Masalah Drone Yang Sering Muncul Dan Cara Efektif Mengatasinya

DuniaTeknologi.InfoMasalah drone selalu menjadi pertanyaan penting yang kerap menghampiri para pengguna drone di seluruh dunia. Tahukah Anda? Banyak masalah yang sebenarnya sering terjadi dan menimpa beberapa jenis drone tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya bukan? Dengan kata lain, problem yang menimpa drone kesayangan Anda masih bisa diatasi dengan cara yang tepat. Untuk itu, dalam ulasan kali ini kami akan mengulas secara ringkas mengenai beberapa masalah yang sering terjadi pada drone dan bagaimana penanganannya secara semestinya.

Pesan Strong Interference

Pesan strong interference biasanya akan muncul pada saat drone diterbangkan di lokasi padat penduduk maupun di tengah kota. Pada saat kondisi seperti ini, biasanya drone kerap kali mengalami gangguan sinyal untuk terhubung dengan jaringan wifi akibat gelombang radio di sekitar lokasi penerbangan yang sulit. Nah, langkah tepat untuk mengatasi masalah ini ialah dengan cara melakukan kalibrasi di bagian remot control, menggunakan wifi analyzer pada smartphone untuk memastikan kekuatan sinyal. Cara tepat lainnya ialah dengan menerbangkan sebuah drone ke lokasi yang minim sinyal wifi sehingga kekuatan pengiriman pesan strong interfence cepat.

Lost Signal Saat Drone Mau Diterbangkan

Masalah lain yang sering kali dialami oleh drone ialah kehilangan sinyal saat drone akan diterbangkan, biasanya pesan ini muncul setelah proses kalibrasi IMU dilakukan. Secara otomatis, koneksi antara drone dengan remot control terputus secara tiba-tiba. Cara efektif mengatasi permasalahan ini ialah dengan melakukan linking di aplikasi yang telah disediakan pada mekanisme menerbangkan pesawat drone untuk mengetahui cara menghubungkannya kembali dengan remot kontrol yang Anda kendalikan. Masalah drone yang satu ini kerap kali terjadi pada jenis drone Dji Phantom 3 Standar.

Pesan Radio Channel Qualitiy Poor

Masalah pelik lainnya yang kerap terjadi pada drone ialah muncul pesan radio channel quality poor. Bahkan seringnya pesan ini akan muncul sesat pesawat drone terbang dalam jarak sekitar 30 meter saja. Pesan mengenai radio quality poor bermaksud jika kualitas jaringan dalam jarak tertentu sangat buruk akibat pengaturan sinyal pada drone yang terbatas. Nah, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu menggunakan windsurfer agar proses penerimaan sinyal menjadi lebih baik, menggunakan aplikasi magic power hingga mengupdate frimwere terbaru.

Pesan Gimbal Motor Overload

Selain tiga masalah sebelumnya, drone juga kerap kali menerima pesan gimbal motor overload yang yang muncul saat drone diterbangkan di sekitar pasir atau tanah. Hal ini akan memicu kotoran yang ada di sekitar masuk ke dalam gimbal drone. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda cukup hanya dengan melepaskan ke empat dumper karet anti getar pada gimbal drone dan selanjutnya bersihkan hingga benar-benar bebas dari kotorang dan pasangkan kembali. Akan lebih baik jika Anda bisa menggantinya dengan dumper karet anti getar yang baru dan lebih bagus. Selain membersihkan atau menggantinya dengan yang baru, ada solusi lainnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan membeli aksesorir landing pad pada drone agar pasir, tanah atau kotoran lain tidak masuk saat drone diterbangkan maupun saat didaratkan nantinya. Itulah beberapa masalah yang kerap kali terjadi pada drone, pastikan Anda mengetahui permasalahannya dengan baik untuk menemukan penangangan yang semestinya. Dengan cara yang tepat, maka masalah drone bisa teratasi dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *