. Memilih VGA card yang tepat
 
Pemilihan kartu video graphic accelarator atau VGA card juga harus tepat. VGA card menjadi komponen penting yang harus dipertimbangkan karena akan menentukan kerja PC yang nantinya berfungsi untuk mengatur kualitas tampilan resolusi pada game.

d. Memperhatikan kapasitas RAM
Random Access Memory (RAM) atau biasa juga disebut secara singkat memory juga menjadi komponen yang harus diperhatikan. Jangan sembarangan memilih memory. Benda ini menjadi unsur untuk menyimpan ingatan dari komputer. Agar game bisa berjalan dengan baik pilih memory dengan ukuran yang besar sehingga mampu memuat banyak program dan aplikasi. Pilihlah kapasitas memory yang berkisar antara 4 hingga 8 GB atau lebih.

Tidak hanya beberapa poin di atas saja yang perlu menjadi perhatian Anda saat memilih komponen-komponen yang akan digunakan untuk mendukung PC gaming dapat berjalan dengan baik dan tanpa hambatan. Salah satu unsur lain yang tidak kalah penting adalah penggunaan PSU atau power supply unit. Benda ini adalah sumber listrik bagi komputer bila dianalogikan secara sederhana adalah PLN bagi komputer.

Benda ini menjadi penyuplai kebutuhan listrik bagi tiap-tiap komponen dalam komputer. Oleh karena itu jangan anggap remeh peran PSU ini. Jika salah satu komponen dalam komputer Anda mengalami korsleting tiba-tiba tentu saja akan memberikan dampak pada komponen lainnya. Hal tersebut akan mengganggu jalannya komputer. Bila hal itu terjadi komputer Anda tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu usahakan untuk menyediakan PSU dengan daya yang memadai agar upaya merakit PC gaming berjalan sukses.

2 tanggapan untuk “Ini Dia Langkah-Langkah Yang Harus Dilalui Untuk Merakit PC Gaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *