var id = "540ebd4a857f0b5e99822fed808f864ad98ab4c2"; class="post-template-default single single-post postid-126 single-format-standard wp-custom-logo ">

Langkah Awal Untuk Belajar Menjadi Fotografer Profesional

DuniaTeknologi.Info – Punya mimpi menjadi fotografer profesional? Kenapa tidak. Jika sudah punya niat kuat dan punya sebuah kamera, maka langkah selanjutnya adalah belajar kepada mereka yang sudah profesional. Nah, terkait hal tersebut, sebagai modal awal, berikut telah kami rangkum beberapa tips yang harus dilakukan.

1. Gunakan Kamera Setiap Hari
 
Untuk menghasilkan foto yang keren dan menarik, seorang fotografer harus mengasah keterampilannya dalam memegang sebuah kamera. Maka dari itu, gunakan kamera setiap hari, dan memotretlah hal-hal yang ada di sekotar Anda. Tidak harus dengan objek manusia, Anda bisa menggunakan objek tanaman, rumah, binatang, bahkan sampah. Tidak peduli apapun yang Anda potret, Anda bisa menggunakan kamera setiap hari untuk memotret.
Semakin terbiasa menggunakan kamera, dan semakin terbiasa memotret maka keterampilan Anda dalam membidik foto akan semakin terasah. Dengan begitu, Anda akan mampu menjadi seorang fotografer professional.
2. Segitiga Eksposur
 
Dalam membidik foto perhatikan antara Aperture, Shutter Speed, dan ISO. Aperture merupakan seberapa besarnya lensa yang terbuka ketika membidik foto. Sedangkan Shutter Speed adalah rentang waktu di depan sensor kamera yang terbuka. Sementara ISO yaitu ukuran yang menyatakan seberapa sensitive sensor kamera terhadap cahaya. Ketiga elemen tersebut yang dikenal dengan istilah eksposur.
Dalam memotret foto, perhatikan ketiga hal tersebut, karena eksposur menentukan jumlah cahaya yang akan diterima sensor kamera, yang dapat mempengaruhi foto yang dihasilkan.
3. Pegang Kamera dengan Benar
Tips belajar fotografer professional yang seringkali terabaikan yaitu soal cara memegang kamera. Mungkin, selama ini Anda berpikir bahwa memegang kamera tidak ada yang salah dan benar. Namun, untuk menghasilkan foto yang keren, cara memegang kamera pun perlu diperhatikan. Gunakan tangan kiri sebagai penyangga lensa di bawah, sedangkan untuk memegang body kamera gunakan tangan kanan.
4. Jangan Lupa Membeli Buku
Selain menambah alat-alat fotografi, tips belajar fotografer professional selanjutnya yang tak kalah pentingnya yaitu membeli buku panduan menjadi fotografer professional. Belajarlah juga tips-tips memotret yang keren dari buku dari para fotografer professional.
5. Mendekatlah
 
Jika Anda ingin menjadi seorang fotografer professional, jangan ragu untuk mendekati objek. Tahukah Anda, para fotografer professional seringkali melakukan hal-hal yang menantang maut seperti mengunjungi daerah bencana demi mendapatkan foto yang bagus. Kedekatan objek dengan fotografer akan menghasilkan foto yang khas, unik, dan tentunya menakjubkan.
6. Tarik Nafas
 
Menarik nafas sebelum memotret memang terdengar sepele, namun ini penting dilakukan. Sebelum Anda menggunakan jari untuk memotret, ambil nafas dan berpikirlah, apakah komposisi objek sudah tepat atau belum. Ambil lah angel yang tepat untuk menghasilkan foto yang menarik.
7. Perlakukan Orang Sebaik-Baiknya Saat Memotret
 
Saat Anda memotret dengan objek manusia, jangan lupa untuk berbincang dan berbaur dengan mereka. Naikkan kamera saat benar-benar ingin memotret objek, setelah selesai memotret, turunkan kamera dan berbincanglah dengan mereka. Hal ini penting untuk membuat mereka nyaman dan merasa dihargai.
8. Memotret dalam Pikiran
 
Tips belajar fotografer professional yang paling sederhana namun penting, ialah memotret dalam pikiran. Meskipun Anda sedang tidak memegang kamera dan memotret, usahakan selalu memotret dalam pikiran. Cobalah perhatikan ekspresi objek dan bagaimana kondisi pencahayaan yang cocok untuk menghasilkan gambar yang indah.
Nah, itulah tips belajar fotografer professional yang bisa Anda coba untuk menghasilkan foto yang keren dan menakjubkan. Mulailah dari hal-hal sederhana untuk menghasilkan gambar yang luar biasa. semoga bermanfaat.

6 tanggapan untuk “Langkah Awal Untuk Belajar Menjadi Fotografer Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *