Sandisk Umumkan Kartu Micro SD Dengan Kapasitas Terbesar Di Dunia

DuniaTeknologi.Info – Photokina 2016 kini resmi diadakan di Cologne, Jerman, pada tanggal 20 – 25 September 2016. Ajang ini merupakan sebuah pameran yang menampilkan gadget – gadget keluaran terbaru untuk keperluan fotografi seperti halnya kamera, lensa kamera, hingga media penyimpanan dalam kamera tersebut. Tak hanya model – model kamera saja yang diperkenalkan, namun beberapa perusahaan kartu memori pun mulai menunjukkan keunggulannya melalui produk – produk baru yang dirilis di ajang pameran ini.

Salah satunya adalah Sandisk yang untuk pertama kalinya merilis kartu memori berjenis micro SD dengan kapasitas penyimpanan 1 terabyte (TB). Sandisk Micro SD 1 TB tentunya membuat tak hanya pesaing – pesaing sesama perusahaan kartu memori menjadi tercengang, namun produsen gadget pun akan dikagetkan dengan hal luar biasa ini. Pasalnya kartu memori yang diluncurkan oleh Sandisk ini merupakan kartu memori micro SD dengan kapasitas penyimpanan terbesar di dunia, dibandingkan produk kartu memori Sandisk sebelumnya.

Kartu memori besutan Sandisk ini berseri Extreme Pro dengan kapasitas penyimpanan yang mungkin bahkan lebih besar dari pada kapasitas penyimpanan laptop anda sendiri. Sebelumnya Sandisk juga merilis kartu memori jenis micro SD dengan kapasitas 512 GB, diprediksikan kecepatan transfer datanya akan sama atau bahkan lebih cepat dari seri Extreme Pro 512 GB ini. Kecepatan transfer data untuk kartu memori Sandisk dikenal sangat cepat, hingga 95 Mbps. 30 lebih file dengan ukuran kurang lebih 3 MB akan tertransfer hanya dalam waktu hitungan detik.

WD, atau pemilik perusahaan Sandisk ini menyatakan bahwa alasannya menciptakan kartu memori dengan kapasitas terbesar di dunia ini adalah untuk kebutuhan para fotografer maupun videographer supaya lebih produktif. Terutama di era modern ini yang memunculkan standar video 4K dengan resolusi yang tinggi dan tentunya akan memakan banyak ruang dalam kapasitas penyimpananannya. Terlebih dengan adanya video 30 derajat hingga teknologi VR (Virtual Reality).

Dengan diumumkannya kartu memori besutan Sandisk dengan kapasitas hingga 1 terabyte (TB) ini masih menjadi tanda tanya bagi konsumen, pasalnya belum ada detail lebih lanjut mengenai kapan resminya kartu memori ini akan dipasarkan dan berapa harga pastinya. WD juga menjelaskan bahwa kartu memori ini di masa depannya nanti siap menampung video beresolusi 8K yang merupakan 2x lipat lebih besar dari pada resolusi 4K saat ini.

Menengok kembali kepada 16 tahun lalu dimana Sandisk juga pertama kali meluncurkan kartu memori andalan pertama mereka dengan kapasitas hanya 64 MB. Hingga kemajuan teknologi saat ini memungkinkan perusahaan ini membuat kartu memori terbarunya yakni dengan kapsitas 512 GB yang masih memegang peranan sebagai kartu memori micro SD dengan kapasitas paling besar di dunia, bahkan dengan pengumuman versi micro SD Extreme Pro berkapasitas 1 terabyte (TB) ini.
Bagaimana pun, kedatangan kartu memori micro SD Extreme Pro dengan kapasitas 1 TB ini perlu dinanti – nantikan.

Kartu memori micro SD ini juga dijuluki kartu SDXC (Extended Capacity) yang memang sengaja dibuat untuk mengamankan data – data berkapasitas besar. Kartu SDXC sudah direncanakan terlebih dahulu oleh SD Card Assosiation dengan harapan mampu menampung data hingga 2 TB, namun Sandisk rupanya lebih mendahului asosiasi ini dengan SDXC 1 TB.

Menghitung harganya sendiri di Indonesia, akan memungkinkan untuk mencapai lebih dari jutaan rupiah. Karena kartu SDXC Extreme Pro sendiri dengan kapasitas 512 GB dibanderol harga 8 jutaan rupiah di beberapa outlet – outlet gadget tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *