Mengintip Persaingan Sengit Xbox vs PlayStation di Tahun 2018

DuniaTeknologi.Info – Apakah Anda ingin membeli konsol permainan baru? Perhatian Anda mungkin terfokus pada Playstation 4 dan Xbox One. Mana yang lebih baik antara konsol itu? Mari cari tahu!

Mengintip Persaingan Sengit Xbox vs PlayStation di Tahun 2018

Harga

Kriteria pertama yang akan digunakan untuk membandingkan Sony Playstation 4 dan Microsoft Xbox One adalah harganya. Bila Anda ingin membeli konsol, harga juga merupakan salah satu hal terpenting yang akan Anda pertimbangkan dengan hati-hati. Anda ingin memastikan bahwa harga sama dengan kualitasnya. Bagi pembeli, harga yang lebih baik bisa menjadi salah satu daya tarik. Antara Sony Playstation 4 dan Microsoft Xbox One, ada beberapa perbedaan yang Anda lihat dari sisi harga. Xbox One nampaknya lebih murah dari pada Sony Playstation 4. Xbox One One Xbox One X. Menurut beberapa survei, meski PS 4 lebih mahal dan Xbox satu, penjualan PS 4 berhasil mengungguli Xbox satu di Amerika untuk tunggangan. Fakta sederhana ini membuktikan bahwa yang lebih murah tidak menjamin apapun.

Spesifikasi

Spesifikasi adalah kriteria kedua yang bisa kita gunakan dalam membandingkan Playstation 4 dan Xbox One. Playstation 4 dan Xbox One. Ada beberapa spesifikasi yang serupa dalam konektivitas, penyimpanan dan memori. Namun, ada beberapa spesifikasi yang bisa digunakan untuk membandingkan kedua konsol tersebut. GPU dan Resolusi adalah dua aspek dalam spesifikasi yang sebanding. Playstation 4 menggunakan 1.84 TFLOP AMD Radeon untuk GPU, sementara Xbox One menggunakan AMD Graphics terintegrasi yang clocknya 853 MHz. Tampaknya Playstation 4 memiliki GPU yang lebih hebat. Playstation juga didukung oleh fitur HDR. Kombinasi antara GPU dan HDR yang kuat akan menciptakan resolusi yang lebih baik dan pengalaman yang lebih realistis dalam bermain game konsol.

Dimensi

Kita juga bisa membandingkan kedua konsol melalui dimensi mereka. Xbox satu dimensi adalah 7,9 x 27,4 x 33,3 cm. Dimensi Playstation 4 adalah 5,3 x 27,5 x 30,5 cm. Jadi bagi Anda yang tertarik dengan konsol yang lebih kompak, Playstation 4 mungkin pilihan terbaik bagi Anda.

Game atau Judul Eksklusif

Untuk game, kedua konsol mendukung game cross-platform. Ada beberapa tittles eksklusif yang bisa dimainkan di konsol tertentu. Bagi PS 4 ada beberapa judul eksklusif seperti Uncharted 4, The Last of Us, The Last Guardian, Bloodborne, dan lain-lain. Untuk Xbox satu, seperti Gears of War 4, Halo 5, Forza Horizon 3, dan lain-lain. Setiap game secara eksklusif mendukung konsolnya. Oleh karena itu, bisa jadi sangat subjektif dalam membandingkan kedua konsol melalui judul eksklusif mereka. Namun, berdasarkan perpustakaan, PS 4 sepertinya sudah download dan dimainkan.

Dari beberapa kriteria yang telah kita bahas di atas, nampaknya Playstation 4 lebih baik dari pada Xbox One. Namun, terkadang hal itu bisa sangat subjektif karena PS 4. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagus bagi Anda yang ingin memilih antara Playstation4 dan Xbox satu.

Persaingan Sengit Xbox vs PlayStation di Tahun 2018

Namun kenyataannya dilapanga Xbox One X sampai saat ini masih menjadi konsol terkuat yang digemari pengguna. Hal ini membuat PlayStation (PS) harus melakukan sejumlah terobosan agar dapat menyaingi Xbox di 2018. Persaingan sengit Xbox vs PlayStation di tahun 2018 diramalkan akan semakin serus dari segi spesifikasi hingga game eksklusif yang ditawarkan.

Lebih dari sepuluh tahun, keduanya bersaing dalam hal teknologi untuk menarik para gamer. Sebelumnya, bersamaan dengan rilis PS3 dari Sony, Xbox tak ketinggalan menghadirkan Xbox 360. Kemudian, disusul rilis Xbox One segera setelah Sony mengumumkan akan meluncurkan PS4.

Xbox One X dengan spesifikasi dapur operasi yang optimal seperti CPU 2,3 GHz 8-core, GPU 1,172 GHz 6 teraflop, memori 12 GB GDDR5 dan bandwidth 326 GB per detik, membedakannya dari PS4 Pro. Kemampuan grafik yang sangat baik membuat Xbox One X besutan Microsoft tersebut lebih unggul daripada konsol buatan Sony tersebut.
Sementara itu, untuk menghadapi persaingan sengit Xbox vs PlayStation di tahun 2018 Sony belum merilis perubahan apa yang akan dilakukan oleh PlayStation. Sehingga banyak spekulasi berkembang terkait persaingan kedua konsol unggul ini.

Meski memiliki spesifikasi mumpuni, Xbox mempunyai kelemahan yaitu pada CPU. Seperti dilansir dari Detik.com, baik Xbox One X maupun PS4 Pro memiliki CPU 8-core AMD. Xbox One dapat beroperasi lebih cepat sekitar 200 Mhz, namun tak cukup kuat untuk memaksimalkan kualitas visualnya. Xbox One juga memiliki keunggulan dari sisi stik kontrolernya yang sangat nyaman, ditambah aksesori bernama Kinect yang disaingi dengan PS Eye dari PlayStation besutan Sony.

Kalau Sony mampu membuat versi pengembangan yang mampu mengolah gambar sampai 60 fps, maka konsol besutannya dapat meraih predikat sebagai konsol game terkuat di dunia. Tetapi, menaikkan kemampuan CPU dan GPU perlu peningkatan sistem pendingin, agar bagian tersebut tidak cepat panas.

Peningkatan tersebut tentu memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi, sehingga dari segi harga tak mampu bersaing dengan Xbox One X yang dipatok seharga USD 500 atau sekitar Rp6,7 juta. Jika opsi peningkatan terasa berat, dalam menghadapi persaingan sengit Xbox vs PlayStation di tahun 2018, Sony bisa merilis seri berikutnya dengan spesifikasi yang lebih baik. Menurut rumor yang beredar, Sony baru bisa merilis PS5 pada tahun 2020 mendatang.

Pada generasi berikutnya, Sony harus dapat meningkatkan kemampuan kompatibilitas ke belakang. Karena PS4 seri pertama sempat merajai industri konsol dengan performa yang lebih baik dan beragam konten eksklusif. Apabila backward compatibility tak dapat ditingkatkan, maka Sony akan tertinggal dari pesaingnya dalam menguasai industri konsol.

PS4 dikabarkan akan segera melakukan perbaikan beberapa fitur untuk menghadapi 2018. Mereka akan meningkatkan ketersediaan game dari 150 ke 280 hingga akhir tahun 2018, seperti dilansir dari Express.co.uk. Game eksklusif milik PS4 seperti Last of Us, God of War, dan Gran Turismo diyakini tetap akan memiliki penggemarnya sendiri.

Seiring dengan perkembangannya, keduanya sama-sama merilis produk yang lebih slim. Microsoft dengan Xbox One S dan Sony dengan PS4 Slim.

Demikian ramalan persaingan sengit Xbox vs PlayStation di tahun 2018 yang akan menyebabkan keduanya terus meningkatkan performa dan spesifikasi agar mendapat tempat pada penggemar game di dunia. Jadi, jika harus memilih antara kedua konsol tersebut, manakah yang akan Anda pilih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *