Hal Dasar Yang Wajib Diketahui Sebelum Memutuskan Membeli Drone

DuniaTeknologi.Info – Apakah Anda salah satu penggemar atau pengguna drone? Jika iya, selain Anda harus mengetahui jenis-jenis drone maka sudah sepatutnya Anda mengetahui beberapa poin penting yang wajib diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli dan menggunakan drone. Seorang pilot drone wajib mengetahui segala hal mengenai drone, seperti model unitnya, pengaturan kontroler, mekanisme penerbangan drone hingga peraturan cara menerbangkannya dengan aman dan terkendali.Langsung saja, simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai poin dasar yang wajib dipertimbangkan sebelum Anda membeli sebuah drone terbaik.

Tidak Semua Drone Siap Untuk Diterbangkan

Pastikan saat Anda melihat dan memilih sebuah drone incaran, maka pastikan untuk memahami dengan benar mengenai beberapa istilah penting yang sering ditemui di dalam drone yang dijual. Jangan sampai salah karena hebatnya, Drone sekarang juga mapu mendeteksi dan menghancurkan ranjau darat.Beberapa diantaranya ialah seperti berikut:

RTF (Ready To Fly) yang berarti sebuah drone sudah siap untuk diterbangkan. Drone yang memiliki quadkopter RTF ialah jenis drone yang tidak membutuhkan proses perakitan lagi. Dengan kata lain, para pembeli tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum menerbangkan drone tercintanya. Beberapa hal sederhana yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi baterai hingga penuh, mengatur koneksi kontroler hingga memasang baling-baling dan beberapa lainnya.

ARF (Almost Ready To Fly) berarti hampir siap untuk diterbangkan, kotak ARF menyerupai sebuah kotak perlengkapan penerbangan yang dilengkap berbagai transmitter dan beberapa bagian lainnya yang perlu ditambahkan. Perlengkapan drone ARF ada kalanya tidak dilengkapi motor, kontroler, ESC hingga bahkan tidak memiliki baterai.

BNF (Bind And Fly) berarti sebuah rangkaian penerbangan drone yang wajib dipelajari. Sebuah BNF quadcopter biasanya telah dirakit dengan lengkap meskipun tidak dilengkapi dengan sebuah kontroler. Jika drone jenis BNF, maka Anda harus memiliki kontroler yang cocok dan kontroler yang terpisah.

Tidak Semua Drone Mudah Untuk Diterbangkan

Jika Anda telah yakin untuk beli drone, maka hal lainnya yang wajib Anda ketahui ialah jika menerbangkan sebuah drone itu tidak mudah dan bahkan cukup sulit untuk para pemula. Terlebih jika Anda belum mengetahui dengan baik semua hal mengenai cara penerbangan hingga mekanisme mengendalikan drone. Pada dasarnya, sebuah drone quadcopter sangat sulit untuk diterbangkan, namun karena komponen komputer di dalamnya sebuah drone menjadi lebih stabil untuk diterbangkan. Selain itu, setiap drone pada dasarnya memiliki mekanisme penerbangan yang berbeda dan sangat tergantung pada cara kontroler settingnya. Level kemampuan untuk menerbangkan sebuah drone pun berperan penting dan selalu menjadi pembahasan penting yang dilakukan oleh para pengguna drone.

Membutuhkan Investasi Tahap Awal

Bagi para pecinta drone, memiliki dan menerbangkan drone membutuhkan pertimbangan yang cukup besar karena akan membutuhkan dan menghabiskan budget dalam jumlah yang cukup besar. Dengan kata lain para pengguna perlu menginvestasikan sejumlah uang dan waktu secara bijak menggunakan dan menerbangkan sebuah drone. Beberapa investasi yang harus Anda perlukan ialah seperti berinvestasi pada kontroler yang baik, membeli charger yang bagus, menginvestasikan sejumlah uang untuk meneliti kompone drone yang baik.

Menjadi Bagian Komunitas Drone

Ya, inilah yang menarik bagi para pengguna drone karena setiap orang yang mempunyai drone harus menjadi bagian dari komunitas drone, baik secara offline maupun online. Anda bisa saling bertukar informasi dengan orang lain mengenai kesenangan dan hobi yang sama. Kini telah banyak forum offline dan online yang bisa Anda gunakan untuk menemukan sekaligus menjawab segala pertanyaan seputar drone yang ingin Anda ketahui. Itulah beberapa hal dasar yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan beli drone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *