Istilah-Istilah yang Harus Diketahui Oleh Hacker Pemula

Istilah-Istilah yang Harus Diketahui Oleh Hacker Pemula – Apakah anda adalah salah satu pengguna komputer yang merasa sudah menjadi seorang Hacker? Jika iya, maka tentunya anda harus mengetahui berbagai hal terkait dunia Hacker dan hacking itu sendiri, salah satunya adalah tentang istilah-istilah yang berseliweran dalam dunia Hacker. Nah, apa sajakah istilah yang dimaksud?

Istilah-istilah dalam dunia Hacker

1. Dark Web

Jika sebelumnya anda mengenal berbagai web seperti misalnya Youtube ataupun Facebook maka web tersebut dapat dikategorikan sebagai web normal yang mana dapat terindeks dengan mudahnya oleh Google. Namun bagi para Hacker web bukanlah sekedar itu-itu saja, melainkan ada berbagai web tersembunyi yang disebut sebagai Dark Web dan tentunya cukup sulit untuk terindeks oleh Google ataupun mesin pencari lainnya.

Dark Web sendiri hanyalah dapat dicari dan terdeteksi apabila anda menggunakan sebuah software khusus sehingga tidak heran jika hanya segelintir orang saja seperti misalnya para Hacker yang mengetahui seluk-beluk dari Dark Web ini.

2. Deface

Istilah selanjutnya yang wajib diketahui seorang Hacker adalah Deface. Deface sendiri adalah sebuah teknik menyisipkan ataupun merubah sebuah foto yang terdapat pada suatu server jaringan tertentu. Dalam hal ini seorang Hacker dapat melakukan Deface karena pada server jaringan tersebut terdapat celah keamanan sehingga proses hacking pun dapat dilakukan.

Pada kasusnya biasanya seorang Hacker akan melakukan Deface kepada situs-situs terkenal dengan menyisipkan sebuah foto bergambar tokoh-tokoh terkenal pada halaman website tersebut dengan menyertakan nama / julukan dari Hacker tersebut sehingga eksistensinya dapat diketahui.

3. SQL Inject

SQL Inject adalah sebuah proses hacking yang memanfaatkan celah keamanan pada suatu komputer untuk kemudian mencuri data pada sistem. Dalam kasusnya seorang Hacker dapat mengaplikasikan vektor pada komputer tersebut untuk kemudian mendapat hak akses sehingga dapat mengacak-acak sistem basis data didalamnya.

4. Backdoor

Istilah selanjutnya yang juga tak kalah penting untuk diketahui adalah Backdoor. Dalam hal ini seorang Hacker akan menanamkan sebuah mekanisme untuk meng-compromising sebuah sistem bypass pada komputer sehingga sang Hacker dapat mengakses komputer itu dengan mudahnya.

5. Keylogger

Keylogger merupakan sebuah software yang dikirimkan oleh para Hacker ke suatu komputer secara diam-diam. Dalam hal ini Keylogger sendiri berfungsi untuk merekam seluruh aktivitas yang terjadi pada keyboard tersebut sehingga rekam jejak dari apapun yang diketik oleh penggunanya dapat diketahui oleh sang Hacker.

Pada kasusnya aktivitas Keylogger ini cukup membahayakan, terlebih jika keylogger tersebut sudah berhasil terinstall pada komputer orang-orang sehingga segala tulisan yang bersifat rahasia pun dapat terbaca dengan mudahnya. Selain itu Keylogger juga cukup sulit untuk diidentifikasi sehingga identitas dari Hacker yang mengirimkannya pun sulit untuk diketahui.

6. Sniffing

Sniffing merupakan sebuah aktivitas sadap-menyadap dalam suatu jaringan komputer yang dilakukan oleh seorang Hacker untuk kemudian mengetahui data-data didalam komputer korbannya. Dalam kasusnya, para Hacker akan menggunakan sebuah software khusus yang dapat memudahkan aktivitas sniffing ini.

7. Hacktivis

Istilah terakhir yang juga tak kalah penting untuk anda ketahui sebagai seorang Hacker adalah Hacktivis. Sesuai dengan namanya yang mana perpaduan dari kata Hacker dan Aktivitas maka dapat dikatakan jika Hacktivis adalah sebuah aktivitas dari seorang Hacker yang memanfaatkan teknologi untuk menyebarluaskan ideologi, nilai sosial, moral, ataupun pesan politik kepada khalayak ramai.

Demikianlah ulasan yang dapat dibagikan seputar informasi dari istilah-istilah dalam dunia Hacker, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *