Rahasia Smartphone China Bisa Murah


DuniaTeknologi.Info – Didunia pasar smartphone yang beberapa dikuasai oleh China seperti Apple dan Samsung, namun vendor smartphone dari Tiongkok mulai menunjukkan tajinya.Apple dan samsung kini banyak memiliki kompetitor seperti Oppo, Huawei, Vivo, Advan yang mulai merangkak naik ditas lima persen.

Yang mengherankan smartphone dengan brand yang bisa dibilang baru mampu bersaing dengan perusahaan raksasa yang sudah berkelas internasional dan dikenal dunia namun memiliki harga miring yang jauh dibanding perusahaan raksasa tersebut.

Mengapa bisa seperti berikut dunia teknologi merangkum dan mengutip dari liputan6.com sehingga smartphone China bisa murah bahkan sangat murah rahasia yang akan kita buka.

1. Tenaga Kerja Upah Murah

Di China yang merupakan salah satu penduduk terbanyak di dunia tentunya menawarkan banyak tenaga kerja sehingga menjadikan upah tenaga kerja menjadi murah. Vendor pun senang berbondong-bondong investasi untuk membangun pabrik karena upah terendahdi dunia ada di China.

2. Bahan Baku Melimpah

Tiongkok merupakan salah satu negara pembuat smartphone di dunia.Disana selain tenaga kerja yang murah juga bahan baku yang melimpah dimiliki oleh China.Bahkan dari 17 bahan bumi yang langka 16 diantaranya ada disana untuk memproduksi smartphone. China disebut menghasilkan 95% bahan bumi yang langka.Sebagai perbandingannya ada di India 2,5% dan Amerika Serikat 13%.

3. Teknologi Lama

Untuk menyeimbangkan antara harga, efisiensi dan kinerja ada beberapa komponen yang masih menggunakan teknologi yang lama. Seperti yang sekarang sudah menggunakan DDr4 terbaru namun mereka masih menggunakan Ram DDR3. Selain itu layar yang digunakan kualitasnya mungkin lebih rendah jika dibandingkan panel amoled atau IPS yang digunakan vendor terkemuka,

4. Biaya Marketing Murah

Untuk menekan biaya marketing China fokus melalui penjualan online perusahaan seperti Apple dan Samsung telah banyak menghabiskan uang untuk membangun toko, service center dan ekosistem untuk meningkatkan layanan purna jual. Itulah alasan utama kenapa smartphone Samsung yang memiliki spesifikasi sama dengan smartphone China dibanderol dengan harga yang mahal.

Sementara China lebih mengandalkan penjualn online untuk mendongkrak nilai penjualan terutama vendor baru yang mencoba pasar smartphone di Indonesia. Dengan begitu tidak ada biaya tambahan yang dikeluarkan dan bisa menekan harga ponsel lebih murah.

5. Marketing Murah

Peluncuran smartphone murah dan memiliki spesifikasi yang tinggi Xiaomi yang baru pun berhasil menjadi terkenal tanpa menghabiskan banyak biaya pemasaran. Beberapa pabrikan China tau benar bagaimana memanfaatkan televisi dan jaringan internet untuk menjaring pasar.

6. Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan yang kurang diperhatikan oleh vendor China menjadi hampir tidak ada karena hanya sedikit yang melakukan penelitian dan pengembangan. Berbeda jauh dengan vendor raksasa seperti google, Apple, Microsoft dan Samsung yang mengeluarkan dana tidak sedikit hanya untuk penelitian dan pengembangan yang mereka lakukan.

7. Menjaga Kualitas

Dengan semakin menjamurnya produk smartphone China mereka tentunya tidak mau kehilangan pelanggan dengan bukan hanya menonjolkan harga yang murah namun juga memberikan kualitas dan layanan yang memuaskan. Mulai 2016 China terus mengembangkan smartphone premium dengan kualitas yang baik dan bukan hanya harga yang murah.

Bisa kita sebut Huawei yang meluncurkan sumber daya ke departemen perancangan perangkat yang dikepalai oleh mantan desainer Samsung Joon Suh Kim sementara Oppo berupaya mencipatakan perangkat unggulan berkualitas diatara produk yang bersaing.

Satu tanggapan untuk “Rahasia Smartphone China Bisa Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *