Inilah Kesalahan Menerbangkan Drone dan Cara Mengatasinya

DuniaTeknologi.Info – Adanya perangkat drone yang dapat memudahkan saat merekam video maupun mengambil gambar dari ketinggian sangat membantu tertutama dalam dunia fotografi. Akan tetapi, ada banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat menerbangkannya. Berikut akan kita bahas kesalahan menerbangkan drone dan cara mengatasinya.

1. Belajar Menerbangkan Pertama Kali Menggunakan Drone Mahal

Tidak ada salahnya membeli drone yang mahal jika bujet Anda memang mencukupi. Akan tetapi, jika Anda masih dalam tahap belajar, atau malah baru pertama kali menerbangkan drone dan langsung memakai drone yang mahal, maka itu bukan keputusan yang bijak. Karena selama latihan, drone bisa jatuh dan rentan mengalami kerusakan.

Jika memang masih tahap belajar, akan lebih baik jika Anda menggunakan drone kecil atau dengan harga yang lebih terjangkau. Tujuannya agar tidak terlalu dirugikan ketika drone Anda jatuh bahkan sampai rusak nantinya. Dari tahap belajar sampai mahir Anda akan sering menjatuhkan drone dan menabrakkannya ke beberapa benda asing.

2. Tidak Memastikan Perangkat Drone Terlebih Dahulu Sebelum Diterbangkan

Meskipun tampak sepele, namun Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah semua perangkat drone sudah terpasang kuat dan komplit sebelum mulai diterbangkan. Ada banyak sekali kasus sekrup drone yang tidak kencang akhirnya copot saat diterbangkan dan berakibat fatal. Bukan hanya drone Anda saja yang akan jatuh, namun kemungkinan terburuknya apabila sampai mengenai orang lain. Jangan lupa untuk mengganti baling-balingnya setiap 50 kali penerbangan, supaya drone tetap dapat bekerja dengan baik dan pastinya aman.

3. Nekat Menerbangkan Drone Dalam Kondisi Lingkungan yang Buruk

Ini juga merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pemilik drone, terkadang mereka sering memaksakan untuk menerbangkan drone padahal kondisi lingkungan sedang tidak mendukung, contohnya:

  • Jangan nekat menerbangkan drone ketika kondisi angin kencang, hujan atau berkabut. Anda harus menunggu sampai cuaca cerah supaya drone bisa terbang aman dan tidak terbawa angin.
  • Selalu menerbangkan drone hanya pada ruang terbuka, seperti halaman rumah atau lapangan terbuka. Karena jika diterbangkan di dekat bangunan tinggi atau struktur besi akan mempengaruhi akurasi kompas dan sistem gps yang terpasang dalam komponen drone.
  • Anda juga harus menghindari area wifi, sinyal radio maupun tower BTS, medan magnet serta tegangan listrik yang tinggi supaya drone tidak kehilangan sinyal.
  • Jika belum berpengalaman, jangan pernah menerbangkan drone di atas perairan atau danau, karena tidak ada drone yang waterproof dan jika sampai terkena air, maka drone Anda akan rusak.

4. Menerbangkan Drone Terlalu Tinggi Dan Terlalu Jauh

Sudah menjadi hal yang wajar jika Anda penasaran seberapa tinggi dan seberapa jauh drone yang Anda miliki bisa terbang. Namun jika Anda belum hafal dengan kondisi lingkungan tersebut, dan jika menerbangkan drone terlalu jauh atau terlalu tinggi, drone bisa berbenturan dengan rintangan yang menghadang sepet kabel listrik dan pohon. Memang di dalam alat ini disediakan sebuah kamera, namun kamera pada drone hanya terdapat satu arah saja tanpa bisa melihat samping dan bagian belakang. Sebaiknya terbangkan dalam jangkauan yang masih masuk akal untuk berlari apabila drone Anda jatuh.

5. Nabrak Setelah Direm

Kasus ini sering terjadi pada para pengguna yang masih dalam tahap belajar. Hal ini dikarenakan drone juga memiliki sistem yang hampir sama dengan sepeda motor yaitu tidak bisa direm secara mendadak. Harus ada jarak antara saat direm dengan berhenti, maka dari itu jangan menerbangkan drone terlalu kencang setelah memotret atau merekan video, akan lebih baik jika Anda mengerem secara perlahan.

Itulah kesalahan menerbangkan drone dan cara mengatasinya. Jika Anda menggunakan dan merawat drone yang Anda miliki dengan baik, maka drone Anda sudah pasti bisa awet dan dapat dipakai dalam jangka panjang dengan kualitas yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *