Perbandingan Antara Kamera Mirrorles Vs DSLR, Mana Terbaik?

DuniaTeknologi.Info – Teknologi dalam dunia fotografi memang berkembang dengan pesat, makin kesini inovasi teknologi kamera, makin canggih. Salah satu bukti adalah dengan hadirnya kamera mirrorless baru-baru ini, kamera canggih dengan teknologi setara DSLR, namun memiliki bentuk/desain yang lebih ringkas. Kamera ini merupakan hasil inovasi terbaru, yang digadang bisa menggantikan eksistensi DSLR di masa mendatang.

Namun benarkah demikian? Nah, sebagai gambaran, berikut kami bagikan perbandingan  antara kamera mirrorless dengan  DSLR. Silahkan disimak.
Kamera Mirrorless VS DSLR
 
Baik kamera mirrorless ataupun DSLR, sebenarnya memiliki nilai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka untuk mencari mana yang terbaik, kita harus membandingkan kedua kamera ini dari sudut pandang yang sama. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan perbandingan kedua kamera ini, dari beberapa sudut pandang diantaranya:
1. Design Body
 
Salah satu perbedaan yang menonjol dari kamera mirrorless dan DSLR adalah desaign bodynya. Kamera DSLR memiliki dimensi/bentuk yang besar dan berat. Berbeda dengan kamera mirrorless yang lebih terlihat mini dan ringan. Perbedaan pada bodi mirrorless ini terjadi karena kamera ini menghilangkan mirrorbox, yang berisi susunan cermin dan pentaprism yang biasanya terdapat pada kamera DSLR. Sehingga ukurannya lebih ringkas dan simpel.
Nah, sebenarnya kalau ingin menentukan, kamera mana yang memiliki desain body terbaik, itu dikembalikan kepada selera Anda. Sebab Anda yang akan menggunakannya. Namun sebaiknya dalam memilih, Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
 

2. Mekanisme Kerja Kamera

Selanjutnya kita bisa membandingkan kedua kamera ini dari sisi mekanisme kerja saat pemotretan terjadi. Pada kamera DSLR memiliki mekanisme yang lebih rumit dibandingkan dengan kamera mirrorless. Hal ini dikarenakan sistem kerja DSLR masih mengandalkan pergerakan cermin pantul yang ada pada kamera tersebut. Maka Jika kita tidak mengikuti prosedur dengan benar, gerakan dari cermin pantul ini dapat menimbulkan beberapa masalah, diantaranya suara jepretan yang cukup keras, terjadinya goncangan saat pengambilan gambar dan rentan adanya debu yang masuk ke dalam kamera.
Sedangkan yang kita ketahui, bahwa kamera mirrorless dibuat lebih ringkas, tanpa cermin. Sehingga dengan kondisi tersebut, terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki, diantaranya :
  • Tidak terdengar bunyi ketika penjepretan gambar
  • Karena tidak adanya gerakan cermin, maka tidak ada goncangan selama pengambilan gambar, maka gambar yang dihasilkan lebih fokus
  • Meminimalisir adanya kerusakan akibat debu yang masuk ke kamera

 

Namun dengan bentuknya yang ringkas tersebut, terkadang bagi sebagian orang merasa kurang nyaman memegang kamera mirrorless. Hal ini karena bentuk desainnya pegangannya tidak senyaman DSLR.
3. Teknologi Viewfinder
 
Seperti yang kita ketahui, kamera DSLR menggunakan fitur OVF (Optik View Finder) sebagai teknologi viewfinder nya. Dengan menggunakan OVF, tidak live preview dari hasil foto kita. Sedangkan untuk kamera mirrorless sudah menerapkan EVF (Electronik View Finder). Nah, ada beberapa keuntungan dari teknologi EVF ini, diantaranya:
  • Memiliki live preview yang akurat, karena didukung sensor
  • Memiliki manual focus yang kuat
  • Sambil menyusun foto, Anda dapat menumpuk informasi lain.

 

4. Penggunaan Baterai
 
Bagi seorang traveler, pasti menginginkan spesifikasi kamera yang memiliki ketahanan baterai yang lama. Nah, dibandingkan kamera DSLR, baterai kamera mirrorless cepat habis. Sebab penggunaan teknologi LCD dan EVF pada kamera tersebut menggunakan konsumsi baterai lebih tinggi dibanding OVF pada DSLR.
5. Harga Produk
Soal harga biasanya tergantung dari model dan merk dari kameranya. Namun jika kita boleh membandingkan antara DSLR dengan mirrorless pada kelas yang sama, maka harga DSLR akan lebih mahal. Sebab biaya produksi perakitannya lebih besar.
Nah itulah perbaandingan antara kamera mirrorless dan DSLR dari beberapa sisi. Setelah mengetahui informasi diatas, kira-kira Anda lebih memilih yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *