Penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris serta Solusinya

Penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris serta Solusinya – Printer, perangkat peripheral tambahan PC yang digunakan untuk mencetak hasil pengetikan maupun gambar, dan foto. Printer, hingga saat ini telah membantu banyak penggunanya dalam menyeleseaikan pekerjaannya. Namun, perjalanan printer tidak selalu mulus karena seringkali masalah melanda hasil cetak printer ini. Permasalahan yang akan dibahas di sini adalah hasil cetak yang bergaris garis atau bahkan tidak muncul sama sekali hasil cetakannya. Apa saja sih penyebabnya? Simak informasi berikut:

Penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris dan solusinya

1. Selang infus mengalami masalah

Permasalahan ini hanya akan terjadi pada printer yang menggunakan infus. Untuk pengguna printer dengan infus, biasanya masalah printer bergaris dikarenakan penyumbatan tinta pada selang infus sehingga menyebabkan kurang lancarnya aliran tinta dari penyimpanan tinta menuju cartridge. Masuknya udara sehingga terbentuk celah di antara aliran tinta juga bisa mengakibatkan penurunan kualitas pencetakan. Solusinya, bawa ke tukang servis untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Tinta di dalam cartridge akan habis

Hasil cetak bergaris bisa saja menjadi indikasi bahwa tinta di dalam cartridge akan segera habis. Hasil cetak bergaris tidak selalu menjadi gejala komponen printer yang rusak, melainkan bisa juga sebagai pengingat bahwa tinta di dalam cartridge yang sudah saatnya melakukan isi ulang tinta. Solusinya segera isi ulang tinta Anda.

3. Kualitas Tinta

Kualitas tinta pun dapat mempengaruhi hasil cetak. Kualitas tinta yang kurang cocok dengan tipe cartridge anda juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi hasil pencetakan bergaris pada printer. Biasanya tinta dengan kualitas yang rendah akan menggumpal pada cartridge sehingga mengakibatkan tersumbatnya warna untuk keluar. Untuk itu belilah tinta yang berkwalitas bagus.

4. Masalah Cartridge

Cartridge adalah salah satu komponen vital untuk mencetak gambar maupun pengetikan. Bisa saja karena masa hidup cartridge yang sudah terlalu tua, aliran tinta di dalam tinta tersumbat, terdapat gelembung udara di dalam cartridge, maupun Head cartridge yang sudah lemah akan menimbulkan hasil cetakan yang kurang bagus.

Cartridge memiliki masa hidup sendiri tergantung cara pemakaian, dan pabrikan pembuat. Biasanya jika secara rutin dilakukan perawatan yang baik pada printer, akan memperpanjang masa hidup cartridge dan terhindar dari masalah masalah di atas.

5. Masalah Software Printer

Meskipun jarang terjadi, akan tetapi masalah software printer bisa juga menjadi faktor penyebab hasil cetak bergaris pada printer anda. Melakukan install ulang driver dan software utilitas printer andan mampu menjadi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan ini.

6. Pita Encoder yang Kotor

Sebagian orang tidak akan menyangka bahwa sebuah benda yang melintang dari ujung kanan hingga ujung kiri di dalam printer dan berbentuk seperti mika merupakan sensor atau pita encoder. Apabila pita encoder ini kotor atau terkeda noda cipratan tinta, sensor akan terganggu sehingga hasil cetak dari printer akan bermasalah seperti bergaris garis.

Pita encoder yang kotor dapat dibersihkan dengan cairan pembersih, dalam melakukan pembersihan juga harus sangat hati hati karena apabila pita encoder tergores sedikit saja, maka kerusakan akan bertambah parah. Alih alih hasil cetak menjadi bagus kembali, malahan akan menjadi bergaris garis lebih banyak

Itulah beberapa penyebab hasil cetak printer menjadi bergaris garis. Untuk beberapa masalah memang dibutuhkan penggantian suku cadang karena pertolongan pertama saja tidak akan cukup untuk menanganinya. Dalam penggantian suku cadang pun perlu diperhatikan orisinalitas dan mutu suku cadang tersebut. Jika anda menggantuinya dengan suku cadang lain yang kurang reliabel, maka usia suku cadang tersebut juga tidak akan lama.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab Hasil Cetak Printer yang bergaris. Semoga pengetahuan dan wawasan anda bertambah juga bermanfaat setelah membaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *