Musim Penghujan Tiba, Ini Tips Aman Dari Petir

Saat musim hujan, tidak hanya berisiko membuat kita kebasahan saja, namun juga ada petir yang menyambar disertai kilat. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai tips aman dari petir. Pasalnya, sambaran petir tersebut tidak bisa kita anggap enteng.

Tidak sedikit insiden orang yang mengalami luka hingga kehilangan nyawa akibat sambaran petir. Untuk itulah, simak tips-tips agar terhindar dari sambaran petir berikut ini.

Tips Aman Dari Petir: Segera Masuk ke Dalam Bangunan

Cara terbaik untuk berlindung saat petir sedang menyambar adalah masuk ke dalam ruangan tertutup. Sangat disarankan Anda masuk ke dalam rumah, gedung, atau kendaraan yang lebih aman. Anda sangat tidak dianjurkan berada di ruangan terbuka ketika petir menyambar. Jika bisa segera masuk ke tempat tertutup, maka lakukanlah.

Merendahkan Tubuh Hingga Dekat ke Tanah

Langkah berikutnya yang terbaik untuk berlindung adalah merendahkan posisi tubuh hingga berada sangat dekat dengan tanah. Sebab, jika Anda menegakkan tubuh hingga tinggi tegap, bisa jadi akan lebih berisiko terkena sambaran petir.

Baca Juga Tips Lainnya:

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda sedang berada di tempat terbuka, dan jauh dari ruangan yang tertutup.  Contohnya seperti ketika Anda sedang mendaki gunung. Juga bisa diterapkan sebagai cara menghindari petir di sawah. Namun, disarankan Anda tidak melakukan aktivitas outdoor saat musim hujan, terutama seperti mendaki atau berkemah, karena lebih berisiko tinggi akibat cuaca buruk.

Berlindung di Dalam Mobil

Berada di dalam mobil yang tertutup sekalipun memang tidak seaman di dalam bangunan. Namun, ini merupakan pilihan terbaik yang lebih aman, dibandingkan jika Anda berada di luar ruangan.

Alasan yang menjadikan mobil aman untuk berlindung adalah karena bodinya yang terbuat dari logam. Jadi, ketika petir menyambar maka akan terpantul dari bodi mobil ke tanah. Memang tidak menjamin aman seratus persen, namun memang jauh lebih baik dibandingkan jika Anda berada di ruangan terbuka.

Menghindari Kontak dengan Air

Banyak yang meyakini bahwa air dapat menarik petir. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Meski demikian, air merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Jadi, saat menyambar air, petir bisa menjalar hingga radius yang jauh.

Jika Anda sedang berada di pantai, kolam renang, atau danau, dan terdengat suara petir mulai bergemuruh, maka segeralah mencari perlindungan. Jika memungkinkan lakukan perlindungan seperti langkah-langkah di atas. Yang jelas, sangat tidak aman jika Anda berada di ruangan terbuka, apalagi dekat dengan air.

Hindari Tenda dan Paviliun

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa aktivitas outdoor apapun sebaiknya dihindari dulu saat musim hujan. Namun, bila sudah terlanjur maka yang bisa Anda lakukan adalah antisipasi perlindungan. Ketika petir mulai menyambar, sebaiknya Anda tidak berlindung di dalam tenda atau di paviliun yang terbuka.

Banyak tenda atau paviliun yang memiliki kerangka berbahan logam atau bahan konduktif lainnya. Jadi, jika berlindung di bawahnya, maka sama saja risikonya bagi Anda seperti berdiri di bawah pohon yang tinggi. Masih lebih aman untuk berlindung di dalam mobil atau berlari ke dalam ruangan tertutup.

Selalu Periksa Ramalan Cuaca Sebelum Pergi

Hal ini sebenarnya penting namun terkadang cukup disepelekan. Jika Anda akan berada di luar untuk waktu yang lama, serta jauh dari bangunan terdekat atau mobil Anda, maka periksa dulu perkiraan cuaca lokal sebelum Anda meninggalkan rumah.

Namun, ingat juga bahwa perkiraan cuaca di tempat Anda mungkin tidak sama dengan cuaca di tempat yang Anda tuju. Jadi, pastikan Anda selalu siap untuk menerapkan tips aman dari petir saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *