Mengenal Toko Berteknologi VR Pertama di Indonesia, Alfamind

Mengenal Toko Berteknologi VR Pertama di Indonesia, Alfamind – Membicarakan lebih lanjut mengenai VR memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, teknologi berbasis Virtual Reality ini sedang dikembangkan di seluruh dunia. VR (Virtual Reality) adalah sebuah penemuan terbaru di bidang teknologi yang menerapkan gabungan dunia virtual 2 dimensi dengan dunia reality 3 dimensi. Dimana nantinya kebanyakan platform 2 dimensi dalam dunia virtual akan terlihat nyata seolah-olah semua itu adalah 3 dimensi.

Jangan salah, teknologi VR ini sudah masuk di Indonesia dan sedang dalam tahap pengembangan. Salah satunya dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan toko retail Alfamart asal Indonesia ini. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) telah membuka toko online dengan berbasis teknologi VR ini. Dinamakan Alfamind, Alfamart mengembangkan toko online ini melalui smartphone yang bisa mengakses menggunakan teknologi VR.

Walaupun beberapa masyarakat di Indonesia yang sudah kecipratan teknologi canggih dan gadget smartphone masih belum ada yang mengerti teknologi VR. Termasuk berbelanja di Alfamind, padahal toko online ini lebih praktis dibandingkan retail aslinya. Selain itu, Alfamind bisa menjadi salah satu peluang bisnis online yang praktis dan tidak membutuhkan banyak persyaratan khusus. Apakah sebenarnya Alfamind ini? Kelebihan apa yang dimilikinya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Alfamind merupakan toko online namun dengan tampilan 3 dimensi seperti layaknya toko ritel nyata. Aplikasi ini juga menggunakan peralatan VR seperti headset VR dan controller untuk membuatnya terlihat semakin nyata. Alfamind merupakan toko online berplatform VR pertama di Indonesia. Selain itu, Alfamind bisa dijadikan peluang usaha oleh masyarakat luas. Distributornya sendiri tetap dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart).

Untuk membuka usaha sebuah toko ritel, memang diperlukan banyak persyaratan. Contohnya SIUP, NPWP, lahan untuk toko tersebut, hingga distributor. Tetapi berbeda dengan Alfamind, hal tersebut tidak diperlukan berhubung aplikasi ini menggunakan dasar toko online atau 2 dimensi. Persyaratan pembuatan Alfamind dengan nama pengelola diri kita sendiri cukup mudah. Hanya perlu mengisi formulir pendaftaran secara online dan melampirkan scan atay foto KTP.

Pihak PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) sendiri nantinya akan membuatkan akun virtual Alfamind beserta rekening virtual yang nantinya juga terhubung dengan rekening bank pemilik akun. Mengenai produknya sendiri pun beragam, dan nantinya produk yang sudah dibeli pelanggan akan diantarkan langsung ke tempat tinggal pembeli tersebut. Peralatan rumah tangga, elektronik, baju, perhiasan, makanan dan minuman instan tersedia lengkap disini.

“Alfamind yang didukung dan dikembangkan dengan teknologi 3D Augmented Reality dan Virtual Reality (AR – VR) dari Mindstores ini, bisa memberikan sensasi berbelanja seperti di toko sungguhan sehingga memasarkan produk sendiri akan terasa lebih menarik dan menyenangkan. Sistemnya jemput bola, seperti membawakan toko ke hadapan konsumen,” ungkap Presiden Direktur Alfamart, Hans Prawira.

Alfamind baru saja diluncurkan pada 23 Juni 2016 secara resmi. Dan langsung mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai toko retail 3 dimensi pertama di tanah air. Penghargaan ini langsung diberikan oleh pendiri MURI, Jaya Supratna. Saat ini Alfamind semakin berkembang dengan lebih dari store owner di seluruh Indonesia. Alfamind juga menawarkan reward tertentu bagi store owner yang mempromosikan toko VRnya lebih rajin.

Kedepannya, diharapkan agar teknologi VR tak hanya menjadi sarana hiburan saja. Tetapi juga bisa dijadikan peluang bisnis bagi masyarakat luas. Tak terkecuali dengan salah satu visi dari Alfamind ini. Bagaimana dengan Anda? Tertarik untuk menjadi salah satu store owner dari toko VR Alfamind ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *