Masalah Umum Laptop

Masalah Umum Laptop – Sekarang pengguna laptop semakin banyak karena kemudahan membawa dan tingkat mobilitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan komputer desktop yang menggunakan PC.Laptop lebih ngetrend karena sekarang dipasaran banyak disediakan yang dijual dipasaran sudah memiliki performa yang hampir sama bahkan ditambah sifat mobilitasnya.

Banyak Masalah Umum Yang Terjadi Pada Laptop (Source : teknoplur.blogspot.com)

Komputer dan laptop kini sudah umum digunakan sebagai barang elektronik yang digunakan oleh orang tua, anak muda bahkan pelajar sd sekalipun sekarang sudah dibekali pengetahuan tentang komputer maupun laptop.

Kehadiran laptop kini lambat laun mulai menggeser keberadaan komputer atau personal computer (PC).Ukurannya yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana merupakan pilihn utama membuatnya lebih banyak dipilih banyak orang.

Masalah Umum Laptop

  1. Program Tidak Merespon
  2. Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Delete
  3. Windows Tidak Dapat Di Start
  4. Laptop Overheat Atau Panas Berlebihan
  5. Laptop Tidak Mengeluarkan Suara
  6. Laptop Mati Sendiri
  7. Laptop Lemot

1. Program Tidak Merespon

Saat Anda Bekerja di laptop mungkin juga membuka program lain untuk hiburan seperti lagu, internet sekaligus yang tentunya akan membuat kinerja laptop Anda melambat.Karena kinerja melambat maka kemungkinan yang terjadi karena program aplikasi menjadi tidak merespon perintah Anda dan menolak ketika Anda sendri ingin menutupnya.

Cara terbaik untuk mengatasinya tentu dengan menutup aplikasi atau program yang tidak merespon tersebut.Disini Anda bisa memaksa menutup program yang ingin Anda tutup menggunakan task manager berikut ini :

  • Tekan tombol ( ctrl + alt + delete ) secara bersamaan yang kemudian akan muncul wondows task manager. Anda juga dapat membukanya dengan mengklik kanan desktop paling bawah lalu klik task manager.
  • klik tab aplication
  • pilih nama program yang tidak merespon tersebut kemudian klik biasanya ada keterangan not responding.
  • Pada bagian bawah klik tombol end task.
  • Apabila program tidak bisa ditutup dengan cepat, akan muncul pesan yang mengatakan bahwa klik tombol end now.
  • Bila cara ini tidak dapat menyelesaikan masalah jalan terakhir adalah merestart laptop Anda.

2. Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Delete

User laptop akan menemukan kendala yang biasanya ada saja file yang tidak bisa dihapus atau di delete karena corrupt atau rusak.windows akan memunculkan pesan “file tidak dapat dihapus karena sedang digunakan bahkan ketika Anda mencoba merestart pun akan muncul pesan tersebut.

Untuk ini kami sarankan Anda untuk memaksa windows menghapus file tersebut, coba Anda ikuti langkah berikut ini :

  • Tutup semua dokumen dan program yang sedang Anda jalankan
  • Shut down laptop Anda, kemudian reboot kembali laptop Anda.Hapus file yang tidak bisa di delete tadi.
  • Jika Anda masih tidak bisa menghapus file tersebut restart laptop Anda.
  • Kemudian hidupkan kembali laptop Anda, pada saat booting tekan tombol F8 beberapa menit hingga tampil Windows advance options menu.
  • Gunakan tombol panah pada keyboard Anda untuk memilih safe mode, kemudian tekan enter.kemudian akan tampil pesan pada layar “please select the operation system to start” anggap Anda hanya memiliki windows yang terinstal di sistem Anda, kemudian tekan tombol enter.
  • Windows akan menampilkan beberapa yang akan berjalan satu hingga tiga menit, tergantung pada versi windows yang telah di konfigurasi login screen atau welcome screen akan dimunculkan.Jika Anda melihat login screen ketik nama account dan pasword Anda kemudian tekan enter.Namun jika Anda melihat welcome screen, klik icon label account adminsitrator atau account yang mempunyai hak administratif kemudian ketik pasword Anda.
  • Maka akan muncul pesan bahwa windows dijalankan pada “safe mode“.Untuk memproses ketik yes.
  • Kemudian cari file yang tidak bisa di delete kemudian coba kembali untuk mendeletenya.
  • Jika Anda telah sukses mendeletenya restart laptop Anda dan nyalakan kembali dengan mode windows sepertinya basanya dan lihat hasilnya.

3. Windows Tidak Dapat Start

Ketika sistem laptop Anda rusak, system restore pun bisa menjadi virtual lifesafer.Namun bagaimana jika laptop nda mengalami rusak yang parah sehingga laptop tidak dapat start asuk ke windows.Pada kasus ini coba gunakan Safe Mode dengan “Command Prompt” untuk mengakses sistem restore   dengan cara berikut :

  • Setelah laptop Anda dinyalakan dan sedang booting tekan F8 beberapa kali hingga tampil layar “Windows Advance Options Menu
  • Gunakan tombol panah pada keyboard laptop Anda untuk memilih “Safe Mode With Command Prompt” kemudian tekan enter
  • Akan muncul pesan di layar monitor Anda “Please Select The operating System to Start” anggap hanya mempunyai windows xp yang terinstal di laptop Anda kemudian tekan enter.Jika Anda mempunyai operating system lebih dari satu gunakan tombol panah untuk memilih Windows XP, kemudian tekan enter.
  •  Windows akan menampilkan beberapa yang akan berjalan satu hingga tiga menit, tergantung pada versi windows yang telah di konfigurasi login screen atau welcome screen akan dimunculkan.Jika Anda melihat login screen ketik nama account dan pasword Anda kemudian tekan enter.Namun jika Anda melihat welcome screen, klik icon label account adminsitrator atau account yang mempunyai hak administratif kemudian ketik pasword Anda.
  • Setelah command prompt dimunculkan, pada area yang kosong ketik %systemroot%system32restorerstrui.exe kemudian tekan enter.
  • Setelah beberapa detik windows system restore akan ditampilkan klik tombol “restore my computer to an earlier time
  • kemudian klik tombol next
  • Setelah kalender ditampilkan pilih lah dimana laptop Anda bekerja dengan baik (ditandai dengan tanggal yang tercetak tebal) kemudian klik tombol next
  • Untuk mengkonfirmasi pilihan klik tombol next
  • proses “system restore” proses akan berjalan kemudian tunggu beberapa saat hingga laptop Anda terestart secara otomatis.Setelah laptop Anda hidup kembali ikuti intruksi yang muncul di layar.

4. Laptop Overheat atau Panas Berlebihan 

Dalam bermain laptop seringkali terjadi mengalami panas berlebihan atau bahasa kerennya overheat yang biasanya terjadi karena pemakaian yayang terlalu lama.Yang jarang diketahui oleh pengguna laptop juga biasanya karena baterai sudah penuh namun masih saja tetap di charge ini tentu saja membuat pengisian menjadi berlebihan dan akan membuat laptop anda menjadi panas.Dalam bermain laptop seringkali terjadi mengalami panas berlebihan atau bahasa kerennya overheat yang biasanya terjadi karena pemakaian yayang terlalu lama.Yang jarang diketahui oleh pengguna laptop juga biasanya karena baterai sudah penuh namun masih saja tetap di charge ini tentu saja membuat pengisian menjadi berlebihan dan akan membuat laptop anda menjadi panas.

Selain itu masalah ini juga sering terjadi karena tipe komponen laptop itu sendiri yang tidak kuat menahan beban atau memori yang diperlukan sehingga akan memberatkan kerja processor sehingga berdampak pada overheat yang biasanya terjadi.Bahkan ada yang sampai overheat berlebih yang membuat laptop bisa meledak.Tentunya kejadian ini membuat pengguna laptop khawatir.Berikut ini kiat mudah mencegah agar laptop anda tidak mengalami overheat.

Untuk menghindari laptop Anda overheat Anda bisa bica di Kiat Mudah Mencegah Laptop Anda Tidak Mengalami Overeat.

5. Laptop Tidak Mengeluarkan Suara

Ketika sedang bekerja menggunakan laptop pasti ada rasa sewaktu-waktu ingin mendengarkan musik untuk menghibur diri dan sedikit merefresh otak Anda agar lebih rileks.Saat menghidupkan aplikasi multimedia di laptop baik musik atau video tidak keluar sama sekali tentu akan membuat anda jengkel dan kesal bukannya malah menjadi rileks seperti yang Anda inginkan.

Sebelumnya sebenarnya ada banyak masalah penyebab komputer atau laptop tidak ada suaranya dengan mencoba pertolongan pertama yakni Anda memeriksa speaker karena bisa speaker kosong atau sedang dalam mode mute, port audio tidak terhubung memang sudah rusak, speaker yang dipasang tidak cocok, driver audio tidak cocok atau bisa juga komputer atau laptop Anda terkena virus.

Untuk lebih Jelasnya bisa Anda baca di Tips Mengatasi Laptop Atau PC Tidak Mengeluarkan Suara

6. Laptop Mati Sendiri 

Sebagai pekerja kantoran yang notabenenya menggunakan laptop sebagai alat untuk bekerja pastinya sangat tidak nyaman ketika sedang bekerja atau bermain game tiba-tiba laptop mati sendiri.Tentunya kita bertanya-tanya kenapa laptop bisa mari sendiri bukan hanya sekali bahkan bisa dibilang berkali-kali.Apalagi kita pribadi yang awam dalam dunia komputer maupun laptop sehingga belum paham sama sekali dalam mendiagnosa apa masalah yang terjadi pada laptop pribadi.

Jangan khawatir insya allah ada beberapa solusi yang saya ketahui jika laptop mati sendiri,Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri.

7. Laptop Lemot

Ketika sedang menggunakan laptop dan membuka beberapa program aplikasi terkadang kita temukan masalah lemot, lelet dan semacamnya.Untuk mengatasinya Anda bisa langsung simak artikel Langkah Tepat Dan Jitu Dalam Mengatasi Laptop Lemot.

Demikianlah beberapa masalah umum laptop dan cara mengatasinya.Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Satu tanggapan untuk “Masalah Umum Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *