Inilah Review Contra Return dari Garena

DuniaTeknologi.Info – Kalau Anda seorang gamer yang lahir atau tumbuh di 90-an, pasti lo enggak asing dengan game besutan Konami yang berjudul Contra. Game ini memang populer banget di era tersebut. Selain itu, Contrajuga telah berkembang dalam beberapa seri dan hadir untuk berbagai platform gaming. Untuk mengobati rasa kangen lo dengan Contra, Garena, Tencent Timi Studio, dan Konami Digital Entertainment akan menghadirkan lanjutan game legendaris ini di smartphone kesayangan Anda.

Beberapa hari yang lalu (13/9), Garena Indonesia akhirnya mengkonfirmasi tanggal rilis Contra Return. Game bergenre action ini bisa Anda unduh secara gratis di perangkat iOS dan Android mulai 20 September 2018. Sekarang, game ini bisa Anda mainkan dalam dimana Anda bernostalgia dengan Contra klasik yang dulu pernah Anda mainkan di konsol.

Meskipun tetap menggunakan model permainan side-scroller, game ini telah hadir dengan berbagai fitur baru dan penampilan yang jauh lebih modern. Ada enam mode yang akan dihadirkan di Contra Return, yaitu Story, PvP, Harian, Challenge, Arena, dan Duo. Yah, game ini bisa lo mainkan secara single player maupun multiplayer.

Karakter klasik Contra juga akan dihadirkan kembali di Contra: Return. Mereka adalah Bill Rizer, Lance, dan Alice. Enggak hanya mereka bertiga saja, loh. Contra: Return telah menyediakan 10 pilihan hero yang bisa Anda mainkan. Hero-hero tersebut dilengkapi dengan 40 item senjata untuk mendukung perjuangan mereka melawan ancaman dari Red Falcon.

Harus kita akui Garena benar-benar jenius dalam pemilihan ide Contra Return untuk dirilis di Indonesia. Game yang satu ini memang sejak awal telah menawarkan bahwa mereka memiliki jalan cerita yang siap untuk kalian tamatkan. Mereka benar-benar melakukannya dan yang paling keren adalah banyak scene kekinian ketika kita bermain story mode.

Ya, story mode diawali oleh Bill Rizer yang ditugaskan untuk melakukan invasi oleh rekannya, Bahamut ke base musuh. Invasi berbahaya ini dilakukan dengan cara yang hati-hati. Tapi seperti yang telah kita tahu, Bill Rizer adalah karakter badass dan ia benar-benar melakukannya tanpa perhitungan.

Dari setiap arc stage, cerita akan berbeda-beda dan itulah yang membuat cerita di game ini layak untuk diikuti. Di arc stage kedua jalan cerita bakalan berbeda dan begitu juga seterusnya. Yang paling luar biasa, terkadang kita bakalan mendapatkan bantuan dari rekan untuk menghajar lawan-lawan kuat di dalam game ini.

Untuk ukuran game mobile, jalan cerita Contra Return benar-benar sangat nikmat untuk diikuti terutama bagi para gamerlawas yang rindu dengan game ini.

Nah, ini dia mekanisme yang disebut-sebut bakal menjadi andalan di game yang satu ini. Benar, upgrade senjata merupakan mekanisme unggulan di Contra Return dan caranya sendiri benar-benar luar biasa!! Ketika pertama kali saya pribadi sempat bingung tapi dalam beberapa jam bermain, itu semua tak lagi menjadi masalah.

Untuk meng-upgrade damage senjata, kita perlu hanya menaiki level karakter hingga nantinya level karakter kita yang bakal membatasi upgrade senjata ke level selanjutnya. Ya, jika level belum mencukupi, kita tak bisa melakukan upgrade. Terus ada lagi metode upgrade bernama enhance yang membuat level senjata naik.

Untuk melakukan ini kalian harus memainkan misi. Namun jangan khawatir, fitur raid bakal membuat semuanya mudah. Untuk melakukan raid, kalian membutuhkan energi juga sama seperti bermain manual. Jika sudah terkumpul kalian juga bisa melakukan enhance.

Salah satu fitur baru yang sangat luar biasa yakni PVP. Awalnya PVP ini menjadi salah satu mode yang cukup saya ragukan mengingat dulu tak pernah ada mode PVP di Contra. Tapi ternyata Garena berhasil memperkenalkan mode ini dengan baik. Memilih match making cepat dan pertarungan terasa kompetitif.

Yang lebih mantap adalah ada beberapa pilihan stage yang bisa kalian coba. Setiap stage mempunyai karakteristik dan Anda harus menguasai stage apabila ingin menang. Di mode ini juga terdapat buff yang bisa diambil agar karakter kalian semakin kuat ketika bertarung.

Tak hanya bunuh-bunuhan, di mode PVP juga terdapat pertempuran di mana kita harus menghajar tower musuh. Di sini semakin banyaknya kalian membunuh tak berpengaruh apa-apa. Ya, sistemnya mirip sistem game-game MOBA masa kini dan bagi yang sudah terbiasa tentu bakal familiar dengan model permainan seperti ini.

Sejauh ini PVP tidak ada masalah sama sekali dan kalian harus mencobanya. Oiya, untuk bermain PVP kalian harus level 12 terlebih dulu.

Selain beberapa elemen di atas, gameplay menjadi elemen yang juga harus sangat diperhatikan. Ya, Contra Return benar-benar menawarkan mekanisme gameplay khas Contra masa lalu. Ketika pertama mencobanya, saya langsung mengatakan that’s my Contra. Perbedaannya hanya satu yaitu grafis yang lebih diperhalus.Anda bisa melihat video gameplay ketika saya baru memainkannya dibawa ini :

Dengan gameplay khas Contra kita yang sudah pernah bermain bakalan beradaptasi dengan cepat. Tapi karena dirilis di masa kini, tentunya gameplay yang simpel khas Contra ini juga sangat cocok dimainkan oleh generasi-generasi millenial.

Selain mekanisme gameplay, satu hal lagi yang membuat Contra Return ini dianggap mampu membawagamer lawas kembali bernostalgia. Ya, bos-bos lawas yang dulu pernah kita hadapi masih dipertahankan. Bahkan Contra Return memberikan kita gambar versi lawasnya sebelum benar-benar menghadapi bos tersebut.

Bos ini memiliki desain yang sedikit baru dengan grafis yang lebih halus tentunya. Cara mengalahkannya juga masih sama bro seperti dulu. Dengan boss-boss lawas yang masih dipertahankan kita seperti kembali ke tahun 90an tentunya.

Pilihan karakter di game ini cukup membuat Anda bingung dan seperti yang dijanjikan, akan ada setidaknya 10 karakter yang bisa Anda dapatkan dan gunakan di game yang satu ini.

Karakter-karakter ini memiliki kelas yang berbeda mulai dari B hingga S. Uniknya, masing-masing karakter memiliki kekuatan pasif dan aktif yang berbeda-beda.

Skill-skill ini bisa kita jadikan combo ketika PVP ataupun bertempur di story mode. Pilihan karakter juga bisa Anda sesuaikan dengan cara kita bermain guys dan selera masing-masing. Untuk mendapatkan karakter ada berbagai cara tapi yang paling umum adalah menyelesaikan story mode.

Satu-satunya kekurangan yang ada di game ini adalah grinding-nya. Memang kebanyakan dari game mobile lebih menuntut gamer untuk melakukan grinding tapi di Contra, terasa sekali lebih melelahkan. Banyaknya item untuk melakukan upgrade dan luasnya sistem upgrade membuat kita terkadang bingung untuk mengumpulkan item.

Belum lagi terkadang ada beberapa item yang tidak mudah untuk didapatkan sehingga menuntut ekstra kerja keras. Untuk menutupi kekurangan ini sebagian orang mungkin bisa berbelanja diamond sehingga melakukan upgrade menjadi lebih cepat.

Mungkin itulah review singkat dari Contra Return. Sejauh yang saya rasakan, sebagai game free to play, game ini layak mendapatkan sebuah apresiasi lebih. Konami dan Timi Studio benar-benar membuat game ini dengan serius dan terasa seperti game berbayar. Dengan update yang berkala, di masa depan mungkin lebih banyak lagi kejutan-kejutan yang dihadirkan oleh game tersebut.

Untuk cita rasa, Contra Return masih mempertahankan cita rasa lawasnya!! Ini yang menjadi keistimewaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *