Kembangkan Google Assistant, Google Rekrut Tim Khusus

DuniaTeknologi.infoSesuai dengan cita-cita Google yang ingin terus berinovasi untuk memberikan keakuratan dan relevansi informasi kepada pengguna, Google kini menunjukkan keseriusannya dalam menghadirkan inovai terbaru yaitu fitur asisten bernama Virtual Assitant. Menurut informasi terbaru dari The Wall Street Journal diketahui bahwa Google telah merekrut penulis dari perusahaan – perusahaan ternama, seperti Pixar dan The Onion untuk memberikan sentuhan personal pada platform Asistant Virtual Google.

Tim Baru Google Virtual Assistant Akan Berikan Sentuhan Humor

Jika ditelaah dari latar belakang perusahaan yang direkrut, sepertinya Google akan memberi sentuhan humor pada Assitant yang digadang – gadang akan menjadi.Platform pesaing virtual Assistant yang sudah mendahuluinya yaitu Siri dari Apple dan Cortana dari Windows.
 
Informasi sementara ini bahwa Google Assistant dipastikan akan tersedia untuk ponsel baru Google yaitu Pixel dan Pixel XL, serta juga akan tersedia untuk perangkat elektronik Google Home. Langkah seperti ini sebenarnya bukanlah hal yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan teknologi besar. Perusahaaan Fujitsu misalnya yang telah terlebih dahulu melakukan pengembangan untuk memunculkan robot yang lebih ‘manusiawi’.
Google Assistant Pengembangan Google Now yang Lebih Cerdas
Google Assistant pada dasarnya merupakan pengembangan dari fitur Google Now dengan tambahan kecerdasan yang lebih baik. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengatur Agenda dan mengirimkan Pesan, Google Assistant juga dapat melakukan tindakan secara langsung layaknya seorang asisten sungguhan.
Agar Google Assistant mampu melakukan tindakan langsung, seperti memesan makanan, memesan taksi, membaca berita, Google memastikan akan melakukan kerjasama dengan pihak lain yaitu pengembang aplikasi pihak ketiga, contohnya Uber, CNN, LinkedIn, dan lainnya.
Tidak hanya sekadar menarik konten yang sudah ada dimesin pencari, Google Assistant juga bisa melakukan dua hal lainnya, seperti tindakan langsung dan tindakan percakapan. Hal Menariknya, ternyata Google Assistant akan memiliki ‘tingkat kepintaran’ yang berbeda jika digunakan di berbagai jenis perangkat yang ada.
Mengutip dari The Verge, layanan Viertual Assistant Personal ini akan bisa berfungsi dengan maksimal apabila digunakan dengan ponsel Google Pixel, aplikasi Allo, dan perangkat elektronik pintar Google di rumah.
Pada Saat disinkronisasi dengan perangkat elektronik pintar, Google Assistant akan berfungsi layaknya sebuah remote control. Google Assistant akan bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memutar video di TV, mengatur waktu Alarm, hingga memutar Musik. Bahkan Google Assistant juga bisa menyalakan dan mematikan lampu yang menggunakan perangkat elektronik yang cerdas,
Lain halnya ketika Google Assistant digunakan melalui ponsel Google Pixel, pengguna ponsel bisa meminta Google Assistant untuk melakukan banyak hal, mulai dari mengatur agenda, mengiris pesan, memutar video, memutar musik, hingga memesan taksi.  Hanya dengan menekan tombol Home pada ponsel, maka Google Assistant akan segera muncul dan menanyakan apa yang bisa dilakukannya untuk Anda.
Pada saat terhubung dengan layanan pesan instan Google yaitu Allo, Google Assistant berfungsi layaknya sebuah chatbot. Ketika pengguna mengajukan pertanyaan, Google Assistant akan memunculkan jawaban di layar ponsel pengguna.
Sebenarnya beberapa fitur dan kemampuan yang ditawarkan Assistant telah lebih dahulu diperkenalkan melalui Google Now. Namun Google Assistant memiliki kemampuan dan tingkat kecerdasan yang lebih baik dalam mendeteksi setiap informasi yang diajukan oleh pengguna.
Apabila Google Now merupakan sebuah platform asisten virtual berbasis suara, maka Google Assistant adalah plaform yang lebih cerdas, Google Assistant adalah asisten virtual yang bisa mendeteksi suara dan tulisan teks dilayar
Dengan hadirnya Google Assistant menambah deretan layanan asisten vistual digital pintar yang telah lebih dulu dikembangkan seperti Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft, dan Alexa dari Amazon. [DT]

2 tanggapan untuk “Kembangkan Google Assistant, Google Rekrut Tim Khusus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *