Mengenal Komponen Utama Robot

DuniaTeknologi.Info – Sebelum kita berbicara mengenai komponen utama robot terlebih dahulu kita akan berbicara mengenai robot. Apa sih robot? Mungkin benda canggih yang satu ini sudah sangat familiar atau bahkan saat kecil Anda mempunyai mainan robot. Ya benar sekali, robot sering kali ada dalam kehidupan kita sehari-hari. jika kita melihat sebuah film pastinya keberadaan benda canggih yang satu ini sangatlah sering kita temui.

Banyaknya film yang mengangkat cerita mengenai robot itu sendiri tentunya kita sangatlah paham. Namun, kebanyakan dari film-film yang menggunakan robot canggih tersebut kebanyakan menggunakan efek grafis khusus yang diciptakan dengan menggunakan teknologi komputer. Karena, pada saat ini kemampuan robot masih sangat terbatas. Jika kita lihat di film-film action tentulah kemampuan robot yang ada pada film tersebut sangat luar biasa. Misalkan saja ada yang berbicara dengan manusia, bisa terbang, bahkan bisa menguasai dunia. Benar sekali, kemampuan robot masa sekarang sebenarnya sudah lebih meningkat seiring berkembangnya atau kemajuan teknologi. Namun jika kemampuan robot tersebut menguasai dunia tentu saja belum ada yang semacam itu.

Apa Saja Sih Komponen Utama Pada Robot?

Jika dilihat dari arti kata, robot itu sendiri merupakan sebuah mesin yang dikendalikan ataupun memiliki kecerdasan buatan yang di dalamnya terdapat komponen utama robot yang menjadikannya memiliki fungsi tertentu. Keberadaan robot saat ini memanglah tidak secanggih apa yang ada di film-film.

Namun, keberadaan robot dalam meringankan kinerja manusia tentunya sangat banyak. Misalnya saja dalam pabrik-pabrik besar tentunya banyak sekali yang menggunakan bantuan robot untuk membantu dalam proses produksi suatu produk. Misalnya dalam sebuah pabrik elektronik, tentunya keberadaan robot itu sendiri cukup vital. Misalnya saja dalam membuat sebuah perangkat yang memang membutuhkan presisi yang sangat tinggi tentunya kemampuan manusia sangat terbatas.

Oleh karena itu dengan bantuan sebuah robot atas kontrol dari manusia sendiri tentunya sangatlah mungkin untuk menciptakan perangkat yang sulit sekalipun. Atau robot sekarang ini sudah banyak digunakan sebagai bahan studi bagi anak-anak sekolahan baik itu sekolah dasar maupun sampai jenjang perkuliahan. Sebenarnya untuk sekarang ini untuk menciptakan sebuah robot sangat memungkinkan. Banyaknya tempat-tempat pembelajaran di sekitar baik itu di sekolah maupun melalui internet kita sangat mungkin untuk membuatnya.

Hanya saja, tentunya dalam menciptakan sebuah robot membutuhkan waktu belajar yang tidak sedikit. Adapun beberapa bagian dasar dari sebuah robot itu sendiri adalah pengendali atau controller. Fungsi dari bagian ini tentunya sebagai pengendali utama dari sebuah robot. Biasanya bagian ini merupakan kumpulan komponen dari berbagai perangkat keras yang berfungsi menyimpan berbagai perintah pemrograman yang dilakukan dengan bantuan komputer. Tentu saja fungsi dari bagian ini sangatlah vital keberadaannya.

Yang menjadikan robot itu bisa berkehendak atas apa yang diprogramkan menggunakan software khusus. Kemudian ada bagian acuator, fungsi dari bagian yang satu ini sangat mirip dengan kerja otot pada manusia. Karena bagian ini merupakan penggerak dari sebuah robot. Kemudian ada sensor, fungsinya tak lain adalah untuk mengetahui atau sebagai indra yang fungsinya sama persis seperti pada manusia.

Kemudian bagian selanjutnya adalah frame atau yang sering kita sebut dengan rangka. Fungsinya tak lain adalah sebagai penyangga ataupun meletakkan dari beberapa komponen. Kemudian bagian komponen utama robot yang paling penting adalah power supply, tentunya sebuah robot untuk bisa bekerja dengan baik memerlukan sebuah tenaga yang menggerakkannya. Untuk itu mengapa keberadaan bagian yang satu ini bisa dibilang penting.

Satu tanggapan untuk “Mengenal Komponen Utama Robot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *