Tips Jitu Agar Akun Sosmed Terhindar dari Kejahatan Hacker

Dalam Dunia Maya Ada Saja Hacker Yang Mencoba Membuka Akun Sosmed Anda

DuniaTeknologi.Info – Akun pribadi yang seharusnya menjadi privasi, kini bahkan menjadi santapan publik akibat ulah para hacker yang tidak bertanggungjawab. Mungkin jika yang tersebar adalah hal-hal yang  wajar tak terlalu masalah, namun jika yang tersebar adalah foto atau video pribadi yang tidak pantas dikonsumsi publik, tentunya merupakan masalah besar.

Meskipun kadang-kadang kita sudah mengetahui Cara Paling Umum Yang Digunakan Hacker terkadang melalui email, phising, interaksi, dan hanya menebak saja.Nah, untuk itu kami sarankan membaca dan menerapkan tips agar akun sosmed terhindar dari hacker berikut ini. Supaya jangan sampai akun anda menjadi korban hacker selanjutnya.

Tips  Agar Akun Sosmed Terhindar dari Hacker

1. Gunakan Password Kuat

Ketika kita sedang membuat password pada sebuah akun baru, seringkali ada peringatan “password lemah, sedang, ataupun kuat”. Saat Anda mengetikkan password dan muncul peringatan “password lemah” artinya password Anda dalam kategori lemah, dan hal ini beresiko bahwa akun Anda mudah dibobol hacker. Untuk itu ganti password Anda hingga ada notifikasi bahwa “password kuat” untuk meminimalisir terjadinya pembobolan akun.

Password yang kuat bisa terdiri dari angka, huruf, maupun karakter. Untuk itu gunakan kombinasi antara angka, huruf, dan karakter agar tidak mudah di bobol. Nah, jika Anda khawatir lupa dengan password yang Anda buat. Maka catat password pada catatan pribadi Anda.

2. Gunakan Password yang Unik

Cara agar akun sosmed terhindar dari hacker yang kedua selain menggunakan password yang kuat, gunakan pula password yang unik. Cari kata-kata unik yang bisa Anda jadikan password. Password kata-kata pasaran seperti tanggal lahir, nama makanan, atau kata-kata pasaran seperti I love you, dan lain sebagainya tentu akan lebih mudah dibobol hacker. Untuk itu buatlah kata-kata unik, yang hanya Anda sendiri yang tau karena Anda sendiri yang menciptakan.

3. Gunakan Password Manager

Nah, jika Anda kesulitan mengurus berbagai password dari beberapa akun yang berbeda, Anda bisa menggunakan Password Manager untuk membantu Anda. Anda bisa gunakan password manager secara online maupun lokal. Password manager online misalnya LastPass yang dapat menyimpan semua password akun yang Anda miliki. Hal ini bisa membuat Anda secara otomatis login ke akun yang Anda inginkan.

Selain menggunakan password manager online, Anda juga bisa menggunakan password manager lokal, misalnya Keepaas. Keepass memiliki fungsi yang sama dengan LastPass, akan tetapi tetap dapat bekerja dalam jaringan lokal.

4. Two-Factor Authentication

Cara agar akun sosmed terhindar dari hacker selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur Two-Factor Authentication. Jika Anda hanya menggunakan password manager online, masih dikhawatirkan hacker dapat melakukan aksinya membobol akun Anda. Maka dari itu, gunakan fitur Two-Factor Authentication. Jadi, disaat Anda memasukkan password ke akun Anda, maka Anda juga akan diminta untuk memasukkan kode yang telah di kirim ke akun Anda. Dengan begitu hacker akan kesulitan membobol akun Anda, karena hacker bukan hanya membutuhkan password online, akan tetapi membutuhkna kode ponsel juga.

5. Gunakan Email Recorvery Password yang Berbeda

Lupa password akun sosmed memang sering terjadi. Namun, walaupun Anda lupa password, Anda masih bisa melakukan resset password yang akan dikirimkan pada email Anda. Nah, disini biasanya hacker mulai beraksi dengan masuk ke email utama akun Anda dan mengetahui password terbaru yang Anda resset. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan email khusus yang digunakan untuk melakukan recovery password.

Nah, itulah diatas beberapa cara agar akun sosmed terhindar dari hacker dan mungkin ada juga Tips Jitu Agar Ponsel Aman Dari Spying Untuk itu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan sosial media. Hal-hal yang bersifat pribadi dan penting jangan semua di unggah dalam sosial media, untuk menghindari kemungkinan terburuk akun di jahili hacker. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *