Perbedaan TV LED dan TV LCD yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan TV LED dan TV LCD yang Perlu Anda Ketahui – Beberapa waktu ini perkembangan teknologi sangatlah cepat. Mulai dari smartphone, komputer, bahkan sampai TV sekalipun. Saat ini kebanyakan TV tidak lagi menggunakan tabung yang sangat besar dan merepotkan.

Saat ini ada dua jenis TV di pasaran yang tentunya sama – sama memiliki bentuk lebih slim dan layar yang lebih luas yaitu TV LED dan TV LCD. Sebenarnya apa saja sih perbedaan TV LED dan TV LCD itu? Berikut ulasan selengkapnya.

Perbedaan TV LED dan TV LCD

1. Harga

Pada kedua jenis tv tersebut, salah satu perbedaan yang sangat mencolok adalah tentang harganya. Sebelumnya Kami informasikan sedikit bahwa TV LED memiliki beberapa kelebihan dibandingkan TV LCD. Dengan begitu untuk mendapatkan TV LED, Anda perlu mengeluarkan biaya lebih banyak dibandingkan membeli TV LCD. Namun hal itu bukan menjadi masalah karena Anda akan mendapatkan kualitas dari berbagai aspek sangat baik. Sehingga Anda akan mendapatkan kepuasan maksimal dalam menonton tayangan TV.

2. Daya Tahan

Perbedaan selanjutnya antara TV LED dan TV LCD adalah tentang daya tahannya. Pada TV LED memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingan TV LCD. Kenapa? Karena teknologi pencahayaan yang dimiliki oleh TV LED lebih hemat dalam konsumsi listrik. Dengan begitu, panel LED pada TV pun akan lebih terjaga perfoma dan kondisinya. Namun, yang menjadi kekurangan dari TV LED adalah kesulitan perbaikan dan harga spare-part yang mahal apabila mengalami kerusakan.

3. Konsumsi Listrik

Seperti yang sudah kami singgung di poin satu tadi bahwa pada TV LED memiliki konsumsi listrik yang lebih sedikit dibandingkan TV LCD. Namun perbedaan konsumsi listrik pada kedua TV ini sangatlah tipis. Berbeda dengan konsumsi listrik TV Tabung. Faktor yang menyebabkan hematnya konsumsi listrik adalah material yang digunakan pada kedua TV ini. Untuk LCD menggunakan Liquid Crystal Display dan LED Light Emiting Diode yang tidak memerlukan banyak listrik.

4. Tingkat Kontras

Dari kedua TV ini, TV LED memiliki tingkat kontras yang lebih baik daripada TV LCD. Kenapa bisa begitu? Ini karena teknologi sumber cahaya yang digunakan TV LCD berupa CCFL atau Cold Cathode FLuorescent Lamp. Sementara itu untuk teknologi sumber cahaya TV LED yaitu berupa Light Emiting Diode yang memiliki warna lebih gelap. Selanjutnya, TV LED memiliki cahaya yang kaya warna karena proses penyaringan warna yang lebih lengkap. Lalu untuk TV LCD tidak dapat menghalangi semua cahaya dari backlight, sedangkan TV LED mampu menghalangi beberapa cahaya dari backlight.

5. Ukuran Ketebalan Layar

Sebenarnya perbedaan ketebalan layar pada TV LED dan TV LCD tidak terlalu terlihat, namun apabila Anda memperhatikannya lebih teliti, maka akan mendapatkan perbedaannya. Ya, ketebalan layar pada TV LED berukuran lebih tipis dibandingkan TV LCD. Hal ini karena material pada TV LCD berbahan dasar cairan yang membutuhkan ruang lebih besar.

6. Teknologi Back Lightning

Perbedaan terakhir dan merupakan yang paling utama adalah tentang teknologi back lightning pada kedua TV LED dan LCD. Seperti yang sudah kami singgung diatas tadi bahwa teknologi back lightning pada kedua TV ini berbeda. Pada TV LCD menggunakan Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL), sedangkan untuk TV LED menggunakan Ligth Emiting Diode (LED). Sistem kerja yang digunakan keduanya pun sama yaitu untuk menyeleksi warna – warna yang terpancar pada backlight. Ada dua jenis TV LED diantaranya RGB LED dan EDGE LED. Apa bedanya? Untuk RGB LED meletakan lempengan LED di posisi belakang panel, sedangkan EDGE LED meletakan panel LED pada sekeliling layar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *