Mengenal Laptop dan Komponennya

DuniaTeknologi.Info – Dahulu orang-orang sempat bingung menyebut “komputer jinjing” sebagai laptop, sementara ada juga yang menyebutnya notebook. Mungkin juga ada yang bingung bagaimana sejarah komputer dan laptop dari masa ke masa, Sehingga timbul pertanyaan apa bedanya? Namun ternyata perbedaan itu sebenarnya hanya dari segi bahasa. Pada mulanya “lap” berarti pangkuan dan “top” yang berarti nama umum dari komputer yang bisa diletakkan di pangkuan. Namun tidak selalu orang memangkunya maka kata laptop menjadi tidak relevan lagi dan muncullah istilah notebook yang diibaratkan sebagai komputer kecil yang bisa dilipat. Namun sampai sekarang masih saja melekat orang menyebutnya dengan laptop.

Perkembangan laptop kian hari kian cepat secara perlahan tapi pasti menjadi alternatif selain PC (personal computer). Sekarang semakin handal dengan banyaknya persaingan produsen laptop, banyak inovasi yang dilakukan produsen TI dalam memanjakan konsumennya mulai dari menyediakan produk yang sempurna dan spek yang sangat tinggi mulai bisa digunakan bekerja hingga sekaligus bermain game. Begitupula dengan baterai sekarang lebih nyaman dengan baterai lithium yang tentu kualitasnya jauh lebih baik.

 

Didukung teknologi grafis dan processor dari intel terbaru dengan Core I7 dan sistem grafis NVidia yang menggunakan kartu grafis kembaryang menyambungkan dengan VGA untuk meningkatkan kinerja grafis secara keseluruhan. Untuk itu tidak ada salahnya kita Mencoba Mengenal Laptop dan Komponennya.

Komponen Laptop

1. Layar/LCD

sebagai media untuk tampilan visualisasi sistem operasi pada laptop, layar monitor memiliki peranan penting. Semakin tinggi kualitas layar monitor semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Umumnya layar monitor pada laptop dibedakan menjadi dua jenis. Pertama Layar CRT atau tv yang biasanya juga dapat kita temukan pada layar laptop kebanyakan. Format layar jenis ini adalah 4:3 atau lebih sering dikenal dengan layar ukuran standar. kedua layar wide screen atau sering dikenal dengan layar dimensi lebar (16:9) .Ini bentuk layar laptop monitor terbaru dan saat ini banyak digemari.

a. Thin Film Transistor (TFT)

Merupakan layar yang berbentuk standar dan digunakan pada semua jenis laptop. Pada umumnya jebis semacam ini dikenal sebagai LCD. Ukuran layar yang besar, monitor ini juga sesuai bila dipakai dalam ruangan yang bercahaya banyak atau terang.

b. Super TFT

Super TFT dengan TFT sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan standar panel TFT sebuah lapisan khusus yang ada pada permukaan layar. teknologi ini membuat gambar yang ditampilkan menjadi lebih bening, terang dan tampak seperti nyata.

c. Lighting Emitting Deode (LED)

Layar ini memiliki teknologi lebih canggih dan sudah banyak digunakan oleh semua orang. Sekumpulan warna yang dihsilkan pun menjadi semakin nyata. Selain itu bentuknya tipis dan konsumsi listriknya juga kecil selain berteknologi canggih yang membuat layar ini lebih mahal dari yang lain.

2. Baterai

Laptop menjadi barang penting yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Saat ini kehidupan sangat bergantung dengan berbagai barang elektronik. Laptop adalah salah satu benda yang memiliki peran vital dalam menunjang aktivitas. Merawat baterai laptop adalah salah satu trik jitu untuk membuat benda tersebut tidak mudah rusak. Penggunaan laptop yang tanpa henti bisa membuat baterai mudah mengalami masalah.

Apakah baterai laptop bisa dibongkar dan diperbaiki ? Pada dasarnya baterai laptop dibuat tidak untuk dibongkar dan diperbaiki karena sejak awal pihak pembuat baterai merekatkan semua bagian baterai dengan rapat satu sama lain. Oleh karena itu jika kita ingin mencoba membongkarnya harus dengan teliti dan cermat sehingga semua bagian bisa terpisah dalam keadaan baik dan masih bisa diperbaiki.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari sebuah baterai laptop. Komponennya hanya terdiri dari kerangka dan penutup plastik, beberapa se tunggal untuk menjalankan tenaga voltage yang dibutuhkan dan sebuah thermocouple. Thermocouple adalah kawat hitam yang mengikat dua sel baterai yang berfungsi untuk mengukur suhu udara dalam susunan baterai, namun bukan temperature asli permukaan baterai. Mungkin inilah yang menyebabkan baterai bisa drop dalam waktu yang singkat. sedang komponen lain hanya berfungsi sebagai penghubung sirkuit DC laptop.

Sel-sel tunggal sebenarnya hanya terikat dengan sederhana dengan beberapa kontak kecil yang disolder. Untuk memperbaikinya kita hanya perlu mengganti semua sel lalu menyodernya kembali. Tetapi disinilah masalahnya dalam survey harga sel Sanyo HR-4/3AU dan harga terbaik ditemukan ditas $5.Dengan semilan buah baterai 1, 2V yang diperlukan untuk memperoleh 10,8V baterai Anda harus menghabiskan sekitar $50 untuk mengganti smeua sel dan mendapatkan baterai pengganti. Sementara hanya dengan $69,9 tanpa perlu survey barang dulu kita sudah bisa mendapatkan baterai laptop toshiba baru. Jadi pilihan jatuh ditangan Anda dengan selisih harga sekecil itu apakan membeli baterai baru atau ingin mengganti sel-selnya yang tentunya cukup merepotkan.

Fuel Cell Siap Geser Baterai Lithium di Laptop

Dibandingkan dengan perangkat lain yang disematkan didalam komputer baterai termasuk salah satu yang perkembangannya sangat lamban.Saking leletnya inovasi produk ini bisa dibilang jalan ditempat. beda sekali dengan hardisk atau flashdrive yang generasinya terbarunya kerap muncul.Sejak beberapa tahun lalu para vendor sudah menemukan pngganti baterai Lithium-ion (Li-on) dan Lithium-polimer (Li-po) hingga saat ini masih jadi penggerak andalan dilaptop serta sebagian besar gadget elektronik lainnya. Namanya Fuel Cell.

Jadi apakah teknologi baterai terlalu sulit sehingga inovasinya terhambat?tidak juga. Perlu Anda ketahui para vendor sudah lumayan lama menemukan fue cell yang dikenal sebagai teknologi pengganti baterai. Fuel cell pada dasarnya adalah alat konversi energi elektrokimia. Baterai mampu mengubah senyawa hidrogen dan oksigen menjadi air dan dalam prosesnya menghasilkan listrik. Beda dengan baterai yang mengubah semua senyawa kimia didalam tubuhnya menjadi listrik dan kemudian habis sehingga harus dibuang atau mesti diisi ulang memakai catuan daya senyawa kimia di fuel cell terus mengalir didalam selnya secara konstan sehingga tidak pernah mati.

3. Harddisk

Hardisk dan media penyimpanan eksternal laptop-laptop terbaru muncul dengan kapasitas minimal 30 GB. Mengingat upgrade hardisk pada laptop lebih sulit dan lebih mahal dibandingkan pada PC, Anda perlu mempertimbangkan kapsitas hardisk dengan kebutuhan, pekerjaan dan budget Anda sebelum membeli.

Untuk kebutuhan aplikasi office kapasitas 30GB atau 40 GB sudah sangat mencukupi. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mempunyai kapasitas cadangan jika kebutuhan penyimpanan Anda cukup besar. Untuk kebuthan penyimpanan yang sangat besar beberapa laptop dikelas All in one menawarkan kapasitas standar 80GB-120GB. Bahkan sekarang ini sudah banyak laptop yang memiliki kapasitas 240GB. Tidak menutup kemungkinan kapasitasnya semakin lama semakin meningkat.

Selain kapsitas ternyata hardisk juga memiliki kecepatan masing-masing sesuai dengan kualitasnya. Di kelas mainstream dn ultraportabel sebagian besar laptop menggunakan hardisk berkecepatan 4200 rpm atau 5400 rpm sedangkan kelas desktop replacement menggunakan kecepatan 7200rpm. Jika Anda banyak menggunakan laptop untuk aplikasi yang berat seperti video editing sebaiknya pilih kecepatan tertinggi yakni 7200rpm. Biasanya kecepatan hardisk tertulis pada brosur atau Anda bisa menanyakan angsung ke customer servicenya.

4. Memori/Ram

Fungsi memori pada laptop tidak berbeda pada memori pc sehingga bisa dibilang sangat vital. hal ini berkaitan dengan kecepatan kinerja laptop. Semakin besar kapasitas sebuah memori yang digunakan maka semakin cepat pula kinerja sebuah laptop. Pada laptop biasanya memori sudah terpasang atau menyatu dengan motherboard yang digunakan, dengan demikian tidak bisa dilepas atau diganti dengan yang baru namun bisa ditambah atau diupgrade. Agar tidak terjadi kesalahan sebelum membeli sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis memori bawaan yang terpasang pada laptop Anda. Sekarang ini memori laptop berkisar kecepatan dengan ram paling besar 8GB.

5. Eksternal Hardware

a. Eksternal hardisk

Banyaknya kebutuhan data setiap pengguna komputer ataupun kebutuhan media penyimpanan untuk game, musik dan data kerja kian hari semakin meningkat. Hal ini menjadi kebutuhan mendasar namun kapasitas dari komputer atau laptop yang kurang memadai terkadang juga menjadi halangan untuk menyimpan data. Belum lagi sebagai alternatif lain untuk menjaga data agar tidak hilang maka dibutuhkan backup menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal begitu nyata dan penting kehadirannya.

Apalagi hardisk di dalam laptop lebih susah diganti ketimbang komputer. Disini untuk laptop dibutuhkan sedikit keberanian bagi Anda yang belum ahli atau sekedar coba-coba yang bisa malah membuat rusak hardisk internal laptop Anda. Terkadang bagi pecinta game seperti playstation juga membutuhkan hardisk eksternal untuk menyimpan game-game baru yang kapasitasnya tidak bisa kita bilang kecil. Banyaknya pilihan hardisk eksternal dengan berbagai merek dan tipe kini banyak bermunculan yang membingunkan untuk Anda memilih yang mana yang terbaik.

Jika Anda ingin membeli hardisk Anda bisa membaca membaca Artikel Tips Memilih Dan Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik.

b. Eksternal Room

Saat ini kemungkinan besar Anda tidak bisa menemukan laptop tanpanperangkat ang satu ini, eksternal room (drive optik) yang tidak menjadi satu didalam laptop. Pada dasarnya funsi daripada eksternal room dengan internal room tidak berbeda karena sama-sama berfungsi sebagai pemutar, pembaca atau mengkopi CD/DVD. Pada awalnya laptop dilengkapi CD-Rom yang berkemampuan sebatas membaca ata memutar kepingan CD. namun seiiring waktu kebutuhan pemakai dan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu laptop telah diengkapi dengan DVD-RW. Fitur ini tidak hanya membaca atau memutar DVD, melainkan dapat juga menulis atau menyimpan data pada kepingan DVD.

Seperti diketahui dibandingkan CD, DVD memiliki keunggulan lebih besar yaitu memiliki kualitas gambar seta suara yang jauh lebih baikketika digunakan untuk menyimpan data berupa gambar, film atau musik. DVD juga lebih multifungsi dibanding dengan CD-Rom. DVD-Rom memiliki fitur bisa membaca keping CD tetapi sebaliknya CD tidak bisa membaca keping DVD.

Nah eksternal rom sangat bermanfaat jika dalam sebuah laptop internal roomnya belum sesuai dengan yang diinginkan. Alternatif paling baik untuk mengatasinya adalah membeli eksternal room yang sesuia dengan spesifikasi yang diinginkan. keuntungan lain eksternal room bisa dibawa kemana-mana dan bisa terkoneksi ke semua komputer maupun laptop karena menggunakan kabel USB.

6. WiFI dan Modem

Apabila Anda ingin memakai wi-fi Anda harus terintegrasi dengan fasilitas wifi. Namun jangan khawatir sekarang laptop generasi terbaru sudah tentu untuk wifi sudah pasti tersedia.tetapi jika Anda tidak memilikinya bisa membeli perangkat wifi eksternal dengan media PCMCIA atau USB Port. Sedngkan penggunaan 3g/4G harus melalui modem yaitu perangkat yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi dengan fasilitas ini.

Tips untuk melakukan koneksi nirkabel :

istilah Koneksi Nirkabel yang harus Anda ketahui :

  • Wi-Fi, fasilitas internet tanpa kabel yang ada di laptop.
  • 3G/4G, fasilitas telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk koneksi internet.
  • Hotspot, Area dimana Anda bisa melakukan koneksi WiFi
  • SSID (Service Set Identifier), Nama (ID) sebuah jaringan wifi yang bisa Anda temukan di hotspot area. ketika mencoba koneksi pastikan Anda menemukan SSID ini.
  • Acces Point, Pemancar wifi yang biasa dipasang disebuah tempa. Jika Anda ada perangkat ini , maka area ini juga dinamakan hotspot.
  • GPRS, EDGE, WCDMA atau HSPA, merupakan tipe koneksi internet yang tersedia pada jaringan telekomunikasi.

7. Bluetooth

Bluetooth merupakan salah satu fitur laptop nirkabel yang menyediakan fasilitas sinkronisasi atau hubungan dengan ponsel yang tentunya juga harus memiliki fasilitas bluetooth. Sinkronisasi ini biasanya dipakai untuk melakukan transfer data antara laptop dan ponsel tersebut. Dibanding melalui kabel data transfer data melalui bluetooth memang raltif cepat. Namun harus diingat untuk berhati-hati transfer melalui bluetooth. Karena ketika bluetoth aktif kit bisa dikirim apa saja oleh orang yang bluetooth nya aktif.

Setidaknya sekarang ini hampir semua laptop keluaran terbaru sudah ada fasilitas bluetooth yang terintegrasi langsung. Apabila Anda memiliki laptop yang belum ada bluetootnya jangan khawatir karena searang banyak tersedia bluetooth eksternal.

8. Webcam

Webcam merupakan salah satu fitur berupa kamera mini yang terpasang pada laptop. Biasanya bisa Anda temukan pada bagian atas layar monitor laptop. Dengan adanya webcam pengguna laptop sekarang bisa menikmati berbagai kemudahan fasilitas hiburan. Misal ketika chatting yang bisa memanfaatkan webcam. Berikut daftar aplikasi yang bisa digunakan dengan webcam :

  • Memantau Rumah Lewat Browser
  • Jadikan wajah Anda sebagai password
  • Konferensi video multiuser
  • Webcam milik bersama

9. Operasi Sistem Dan Program Pendukung

Salah satu yang harus Anda perhatikan dalam memilih laptop adalah universalitas dan ketergantungan terhadap vendor yang serendah mungkin. hindari vendor yang tidak memberikan CD instalasi OS original,karena hal ini akan mempersulit Anda jika menghadapi masalah dengan OS dan harus memformat ulang.

Keunggulan Windows XP :

  1. Mictrosoft Windows XP mempunyai stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
  2. Aplikasi yang dijalankan pada sistem Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lainmelalui internet.
  3. Denganmenggunakan remote assistance kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada kompyter lain dari jarak jauh melalui internet.
  4. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
  5. Windows XP bisa digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.
  6. Banyak software yang kompatibel.
  7. Banyak software yang stabil berjalan di operation system ini.
  8. Tidak ada masalah atau konflik antara software dan hardware.
  9. Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain.

Kekurangan Windows XP :

  1. Pihak Mictrosoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi windows XP ini, dimana untuk waktu yang ditentukan harus melakukan aktivasi kembali.
  2. Tidak adanya java virtaul machine seperti generasi-generasi windows sebelumnya.
  3. Harga lisensinya cukup mahal.
  4. Komunitasnya terlalu sedikit karena bersifat closed-source.
  5. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows XP.
  6. Sistem yang kurag stabil.

Kelebihan Windows 7 :

  1. Proses boot/shutdown lebih cepat.
  2. konsumsi daya CPU, harddisk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit.
  3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD.
  4. Tampilan lebih bagus dari segi 3 dimensinya yang menonjol.
  5. Fitur security yang benar-benar ketat.

Kelemahan/Kekurangan Windows 7 :

  1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di windows 7.
  2. Bug pada windows player 12.
  3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di vista tapi tidak di windows 7.
  4. Semua software sebelumnya bisa diaplikasikan dalam windows 7.

10. Keyboard

Keyboard merupakan bagian penting untuk laptop dalam hal menulis karena setiap huruf ada disini. Tanpa adanya keyboard Anda dipastikan akan sangat sulit mengetik tau mengerjakan tugas yang berhubungan dengan dan angka yang merupakan tombol-tombol yang ada pada keyboard.

11. Motherboard

Motherboard merupakan papan sebagai penghubung dari kompunen/Hardware satu ke komponen lainya. Sistem kerja Motherboard sebagai penghubung informasi digital yang dipasang menggunakan perangkat lunak. Papan Motherboard Laptop terdiri dari berbagai komponen penting yang memiliki fungsi kerja sendiri-sendiri seperti South Bridre, North Bridge, Bios dan lain-lain

Sistem kerja Motherboard komputer tidak ada bedanya dengan motherboard pada Computer Desktop. Yang membedakan dari motherboard komputer dengan motherboard laptop ada pada bentuk dan ukuranya yang lebih kecil.

Nah sampai disini Anda sudah tahu bagian dan komponen laptop beserta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

 

Satu tanggapan untuk “Mengenal Laptop dan Komponennya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *