var id = "540ebd4a857f0b5e99822fed808f864ad98ab4c2"; class="post-template-default single single-post postid-5200 single-format-standard wp-custom-logo ">

Ada Suster Robot di Rumah Sakit Ini. Begini Kerjanya

Jika kita masuk ke dalam suatu rumah sakit, sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap pasien akan dirawat dan dilayani oleh seorang suster. Baik itu pada saat merawat maupun membantu membawakan obat dan keperluan lainnya. Tapi ada sesuatu yang beda di rumah sakit Universitas Nagoya Jepang dan salah satu rumah sakit di China yang dikabarkan akan mempekerjakan suster robot untuk mengganti beberapa tugas suster di rumah sakit.

Rencananya, tugas suster robot ini ialah membantu membawakan peralatan yang diperlukan. Baik oleh semua pasien maupun peralatan yang diperlukan oleh dokter maupun suster yang bertugas di rumah sakit tersebut.

Menurut penjelasan direktur rumah sakit, Akata Naoki Ishiro, seperti yang dilansir oleh The Asahi Shimbun memaparkan bahwa beban kerja kini dapat dikurangi dengan hadirnya robot tersebut. Pihak rumah sakit pun berharap bahwa perawat dan profesional lainnya bisa jauh lebih berkonsentrasi pada tugas-tugas utama.

Beberapa Peranan dan Sistem Kerja Suster Robot di Jepang

Sistem robot untuk membantu intansi kesehatan di jepang dikembangkan oleh dua pihak yakni Universitas Nagoya dan Toyota Indiustries Corp. Robot ini pun mampu menjalankan basis teknologi kendaraan roda empat tanpa sopir yang dimiliki oleh perusahaan Toyota Motor Corp. Untuk kecanggihan dalam layanan, robot yang memiliki desain dan bentuk mirip kulkas ini telah dibekali dengan sebuah kamera 360 derajat dan radar. Robot memiliki ukuran tinggi sekitar 1,25 meter dan lebar 50 cm.

Baca juga:

Peranan suster robot pun bisa menjadi alat pengangkut untuk berbagai keperluan medis. Hal ini karena robot tersebut mampu membawa beban kapasitas hingga 90 liter air. Rumah sakit yang akan mempekerjakannya, rencananya akan mengerahkan 4 buah robot sekaligus untuk ditempatkan di sana.

Rencananya, robot suster akan terus hilir-mudik pada beberapa titik. Beberapa tempat yang akan menjadi jalur edarnya diantaranya seperti Departemen Farmasi, Surgical Intensive Care Unit, Departemen Laboratorium Klinik hingga ke bangsal-bangsal rumah sakit.

Robot yang berbentuk mirip kulkas ini tidak hanya akan menjalankan tugas-tugas untuk keperluan keperawatan pasien saja, bahkan robot ini mampu menampilkan keramahan. Ketika robot berpapasan dengan orang yang sedang berjalan di rumah sakit, maka akan secara otomotis memberikan ruang untuk para pejalan kaki yang lewat. Selain itu, memiliki fitur canggih untuk menyapa setiap orang lewat.

Robot Suster di Rumah Sakit China

Selain Jepang, China pun menerapkan sistem sama. Dengan hadirnya robot tersebut mampu menjalankan tugas untuk melakukan perawatan dan menggantikan hingga 4 orang suster sekaligus.

Robot ini diberi nama Noah. Aktivitasnya adalah berkeliling rumah sakit sambil membawa berbagai macam obat-obatan, dokumen, dan juga berbagai macam peralatan bedah. Bobotnya mencapai 330 kilogram. Noah adalah sebuah robot yang menggunakan teknologi GPS. Selain itu mampu menavigasi sayap kompleks rumah sakit serta mampu membawa barang 10 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan 1 orang staff manusia di rumah sakit tersebut.

Namun, sayangnya pada saat berita tersebut dirilis, suster robot ini masih dalam tahapan percobaan. Seorang wakil dekan Kedokteran Zhang Zhiyao menjelaskan bahwa pihak rumah sakit menambahkan robot untuk digunakan dalam menjalankan berbagai tugas tambahan.

Melihat perkembangan teknologi ini, selayaknya generasi muda juga harus semangat berkreasi. Negara pun harus hadir mendukung perkembangan para generasi penerus. Semoga Indonesia segera bisa buat suster robot juga ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *