Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

DuniaTeknologi.Info – Pernahkah mengalami kejadian menjengkelkan, dimana komputer atau PC mendadak mati sendiri ketika tengah mengerjakan tugas penting? Nah jika pernah, apa yang biasanya anda lakukan dan tahukah anda mengapa hal itu bisa terjadi? Jadi ada Baiknya Anda Merawat Komputer/Laptop agar Tidak Cepat Rusak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri
 
Jika komputer yang Anda pakai sering mengalami masalah tersebut saat sedang digunakan, jangan panik, kenali penyebabnya dan atasi dengan mudah seperti yang kami jelaskan berikut ini!
1. Prosessor Terlalu Panas (Overhead)
Komputer yang digunakan selama berjam-jam semakin lama akan semakin panas. Jika Anda tidak mematikan komputer, maka komputer akan mengalami overhead. Sama seperti tubuh manusia, jika Anda bekerja sepanjang hari tanpa istirahat, tentu tubuh akan drop, begitu pula dengan perangkat komputer. Jika Anda terlalu lama dipakai tanpa dimatikan, maka akan mengalami kepanasan dan akhirnya mati.
Pada dasarnya, komputer yang mati akibat overhead ini merupakan upaya perangkat untuk mencegah agar komponen komputer lainnya tidak mengalami kerusakan parah. Artinya komputer ingin mendinginkan mesin dengan cara mati dengan sendirinya.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut ialah usahakan memberikan waktu istirahat untuk komputer yang Anda gunakan. Biarkan komputer beristirahat selama 1 – 2 jam per hari untuk mencegah terjadinya overhead. Apabila komputer harus dinyalakan sepanjang 24 jam, maka pastikan kipas CPU dalam keadaan baik untuk mengeluarkan suhu yang panas. Untuk memastikannya, buka PC dan periksa kipas pada CPU dan PSU. Pastikan kipas berputar secara normal, dan tidak terdapat benda-benda asing yang mengganggu. Bersihkan kipas dari debu agar memperlancar perputaran kipas dan sirkulasi suhu.
2. Ada Virus
Komputer yang mati sendiri juga disebabkan karena adanya virus yang menyerang PC Anda. Virus ini bisa berasal dari suatu software yang Anda install di komputer Anda. Bahkan beberapa file yang Anda download bisa mengandung virus yang dapat menyebabkan komputer Anda mati dengan sendirinya.
Cara mengatasi komputer yang mati karena virus dapat dilakukan dengan menginstall ulang komputer Anda. Hal ini dilakukan untuk membersihkan virus yang telah menyebar dalam sistem komputer Anda. Agar komputer Anda tidak mudah terserang virus. Anda juga dapat mencegahnya dengan mengupdate antivirus secara berkala.
3. Program Mengalami Crash
 
Penyebab lain komputer mati mendadak yaitu program komputer yang mengalami crash. Hal tersebut terjadi karena adanya software yang terinstall namun tidak sesuai dengan hardware OS yang digunakan. Untuk mengatasinya, uninstall software tersebut, dan kemudian install lagi dengan menggunakan software yang sesuai dengan hardware OS.
4. Komputer Bekerja Terlalu Berat
 
Komputer yang menjalankan beragai program secara bersamaan (multitasking), akan mudah mengalami masalah seperti mati mendadak. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menjalankan software-software yang berat dan menjalankan banyak program dalam waktu yang sama.
5. Hardware Rusak
VGA, prosessor, dan hardisk merupakan salah satu hardware yang sering mengalami kerusakan dan menyebabkan perangkat komputer mati mendadak. Jika salah satu komponen hardware ini tidak berfungsi dengan normal, maka komputer biasanya tidak dapat melakukan proses booting.
Untuk itu rawatlah komputer Anda dengan baik dan benar. Jangan memaksakan penggunaan komputer secara terus menerus, agar komponen perangkat tetap terjaga kestabilannya. Jangan lupa untuk membersihkan CPU secara berkala untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer mati sendiri yang bisa Anda lakukan. Gunakan komputer sesuai dengan prosedur yang benar untuk mencegah terjadinya kerusakan perangkat PC anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *