Perbedaan Smartphone Resmi, Replika, BM, dan Refurbish


Perbedaan Smartphone Resmi, Replika, BM, dan Refurbish – Apakah anda pernah mengetahui jika ada segelintir smartphone kelas atas yang dijual dengan harga sangat murah, bahkan jauh dibawah harga pasaran? Jika iya, maka ada baiknya jangan tergiur dulu karena bisa jadi smartphone itu bukanlah smartphone resmi yang diedarkan secara legal, melainkan itu adalah smartphone replika, BM, atau refurbish.

Lalu apakah sebenarnya smartphone replika, BM, dan refurbish itu? Untuk mengetahuinya lebih lanjut disini akan dibagikan ulasan seputar perbedaan dari smartphone resmi, replika, BM, dan refurbish, berikut ulasannya:

Perbedaan smartphone resmi, replika, BM, dan refurbish

1. Smartphone Resmi

Sesuai dengan namanya, smartphone jenis ini adalah smartphone yang diproduksi secara resmi dan secara legal oleh pihak produsen secara langsung. Pada smartphone ini tentunya segala kondisi mulai dari fisik hingga mesin memiliki kualitas yang terbaik karena memang sesuai dengan desain dari pabrikan pihak produsen.

Kemudian pada smartphone resmi ini para pengguna tidak perlu khawatir apabila smartphone-nya memiliki kerusakan karena dapat dengan mudah diklaim untuk garansi secara gratis ke pihak service center. Lalu dikarenakan smartphone ini adalah smartphone resmi maka sudah tentu harga yang dibanderol pun merupakan harga resmi yang dikeluarkan oleh pihak produsen sehingga tak jarang memiliki harga yang cukup mahal.

2. Smartphone ReplikaSmartphone selanjutnya yang akan dibahas disini adalah smartphone replika yang mana saat ini memang cukup banyak beredar di pasaran. Sesuai dengan namanya, yaitu replika, maka sudah dapat dipastikan jika smartphone ini adalah replika atau tiruan dari smartphone yang resmi sehingga dapat dipastikan ini adalah smartphone palsu.

Smartphone replika ini tentunya memiliki kondisi fisik dan mesin yang tidak sesuai dengan kondisi dari smartphone resmi karena memang pada dasarnya smartphone replika ini dibuat oleh produsen secara ilegal dengan menggunakan casing yang semirip mungkin dengan smartphone resmi namun untuk bagian mesinnya menggunakan mesin berspesifikasi rendah yang sangat jauh berbeda kualitasnya jika dibandingkan dengan smartphone resmi.

Dalam kasusnya smartphone replika yang beredar dipasaran sekarang ini biasanya smartphone yang memiliki bentuk mirip dengan smartphone resmi yang saat ini sedang tenar dan memiliki harga mahal, seperti misalnya iPhone 7 atau Samsung Galaxy sehingga smartphone replika dapat menjadi pilihan karena harganya yang jauh lebih murah.

3. Smartphone BMSmartphone Black Market atau yang lebih sering disebut dengan smartphone BM adalah sebuah smartphone resmi yang diproduksi oleh pihak produsen secara legal namun dipasarkan secara ilegal oleh oknum-oknum tertentu. Smartphone BM yang dijual dipasaran biasanya merupakan smartphone High-end yang memang harganya selangit, seperti misalnya Apple iPhone dan Samsung Galaxy.

Jadi, dapat dikatakan jika smartphone BM adalah smartphone asli dengan harga mahal yang dijual dengan harga semurah mungkin dengan proses penyelundupan untuk menghindari biaya cukai / pajak sehingga smartphone ini dapat dikategorikan sebagai smartphone ilegal.

4. Smartphone Refurbish

Smartphone refurbish adalah smartphone resmi yang mana smartphone tersebut sudah pernah rusak sebelumnya namun diperbaharui kembali oleh beberapa oknum secara ilegal. Jadi, dapat dikatakan jika smartphone refurbish adalah barang bekas yang diperbaharui dan dikemas sedemikian rupa sehingga nampak seperti smartphone baru dari pihak produsen resmi.

Smartphone refurbish ini juga masih menyasar smartphone kelas atas seperti apple dan samsung yang mana dijual dengan harga yang sangat murah dan kualitas yang sangat buruk karena memang sebelumnya smartphone ini sudah mengalami kerusakan.

Demikianlah ulasan seputar perbedaan dari smartphoner resmi, replika, BM, dan refurbish, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *