Sony Akan Hentikan Produksi PS Vita

DuniaTeknologi.Info – Sony akan menghentikan produk PS Vita di Jepang pada tahun depan 2019.Mereka juga kabarnya tidak berencana memproduksi produk baru sebagai pengganti PS Vita.

Hal ini dikatakan langsung  oleh Hiroyuki Oda, Senior Vice President dari Sony Interactive Entertainment. Seperti dilansir dari Famitsu, Oda mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk merilis handheld baru sepeninggal PS Vita nantinya.

“Dalam waktu dekat ini, kami tidak memiliki rencana apa-apa untuk device handheld baru,” ungkap Oda. “Di Jepang, kami akan memproduksi PS Vita hingga tahun 2019. Setelah itu, distribusi PS Vita akan berakhir,” lanjutnya.

Usia PS Vita sendiri bisa dibilang masih terlalu “muda” di pasaran. Bahkan lebih muda dari kakaknya, PSP. Sebagai informasi, PS Vita pertama kali dijual di Jepang pada Desember 2011 lalu. Jika itu benar tahun 2019 menjadi produksi terakhir dari PS Vita, maka usianya hanya delapan tahun saja. Bandingkan dengan PSP yang bisa mencapai usia sepuluh tahun, dari tahun 2004 hingga 2014 lalu.

Hingga 2019 di Jepang, PS Vita akan diproduksi dan saat ini ada rencana untuk pengganti, wakil presiden senior Sony Interactive Entertainment Hiroyuki mengatakan kepada Famitsu di Tokyo Game Show 2018.

Dalam berita terkait, Oda menegaskan bahwa 20 judul berbeda antara Jepang dan barat. (Semua judul bersama dibagikan, namun Oda mengatakan bahwa setiap judul dipilih secara hati-hati dengan dasar bahwa itu sangat populer, memiliki banyak penggemar, dan merupakan perwakilan dari PlayStation.

Dalam pernyataan ini, Oda tidak menjelaskan lebih jauh bahwa penghentian juga berlaku di pasar global atau hanya di Jepang.

Keputusan ini sendiri hanya berlaku setelah Sony mengumumkan bahwa mereka akan merilis PlayStation Classic untuk merayakan ulang tahun ke 25 PlayStation.

PS Vita dirilis pada tahun 2011 sebagai penerus PlayStation Portable (PSP). Namun PS Vita gagal menyamai popularitas pendahulunya.

Hanya 16 juta unit PS Vita yang diperkirakan telah terjual di seluruh dunia, jauh dibandingkan dengan 80 juta unit PSP. Namun, PS Vita tetap populer di negara kelahirannya.

Kelahiran PS Vita relatif mirip dengan meningkatnya popularitas mobile gaming. Itu membuat Sony harus bekerja lebih keras untuk membeli sistem game portabel khusus seperti Vita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *