Membuat Light Painting Dengan Smartphone

Membuat Light Painting Dengan Smartphone

DuniaTeknologi.Info – Membuat light painting memang biasanya menggunakan kamera DSLR seperti yang telah dibahas dalam artikel cara membuat foto light painting. Namun ternyata ada cara bisa membuat foto Light painting dengan smartphone. Wah, Anda layak mencobanya …

Light painting merupakan cara kreatif untuk membuat objek foto yang biasa menjadi luar biasa dengan teknik long exposure, sehingga dapat menangkap jejak gerakan objek tersebut. Idealnya light painting dibuat dengan kamera DSLR, yang memiliki fitur lengkap untuk mengatur setting kamera pada mode yang sesuai. Namun, dalam perkembangan teknologi terkini, membuat light painting dengan smartphone bukanlah hal yang mustahil.

Baca Juga : berkenalan Dengan Zanco Tiny T1 Ponsel terkecil Di Dunia

Beberapa jenis smartphone seperti Huawei P9 dan LG X Cam mempunyai fitur bawaan untuk menghasilkan light painting. Bagi Anda yang tidak menggunakan smartphone dengan fitur tersebut, tidak perlu risau. Tersedia aplikasi Camera FV-5 Lite yang bisa diunduh lewat Playstore untuk smartphone Android, yang dapat digunakan untuk membuat light painting.
Perlengkapan yang Dibutuhkan
Sebelum Anda mulai membuat light painting dengan smartphone, persiapkan beberapa item di bawah ini;
  • Konsep foto yang ingin Anda buat. Sebelum mengeksekusi proyek yang akan Anda kerjakan, Anda perlu menyiapkan konsep. Ada dua jenis light painting, yaitu light trail atau jejak objek, dan graffiti light (gambar graffiti dengan cahaya) yang bisa Anda pilih.
  • Smartphone.
  • Tripod. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat meletakkan smartphone di meja dengan bantuan ring holder stand agar stabil ketika proses pemotretan. Jika tidak, getaran kamera akan mengakibatkan foto menjadi blur dan tidak jelas. Jika Anda ingin beli Anda bisa baca Tips Penting Dalam Membeli Tripod, Agar Mendapatkan Yang Terbaik.
  • Sumber cahaya, seperti senter atau LED yang dapat digerakkan secara leluasa.
  • Aplikasi Camera FV-5 Lite.
Teknik Membuat Light Painting dengan Smartphone
Perlu diingat bahwa teknik ini hanya bisa dilakukan di ruang dalam kondisi gelap dan bebas dari polusi cahaya untuk mendapatan hasil yang maksimal. Jika Anda berniat membuatnya di luar ruangan, maka Anda harus melakukannya pada malam hari. Carilah tempat-tempat yang biasa dilalui objek bercahaya, seperti jalan raya yang ramai, atau taman tema dengan aneka permainan.
Setelah perlengkapan di atas Anda sediakan, maka lakukan langkah-langkah berikut utuk membuat light painting dengan smartphone;
  • Pasang smartphone pada tripod atau letakkan di atas meja.
  • Buka aplikasi Camera FV-5 Lite.
  • Ubah mode program (simbol P) di sudut kiri atas menjadi mode shutter priority (simbol S)
  • Atur shutter speed pada 20 detik atau lebih, maksimal 30 detik.
  • Ganti setting white balance (WB) pada mode bulb
  • Setting ISO pada angka 100.
  • Buatlah light painting dengan lampu senter atau LED. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mengatur timer kamera, atau meminta bantuan orang lain untuk menekan shutter.
Eksperimen dengan Light Painting
Jangan ragu untuk melakukan berbagai eksperimen. Coba dengan beberapa objek bercahaya, contohnya lilin, kembang api, korek api, dan lampu warna-warni. Anda juga dapat berkreasi dengan objek bergerak yang dapat dikendalikan dari jarak jauh seperti mobil-mobilan remote control dengan lampu di atasnya. Variasikan juga background foto Anda dengan persekitaran yang berbeda. Tembok bangunan yang terbengkalai, lorong, dan gua sangat sesuai untuk membuat light painting dari aspek intensitas cahaya.

Nah, sudah tahu kan bagaimana membuat light painting dengan smartphone? Ternyata dengan perlengkapan sederhana yang dimiliki, Anda mampu menghasilkan karya sekelas hasil foto dengan kamera DSLR. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat light painting dengan kamera smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *