Kiat Cermat Memilih Power Supply Untuk Game

Kiat Cermat Memilih Power Supply Untuk Game – Power Supply adalah salah satu perangkat periferal yang sangat dibutuhkan untuk sebuah PC. Alat ini mengubah arus listrik bolak balik (AC) menjadi arus listrik yang bersifat searah (DC), kemudia Power Supply akan mengalirkan arus listrik kepada seluruh komponen komputer agar dapat beroperasi. Sebab, kelancaran beroperasinya sebuah komputer juga ditentukan oleh arus listrik yang diolah dan masuk. Jika kelebihan maupun kurang, akan menjadikan kinerja yang kurang optimal bahkan kerusakan Power Supply juga bisa terjadi.

Umumnya PC Gaming membutuhkan pengolahan grafik dengan baik, kapasitas RAM yang memadai, kecepatan kalkulasi prosesor yang tinggi, dan kesesuaian power supply yang digunakan harus pas aliran listriknya. Beberapa Kiat cermat harus diperhatikan untuk optimalnya kinerja PC Gaming tersebut. Simak beberapa kiat di bawah agar tidak salah dalam memilih Power supply untuk PC Gaming kesayangan anda.

Power Supply Tepat untuk PC Gaming

1. Kualitas dan Merk

Faktor yang biasanya dilihat menentukan di kalangan umum biasanya kualitas dan merk atau brand dari Power Supply tersebut. Biasanya power supply dengan brand yang sudah terkenal lebih dipercaya para pengguna sebagai power supply PC gamingnya.

Usahakan jangan memilih harga yang lebih murah untuk sebuah power supply yang kualitasnya kurang terjamin, karena anda akan menyesal dengan masa hidup power supply tersebut yang kurang mampu bertahan lama. Pada umumnya, Power Supply bermerk Corsair, FSP, Super Flower, Seasonic, Enemax, dan Silverstone merupakan power supply pilihan para perakit PC Gaming karena kualitasnya yang sudah dikenal luas dan terpercaya.

2. Daya tampung maksimal Power Supply

Pertama tama perkirakan total penggunaan daya yang akan digunakan untuk PC gaming anda, Lazimnya, PC gaming memiliki total penggunaan daya sebesar 450 W, sehingga carilah Power Supply dengan daya tampung yang sesuai dengan kebutuhan PC gaming anda.

3. Efisiensi

Tiap Power supply menawarkan efisiensi yang beragam tiap merk nya, maksud dari efisiensi di sini adalah seberapa besar power supply anda memberikan suplai daya untuk PC gaming anda. Biasanya pada PC gaming sangat cocok dengan power supply dengan efisiensi yang mencapai 80%, jika anda memberikan power supply dengan efisiensi kurang dari 80%, kemungkinan PC gaming anda akan bekerja kurang optimal.

4. Usahakan mencari Power Supply dengan cap paling tidak “ Bronze “

Cap bronze ini adalah sebuah sertifikat yang diberikan kepada sebuah power supply yang mampu memberikan efisiensi di atas 80%. Seperti yang telah menjadi suatu kebenaran umum bahwa semakin besar efisiensi, maka akan semakin kecil biaya listrik yang akan dihasilkan.

5. Usahakan mencari Power Supply dengan label 80+

Umumnya, power supply yang telah mendapatkan cap Bronze atau label 80+ telah melewati proses Quality Check. Itulah mengapa anda seharusnya memilih power supply dengan label tersebut karena merupakan sebuah jaminan mutu dan kualitas tersendiri bagi power supply anda.

6. Cari Informasi mengenai mengenai Power Supply yang Anda Butuhkan.

Mengumpulkan informasi sebelum membeli Power Supply juga tak kalah pentingnya agar tidak terjadi penyesalan di akhir. Terkadang anda bisa browsing di Internet mengenai Power Supply yang apik untuk PC Gaming kesayangan anda. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari rekan mengenai power supply yang cocok untuk kebutuhan anda.

Jadi, sekali lagi, jangan korbankan kualitas dengan harga yang murah dan Power Supply Unit yang abal abal karena akan berpengaruh pada masa hidup Power Supply, dan kualitas PC gaming anda ketika dijalankan. Semoga artikel mengenai Kiat Cermat Memilih Power Supply untu PC Gaming ini menjadi sebuah pertimbangan khusus ketika anda memutuskan untuk membeli Power Supply Unit untuk PC Gaming anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *