Ingin Merekam Aktivitas Ekstrem dengan Sempurna? Ikuti Tips Memilih Kamera Helm Terbaik Ini

Menyukai aktivitas petualangan di alam terbuka dengan sepeda atau sepeda motor sepaket dengan mengabadikannya dalam bentuk video menuntut Anda memilih kamera helm terbaik. Pemilihan ini dilakukan agar keindahan yang Anda lewati seperti hutan belantara, pesisir pantai, atau jalanan kota dapat terekam sempurna.

Tips Memilih Kamera Helm Terbaik

Action camera mampu mengambil gambar panorama secara realistis seperti pandangan mata, inilah yang membedakannya dengan kamera video biasa. Dengan fitur-fitur tercanggih yang ada saat ini, produsen action camera seperti GoPro, Olympus, Garmin, dan Sony bersaing merebut hati pengguna. Lalu bagaimana cara memilih kamera helm terbaik? Simak tip-tip berikut ini.

1. Perhatikan Frame Rate

Frame rate merupakan jumlah frame yang mampu direkam oleh kamera per detik. Semakin besar frame rate, hasil rekaman semakin bagus. Umumnya frame rate yang digunakan adalah 30fps, namun ada yang menawarkan dengan frame rate mencapai 120fps dan 240fps. Untuk fps yang besar, tentunya ukuran file juga akan menjadi lebih besar, sehingga memerlukan kapasitas memori yang besar pula.

2. Memilih Kualitas Gambar

Pilihan kualitas gambar terpopuler saat ini yaitu 4K dan Full HD. Jika Anda memilih 4K, pastikan memiliki TV atau komputer yang memenuhi syarat untuk memutar gambar 4K.

3. Perhatikan Besar Sudut Pandangnya

Sudut pandang menentukan besarnya pemandangan yang dapat ditampilkan dalam kamera. Kamera aksi di pasaran biasanya memiliki sudut pandang 130⁰ – 150⁰. Tetapi ada juga yang menawarkan sudut pandang hingga 200⁰. Sebaiknya Anda memilih kamera helm terbaik dengan sudut pandang 180⁰.

4. Ukuran dan Berat Kamera

Sesuaikan ukuran dan berat kamera untuk dipasang pada helm. Semakin ringan bobotnya, semakin nyaman ketika digunakan.

5. Memiliki Mounting yang Lengkap

Meski Anda membeli action camera untuk dipasang pada helm, usahakan kamera memiliki berbagai jenis mounting. Tujuannya agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain dan dipasang di berbagai tempat, seperti body sepeda atau di tubuh Anda.

6. Mempunyai Fitur Peredam Getaran

Didesain untuk digunakan pada situasi ekstrem, kamera helm terbaik tetap dapat menghasilkan gambar yang jernih. Untuk itu, pilih kamera dengan fitur peredam getaran. Beberapa model kamera Sony sudah menggunakan fitur balanced optical steady shot yang memiliki kinerja mumpuni.

7. Tahan Air dan Debu

Kamera aksi terbaik harus memiliki fungsi tahan air dan debu (waterproof dan dustproof) untuk melindunginya dari kerusakan. Jika action yang Anda pilih tidak tahan air dan debu, upayakan tersedia housing sebagai pelindung kamera.

8. Memiliki Layar Built-in

Ada beberapa action camera yang menggunakan layar built in, ada pula yang menampilkan hasil rekaman pada smartphone saja. Untuk dipakai pada helm, layar built in tidak terlalu penting, tetapi memilihnya juga tidak masalah, agar dapat digunakan untuk keperluan lain.

9. Ketersediaan Koneksi Wi-Fi

Koneksi WiFi sangat penting untuk mempermudah transfer gambar ke smartphone dan tablet, sehingga mudah membagikan ke media sosial.

10. Baterai Tahan Lama

Kamera helm terbaik harus memiliki baterai dengan daya tahan yang paling lama. Di antara banyak merek action camera, GoPro Hero 5 Black mempunyai kapasitas baterai terbesar yaitu 1.220mAh, lebih besar dari seri GoPro Hero sebelumnya.

Demikian tips memilih kamera helm terbaik yang bisa Anda lakukan sebelum membelinya. Selain beberapa hal di atas, masih ada yang perlu dipertimbangkan lagi yaitu bajet yang dimiliki. Seperti membeli gajet yang lain, Anda harus menyelaraskan antara kebutuhan, selera, dan anggaran, supaya tidak ada penyesalan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *