Inilah Sejarah Komputer dan Laptop dari Masa Ke Masa

Inilah Sejarah Komputer dan Laptop dari Masa Ke Masa – Sejarah komputer dan laptop saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Semua kegiatan manusia menjadi lebih mudah dibuatnya. Bahkan komputer ini menjadi unsur yang paling penting dalam menciptakan dunia yang lebih teratur.

Komputer ini sangat bermanfaat bagi seluruh komponen masyarakat, baik itu masyarakat biasa, pegawai kantoran hingga militer. Kabarnya saat ini pihak militer sedang mengembangkan pesawat tempur yang tidak membutuhkan pilot.

Namun, canggihnya teknologi sekarang ini tidak luput dari sejarah perkambangannya. Jadi ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana komputer ini ditemukan dan bagaimana perkembangannya.
Bermula dari penemuan alat hitung oleh Charles Babbage menjadikan perkembangan teknologi mampu menciptakan perangkat yang saat ini dinamakan komputer. Bahkan smartphone yang Anda pegang saat ini pun salah satu hasil dari pengembangan penemuan tersebut.

Sejarah komputer dan laptop terbagi menjadi beberapa masa yang penjelasan lebih lengkapnya bisa Anda baca secara santai supaya tidak ada satupun informasi yang Anda lewatkan.

Pertama, Komputer CPU

Pengembangan dari penemuan yang dilakukan oleh Charles Babbage tersebut mengantarkan ilmuan pada penemuan berikutnya, yaitu perangkat komputer. Namun pada masa ini perangkat ini hanya digunakan untuk desain pesawat dan peluru kendali.

Penemuan ini dipelopori oleh seorang insinyur ternama dari Jerman, Konrad Zuse. Selanjutnya penemuan oleh Konrad Zuse ini dikembangkan lagi oleh John Von Neuman pada pertengahan tahun 1940.

Komputer pada masa ini masih berbentuk CPU (Central Processing Unit). CPU ini adalah otak dari seluruh komponen yang ada dalam komputer. Jadi CPU lah yang mengoperasikan semua sistem yang terdapat dalam komputer. Pada komputer ini, program utamanya adalah “machine language”.

Kedua, Komputer Sistem Transistor

Pada perkembangan sejarah komputer dan laptop pada masa kedua ini ditAndai dengan ditemukannya transistor. Alat ini merupakan pengembangan dari alat yang pertama dan menjadi salah satu alat yang mampu memaksimalkan kinerja komputer.

Pengembangan penemuan alat ini dilakukan pada tahun 1960-an. Pada tahun ini ilmuwan mencoba untuk menciptakan komputer dengan alat kecil ini supaya kinerja komputer menjadi semakin cepat.
Alat kecil ini jugalah yang menjadikan komputer berubah menjadi lebih kecil. Tidak hanya itu, pada tahun ini, banyak instansi pemerintah yang sudah menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan kantor.

Ketiga, Komputer Sistem IC

Sedangkan perkembangan sejarah komputer dan laptop pada generasi ketiga ini ditAndai dengan ditemukannya IC (Integrated Circuit). IC ini adalah sebuah chip kecil yang manfaatnya lebih canggih dibandingkan dengan transistor.

Bahkan IC ini lahir karena komputer dengan sistem transistor justru membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Maka dari itu, Jack Billy, salah satu ilmuan ternama mencoba mencari alat yang bisa mengatasi masalah tersebut. Kemudian ditemukanlah chip ini pada tahun 1958-an yang mampu mengoperasikan program secara bersamaan.

Disamping itu, chip inipun mampu menampung banyak komponen jadi satu sehingga jadi lebih praktis. Penemuan inipun menjadi titik balik berbagai penemuan penting lainnya seperti memory card, kartu perdana yang biasa Anda pakai saat ini dan berbagai micro chip.

Empat, Komputer Sistem PC

Pada perkembangan sejarah komputer dan laptop di masa ini merupakan pengembangan dari penemuan chip IC yang sudah ditemukan pada masa ketiga. Terdapat salah satu perusahaan yang mencoba mengembangkannya pada tahun 1980-an. Perusahaan tersebut adalah Very Large Scale Integration.

Perusahaan ini mampu menemukan satu chip yang bisa menampung ribuan komponen sekaligus. Kemudian pada masa ini dikenallah istilahn PC (personal computer). Tidak hanya itu, perusahaan ini juga yang memelopori komersialisasi komputer.

Tidak hanya perusahaan, secara pribadi orang bisa memiliki komputer PC ini. Bahkan penemuan ini jugalah yang kemudian menyebabkan penemuan berikutnya, yakni komputer yang bisa dibawa ke-mana-mana. Sedangkan Anda mengenalnya dengan istilah laptop dan netbook.

Lima, Komputer Masa Depan

Sedangkan sejarah komputer dan laptop yang kelima ini adalah masa saat ini dan yang akan datang. Maka dari itu, komputer yang satu ini sering disebut dengan komputer masa depan.

Hal ini ditAndai dengan ditemukannya perangkat komputer yang lebih kecil dan lebih canggih seperti yang Anda pegang saat ini. Salah satu hasilnya adalah smartphone, tablet dan berbagai gadget pintar lainnya.

Itulah perkembangan sejarah komputer dan laptop yang perlu Anda ketahui. Berterimakasihlah kepada para ilmuan yang sudah mendedikasikan perhatiannya untuk membuat kegiatan Anda menjadi lebih mudah seperti sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *