Penyebab Dead Pixel Pada Layar Monitor Laptop Dan Cara Mengatasinya

DuniaTeknologi.Info – Pernahkan Anda mendengar istilah dead pixel? Mungkin sangat asing, namun pastinya Anda atau  kenalan pernah mengalami kondisi dimana layar monitor dihinggapi  kotoran berwarna yang menumpuk di beberapa bagian tertentu. Dead pixel ialah titik-titik hitam yang sering muncul di bagian layar monitor komputer atau laptop. Dead pixel akan menyerang layar monitor LCD yang menjadi titik terang di bagian layar. Tentu saja hal ini dirasa sangat mengganggung aktivitas bekerja Anda di depan layar monitor. Kecacatan layar pixel ini memang secara umum menyerang LCD laptop dan biasanya akan terlihat seperti sebuah titik terang di bagian layar sehingga memancarkan warna yang tidak sesuai di komputer atau laptop.

Baca Juga : Tips Mengatasi Keyboard Rusak Dengan Mudah

Stuck pixel sendiri sangat mudah dideteksi pada layar monitor gelap atau berwarna hitam, dimana biasanya akan  muncul beberapa titik yang berwarna kemerahan, hijau, biru hingga akibat kombinasi tiga warna tersebut. Nah, sebelum mengulas lebih banyak mengenai permasalah atau gangguan dead pixel pada laptop kesayangan Anda, maka ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab layar monitor dead pixel berikut ini.

Penyebab Dead Pixel

Secara umum, penyebab utama dead pixel pada PC ialah karena rusaknya transistor di bagian display. Dengan kata lain proses distribusi cairan ke dalam kristal cair display tidak merata. Namun, pastikan Anda tidak panik dan khawatir dengan masalah yang satu ini, karena tentu saja masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Dead pixel bisa diatasi dengan menggunakan software maupun mengan cara manual. Selain menggunakan langkah penanganan tersebut, pastikan Anda selalu memberikan perawatan dan pemeliharaan yang baik untuk komputer maupun laptop kesayangan Anda. Langsung saja simak ulasan ringkas mengenai cara mengatasi dead pixel di bawah ini.

Cara Mengatasi Dead Pixel

  • Mengatasi dengan cara manual

  • Pertama, cobalah untuk menghidupkan layar monitor LCD dan gunakan sebuah background berwarna hitam untuk menemukan posisi dead pixel dengan tepat.

  • Cobalah untuk membersihkannya menggunakan kain lembab dengan melipat kain di bagian jari telunjuk agar tidak berpotensi menggores layar lebih luas.

  • Jika Anda telah mendapatkan posisi dead pixel di bagian layar laptop, maka segera lakukan penanganan khusus dengan cara memberikan tekanan halus seperti memijat pelan di bagian dead pixel pada layar sekitar 10 hingga 20 detik. Setelahnya, matikan kembali layar monitor (turn off) dan cobalah untuk menghidupkannya kembali beberapa saat setelahnya.

  • Pastikan Anda melakukan cara ini berulang-ulang sehingga dead pixel benar-benar hilang. Perlu diketahui, biasanya dead pixel akan hilang sebentar saja dan kemudian akan muncul lagi bahkan bisa jadi dengan ukuran yang lebih besar dengan titik yang lebih banyak.

  • Mengatasi dengan menggunakan software

  • Cara ini bisa Anda lakukan apabila cara manual tidak bisa membantu banyak perubahan. Anda bisa menggunakan sebuah software yang bernama pixel repairer, yakni sebuah program gratis yang bersifat portable tanpa perlu diinstal. Fitur yang dimiliki software yang satu ini juga sangat bagus, seperti membantu mencari dan menemukan dead pixel di layar monitor, kemudian memperbaikinya dengan cara menjalankan aktivitas bekerja pada komputer. Anda hanya perlu mendowaload program pixel repairer kemudian menjalankannya dengan memilih tombol search di bagian kiri atas. Ikuti semua panduan mengenai step menjalankan program pixel repairer untuk membersihkan titik kotoran di layar laptop. Selain itu software ini juga mampu menangani dead pixel pada segala jenis monitor yang terpasang pada layar komputer atau laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *