Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kamera Vivo Y83

DuniaTeknologi.Info – Vivo kembali meluncurkan seri Y terbarunya. Setelah mendulang sukses pada Vivo V9 yang untuk bersaing di kelas atas, Vivo Y83 hadir dengan harga lebih terjangkau namun memiliki fitur smartphone terkini. Seperti V9, Vivo Y83 juga menawarkan FullView Display disertai dengan kamera selfie berteknologi Artificial Intelligence (AI). Lalu apa lagi kelebihan dan kekurangan kamera Vivo Y83? Berikut ulasan lengkap dengan spesifikasi Vivo Y83.

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Kamera Vivo Y83

Vivo Y83 menghadirkan diagonal layar sebesar 6,22 inci resolusi HD+ 1520 x 720 pixel. Layarnya memiliki notch atau “poni” di bagian atas dan mirip dengan tampilan layar Vivo V9. Karena mengusung FullView Display, semua tombol berada di dalam layar. Agar tetap mulus meski sewaktu-waktu dapat terjadi benturan, layar Vivo Y83 dibekali Corning Gorilla Glass 3.

“Otak” dari smartphone ini adalah prosesor MediaTek MT6762 Helio P22 didukung dengan Snapdragon 625/630. Membuatnya bekerja lebih efektif berkecepatan 2.0 GHz karena terdapat 8 buah inti (Cortex-A53) di dalamnya. RAM-nya sebesar 4GB dan penyimpanan internal yang mencapai 32GB. Penyimpanan eksternal yang dapat dipakai hingga 256GB dengan microSD.

Android Oreo 8.1 dengan antarmuka Funtouch OS 4.0 digunakan pada ponsel ini. Baterai berkapasitas 3900 mAh yang cocok untuk menemani aktivitas harian tanpa sering melakukan charge. Namun ponsel ini belum memiliki fitur Qualcomm Quick Charge sehingga menghabiskan waktu cukup lama untuk melakukan isi ulang daya baterai.

Kualitas Kamera Vivo Y83

Selanjutnya terkait kelebihan dan kekurangan kamera Vivo Y83. Memiliki kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP dengan bukaan f/2.2 sehingga gambar tampak bening ketika dipotret.

Menariknya, kamera depan sudah dibekali fitur AI Face Beauty. Teknologi tersebut dapat mendeteksi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur kulit hingga pencahayaan. Wajah dan lingkungan dapat diselaraskan sehingga menghasilkan foto yang natural. Tentu sangat menarik bagi Anda pecinta selfie.

Potrait Mode tidak lupa disematkan pada kameranya. Potrait mode berfungsi sebagai filtering foto, seperti efek bokeh, penyesuaian cahaya, dan lainnya. Kamera juga memiliki fitur Live Photo yang dapat melakukan perekaman gambar dan suara dalam rentang 1,5 detik.

Sensornya punya resolusi tinggi lengkap dengan teknologi PDAF. Ini membuat kamera Vivo Y83 dapat mengambil gambar dengan cepat yang kejernihan dan ketajamannya tidak perlu diragukan.

Memang kamera Vivo Y83 ini masih kalah dibandingkan kamera Vivo V9. Vivo V9 mengusung kamera belakang 12MP+2MP dan kamera depan 24 MP bukaan f/2.0 yang sudah didukung flash pada keduanya. Namun pada Vivo Y83 hanya kamera belakang yang dibekali oleh LED flash.

Dengan kamera setajam itu, kualitas perekaman video memang sudah full HD 1080p. Sayangnya belum terdapat fitur stabilisasi, seperti OIS atau EIS, sehingga sering kurang stabil ketika melakukan perekaman. Kekurangan lainnya dari kamera Vivo Y83 adalah saat mengaktifkan mode HDR, akan terjadi pelambatan Shutter Lag. Hal ini membuat pengambilan lebih dari satu foto memiliki waktu jeda 2-3 detik.

Sebagai pengaman, Vivo Y83 menghadirkan fitur Face Access selain sidik jari. Teknologi ini akan melakukan pemindaian pada wajah pengguna untuk membuka kunci, jika wajahnya dideteksi berbeda, maka tidak akan terbuka. Tidak lupa fitur Smart Split diberikan pada ponsel ini. yang mampu membagi layar menjadi dua untuk kebutuhan berbeda.

Adanya fitur ini memungkinkan pengguna mengoperasikan dua aplikasi dalam satu waktu. Contohnya, Anda sedang menonton video dan ada chat masuk, dengan fitur ini, Anda dapat membalas chat tanpa harus menutup video. Cukup dengan klik notifikasi dan layar akan otomatis menjadi dua.

Hadir dengan varian warna merah dan hitam, Vivo Y83 ditawarkan dengan harga Rp3,199 juta dan dapat dibeli pada beberapa toko online di Indonesia.

Sekian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan kamera Vivo Y83 lengkap dengan fitur Vivo Y83 yang lain. Apakah Anda tertarik untuk memiliki smartphone ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *