Jangan Beli Tripod Sebelum Kamu Mengetahui Tips Memilihnya!

DuniaTeknologi.Info – Berburu fotografi menggunakan tripod menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Tripod kini banyak diproduksi bermacam-macam mulai dari jenis dan pilihan yang pada dan sesuai untuk kebutuhan fotografi kamu. Dengan menggunakan tripod kamu bisa mendapatkan hasil fotografi yang stabil tanpa adanya getaran. Untuk memilih tripod kamu juga tidak boleh asal-asal an. beberapa hal yang perlu kamu perhatikan diantaranya seperti tinggi tripod sesuai dengan kebutuhan, tingkat kestabilan yang dimiliki tripod, kemampuan tripod dalam menopang berat kamera, berat tripod, serta berapa harga tripod tersebut.

Nah, kali ini kami akan memberikan tips untuk memilih tripod yang baik dan berkualitas. Yuk langsung simak saja!

Beban Tripod

beban tripod
beban tripod

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih tripod adalah seberapa besar beban yang mampu ditopang tripod tersebut. Mungkin hal ini sepele, tetapi banyak para fotografer membeli tripod tanpa mempertimbangkan beban yang mampu di tobang tipod. Ketika memilih tripod tanpa mempertimbangkan hal ini maka kamera dslr dan lensa kamera akan hancur seketika jika tripod tidak mampu menahan berat kamera. Nah, untuk menghindari hal tersebut pastikan berat tripod 1,5 kali lebih besar dari berat kamera plus dengan lensa kameranya. Tetapi jika kamera kamu dilengkapi dengan flash atau baterai grip maka pilihlah berat tripod yang 2,5 atau 3x lebih besar dari total berat kamera tersebut.

Tinggi Tripod

Sumber : Shopee indonesia

Hal yang kedua kamu perlu memperhatikan tinggi tripod sebelum memilihnya. Dengan memilih tinggi tripod yang pas sesuai dengan tinggi badan, kamu juga akan merasakan kenyamanan mengambil foto sebuah objek. Selain itu pastika tripod tinggi kamu bisa dilipat dengan mudah serta fleksibel supaya mudah dibawa kemanapun.

Berat Tripod

Hal ketiga yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih tripod adalah beratnya. Dengan memilih berat tripod yang pas kamu tidak akan merasa kerepotan bahkan keberatan ketika membawanya. Pilihlah tripod yang terbuat dari bahan serat karbon, karena serat karbon memiliki beban yang ringan sehingga tidak akan mengganggu perjalanan kamu ketika travelling membawa tripod. Tetapi kamu perlu merogoh kocek yang cukup banyak untuk mendapatkan tripod berbahan serat karbon ini.

Selain serat karbon kamu juga bisa memilih tripod yang berbahan aluminium. Dengan bahan aluminium kamu akan diberikan harga yang lebih murah daripada tripod berbahan serat karbon dan tentunya beban yang dimilikinya juga ringan.

Kaki Tripod

Jangan Beli Tripod Sebelum Kamu Mengetahui Tips Memilihnya!
Jangan Beli Tripod Sebelum Kamu Mengetahui Tips Memilihnya!

Kaki tripod terbagi menjadi dua jenis yakni pipa dan tabung. Untuk tripod berbahan serat karbon memiliki kaki dengan jenis pipa serta dilengkapi kunci twist sebagai pengaman kaki. Sedangkan untuk tripod yang berbahan dasar aluminium memiliki bentuk tabung dan pipa serta dilengkapi dengan flip-lock. Jumlah kaki tripod tergantung tinggi tripod, semakin banyak  antara 3 sampai 5 jumlah kakinya. Tetapi semakin banyak jumlah kaki pada tripod maka kestabilannya akan berkurang.

Ujung Kaki Tripod

Tripod yang memiliki kualitas terbaik serta dilengkapi dengan teknologi tercanggih, kamu bisa mengganti ujung kaki pada tripod tersebut. Jenis kaki karet atau plastik cocok digunakan untuk mengambil foto di dalam ruangan menggunakan tripod sedangkan yang berjenis paku logam cocok digunakan untuk kegiatan outdoor.

Kamu bisa mengatur tinggi rendah tripod dengan poros yang terdapat pada tripod. Karena kebanyakan fotografer memilih tripod yang dilengkapi dengan poros atau centerpost untuk kenyamanan mereka. Jadi kami sarankan pilihlah tripod yang memiliki centerpost.

Itulah beberapa tips untuk memilih tripod yang bisa menunjang kenyamanan fotografi kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *