Penanganan Untuk Mengatasi Bluetooth Android yang Error

Penanganan Untuk Mengatasi Bluetooth Android yang Error – Salah satu media berbagi yang masih eksis saat ini ialah Bluetooth. Meski datang banyak pesaing seperti shareit, dan Xender, para pengembang Android masih menanamkan Bluetooth sebagai media berbagi, karena Bluetooth merupakan perintis media yang digunakan untuk berbagi file tanpa menggunakan kabel, maupun sinar inframerah.

Semua jenis file dapat dibagikan melalui Bluetooth, mulai dari foto, gambar, suara, maupun video dapat dibagikan atau dikirimkan ke pengguna Bluetooth lainnya. Layanan berbagi bermacam file ini dilakukan tanpa berbayar, sehingga membuatnya masih diminati sebagian orang untuk berkirim file jarak dekat. Akan tetapi, tidak selalu Bluetooth berjalan mulus, karena terkadang bisa error, tiba tiba mati, atau tidak bisa mengirimkan file sama sekali. Nah, jika anda mengalami hal demikian, berikut solusinya.

Mengatasi Bluetooth Android yang Error

1. Bersihkan File Cache yang ada di Android

File cache pada Android terkadang menghambat beberapa kinerja perangkat lunak pada android sehingga terkadang hal tersebut memicu kesalahan kesalahan yang terjadi pada Android anda.
Bagaimana cara membersihkan File Cache yang dimaksud? Kini cukup mudah, dengan menggunakan aplikasi seperti Clean Master, DU Speed Booster, dan lain lain, anda sudah bisa membersihkan file Cache pada Android anda dengan sekali sentuh.

2. Coba Sandingkan atau Pasangkan (Pair) Bluetooth

Jika terjadi masalah bluetooth tidak mau mengirim file yang ingin kita bagikan, mungkin masalah ini dikarenakan kesalahan pada Bluetooth android anda. Cobalah untuk menyandingkan atau memasangkan Bluetooth anda dengan piranti Bluetooth tujuan terlebih dahulu sebelum mengirim file. Juga pastikan bahwa status Bluetooth anda dan Bluetooth tujuan dalam keadaan “On”.
Hal ini biasanya terjadi pada beberapa tipe ponsel yang hanya mengizinkan perangkat yang tersandingkan atau terpasangkan-lah yang memiliki izin untuk mengirim maupun menerima file. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus via Bluetooth seperti yang gencar dilakukan di Indonesia pada tahun 2008 an yang menyerang Ponsel berbasis sistem operasi Symbian.

3. Restart ponsel Android Anda

Terkadang dengan menyalakan ulang ponsel android anda (Restart) dapat menyelesaikan beberapa masalah, karena Android akan mengulang kembali dan memuat konfigurasi yang sebelumnya telah berjalan dengan baik pada sistemnya. Sementara, bisa juga beberapa konfigurasi yang telah dilakukan baru baru itu, belum lama tersimpan pada RAM sehingga Android mengatur ulangnya.

4. Bersihkan Data

Selain membersihkan Cache, penanganan lain untuk menangani Bluetooth yang error adalah dengan menghapus data. Dengan menghapus data, maka data aplikasi yang ada di Bluetooth juga akan ikut terhapus, dan tidak menutup kemungkinan bahwa error yang terjadi juga ikut hilang.
Cara untuk membersihkan data ialah dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi > Bluetooth. Kemudian pilih Clear Data atau bersihkan data.

5. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Secara sederhana, pada teknisnya, mengembalikan keadaan Android kepada pengaturan pabrik membuat konfigurasi kembali menjadi seperti pada saat baru pertama kali membeli android tersebut. Masalah Bluetooth dapat selesai karena keadaan dikembalikan pada saat awal sebelum Bluetooth mengalami kegagalan pada saat beroperasi.

Lakukan ini merupakan langkah yang umumnya digunakan sebagai pilihan terakhir dalam menangani Bluetooth android yang error, dengan harapan agar Bluetooth dapat berjalan normal kembali seperti sedia kala.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai penanganan bluetooth android yang error. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pengguna Android semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *