Lenovo ThinkStation P720 Dan P920 Hadir Buat Pekerja Kelas Berat Dengan Spek Dewa

DuniaTeknologi.Info – Bagi Anda yang memilki pekerjaan dengan aplikasi yang berat seperti video editing, 3D modelling, dan aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan kinerja prosesor yang tinggi, kini Lenovo menjawab semua kebutuhan Anda dengan sebuah PC kelas workstation yang bertenaga tinggi. Lenovo belum lama  ini meluncurkan dua workstation terbarunya yaitu ThinkStation P720 dan P920. Dua PC desktop workstation ini mempunyai spesifikasi dewa bawaan dan bisa Anda upgrade untuk memenuhi kebutuhan aplikasi berat yang biasa Anda jalankan.

 
Lenovo ThinkStation P720
 
Lenovo ThinkStation P720 hadir dengan desain PC desktop biasa yang memiliki ukuran casing tidak biasa, yaitu 485 x 446 x 175mm. Di bagian depan PC desktop workstation ini memiliki FLEX Bay yang memungkinkan Anda memasang kombinasi perangkat yang Anda butuhkan seperti HDD, card reader, ODD dan aksesoris lainnya.

Perangkat ini memiliki konfigurasi dual processor Intel Xeon Platinum, Gold, Silver, maupun Bronze dengan kapasitas maksimum 28 core dan kecepatan 3,6GHz di setiap prosesornya. Lalu, tersedia 12 slot memori RDIMM DDR4 yang mendukung hingga kapasitas 384GB 2666MHz. Di dalam casing Lenovo ThinkStation P720 disematkan 2 slot M.2, 6 port SATA 3,5 inci, dan 10 port SATA 2,5 inci mampu mendukung hingga 12 media penyimpanan.

Meskipun terlihat minimalis dengan mesin yang lebih kecil dibanding kerabatnya saat diperkenalkan, namun dari dapur pacunya sendiri, Lenovo ThinkStation P720 ternyata menyediakan sama dengan apa yang dimiliki oleh ThinkStation P920 yaitu sama-sama mengandalkan prosesor Intel Xeon Platinum, Gold, Silver, atau Bronze. Selain menjalankan OS Windows 10 Pro, ThinkStation P720 ini juga telah dilengkapi dengan Ubuntu pre-loaded dan memiliki sertifikasi Redhat Linux.

Di sisi performa grafisnya, telah tersedia pilihan kartu grafis NVIDIA Quadro GP100 atau P6000 yang dapat ditempatkan pada kedua slot yang ada. Sedangkan untuk pengoperasiannya, juga tersedia pilihan memori RAM DDR4 2666 berkapasitas hingga 384GB, dengan ketersediaan 12 slot DIMM yang ada. Begitu pula halnya dengan penyuplai tegangan listrik (power supplay) ke perangkat yang dapat dipilihnya, yaitu PSU 690W atau 900W.

Seperti halnya ThinkStation P920, chassis pada ThinkStation P720 ini juga dapat mendukung hingga 12 drive dengan sepasang drive M.2, hingga enam drive 3.5″ atau hingga sepuluh drive 2.5″, yang mendukung konfigurasi RAID 0,1,5,6, atau 10. Penggunaan motherboard berchipset Intel C621 yang ada membuat penggunanya dapat melakukan apapun yang dibutuhkannya. Tak hanya konektivitas yang disediakan oleh kuartet port USB 3.1 pada bagian depannya bersama dengan port mic dan headphone, tetapi pengguna dapat memberdayakan konektivitas pada bagian belakangnya yang mencakup dua port USB 2.0 yang ada dua, USB 3.0 ada empat, port serial, port paralel, eSATA, Firewire, WiFi terintegrasi, sejumlah slot ekspansi di dalamnya dan masih banyak lagi

Lenovo ThinkStation P920

Lenovo ThinkStation P920 mempunyai desain yang sama dengan ThinkStation P720. Bedanya ThinkStation P920 memiliki ukuran casing yang lebih jumbo sehingga dapat diekspansi dengan lebih nyaman sesuai keinginan Anda.
PC desktop workstation ini memiliki 16 slot RDIM DDR4 yang mendukung kapasitas hingga 2TB. Lalu, perangkat ini juga sama disokong 2 kartu grafis Nvidia Quadro GP100 atau P6000. Kapasitas penyimpanannya sendiri tetap sama dimanan dalam casing Lenovo ThinkStation P920 disematkan 2 slot M.2, 6 port SATA 3,5 inci, dan 10 port SATA 2,5 inci mampu mendukung hingga 12 media penyimpanan.
Lenovo mengklaim bahwa dengan dukungan core yang lebih banyak, kapasitas RAM yang lebih besar, dan bandwidth memori yang lebih besar, ThinkStation P720 dan P920 ini akan memiliki kinerja 43% lebih kencang jika dibandingkan generasi sebelumnya.
Untuk Lenovo ThinkStation P920, model yang satu ini boleh dibilang sebagai model PC workstation yang paling tangguh dibanding ThinkStation P720. Memiliki dukungan OS Windows 10 Pro pre-loaded dan mesinnya yang telah disertifikasi untuk pengoperasian Redhat Linux diharapkan dapat memenuhi standar platform yang diinginkan oleh para penggemarnya. Selain itu, pengguna juga tak perlu merasa khawatir dengan beban kerja grafis super berat yang ada mengingat semua itu dapat ditangani secara lebih baik hanya dengan menggunakan PC workstation terbaru besutan Lenovo ini.
Berkat dukungan hingga tiga GPU NVIDIA Quadro GP100 atau P6000 yang diusungnya, membuat Lenovo ThinkStation P920 kabarnya kuat untuk  menangani berbagai olahan dan tampilan grafis 3D yang berat sekalipun. Dan bahkan untuk menyesuai dengan mesin handal di dalamnya, Lenovo juga telah dibekali dengan memori DDR4 berkapasitas hingga 2TB, yang berasal dari 16 DIMM slots RAM 2666MHz yang mendukung RDIMM dan LRDIMM.
Daya tegangan listrik yang disuplai penuh dari PSU 1400W membuat efisiensi sistem dapat ditingkatkan hingga 92%. Sedangkan chassisnya yang memiliki cukup ruang sanggup menampung hingga 12 drive internal yang ada, termasuk hingga dua drive M.2, enam drive 3.5 ” atau sepuluh drive 2.5″, yang semua bisa dikonfigurasi pada RAID 0,1,5, 6, atau 10. Tak hanya itu saja, penggunaan motherboard berbasis chipset Intel C621 membuat penggunanya dapat menempatkan hingga empat port USB 3.1 di bagian depan dan empat lainnya pada bagian belakang bersama dengan sepasang port USB 2.0, port serial, port paralel, port PS / 2, Ethernet, line in, line out, mic in, eSATA, sebuah firewire port, WiFi terintegrasi, pembaca kartu memori, dan optical drive terintegrasi.
Kita tunggu saja kedua PC desktop workstation ini yang kabarnya tersedia pada bulan Oktober mendatang. Lenovo belum mengungkapkan harga yang akan dipasang pada ThinkStation P720 dan P920 ini. Gimana Apakah Anda tertarik memilki Lenovo ThinkStation P720 Dan P920 Hadir Buat Pekerja Kelas Berat Dengan Spek Dewa???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *