Tips jitu Agar Ponsel Aman Dari Spying yang Merugikan

DuniaTeknologi.Info – Pastinya, smartphone anda merupakan suatu barang yang amat berharga. Di spartphone anda bisa menyimpan berbagai jenis informasi mengenai diri anda sendiri baik alamat rumah, kontak, data perbankan, email dan masih banyak informasi yang lainnya.

Baca Juga : Masalah Yang Kerap Muncul Pada ios 10 Dan Cara Mengatasinya

Sebagai orang awam, kita seringkali tidak mengindahkan akan kerahasiaan data pribadi kita. Yang mana bahayanya, informasi-informasi tersebut bisa saja disalah gunakan para hacker yang terkadang kita tidak menyadari bahwa data kita telah diretas, untuk tujuan demi keuntungan mereka. Itulah sebabnya, kita harus menjaga informasi didalam smartphone kita supaya aman dan tidak bisa disalahgunakan.

Nah, terkait hal tersebut, berikut ini kami akan bagikan tips agar ponsel  aman dari spying bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasann singkat ini.

Tips jitu  Agar Ponsel Aman Dari Spying yang Merugikan

1. Mengunci Layar Utama Dengan Pascode yang Rumit

Kita sering lalai dan mengabaikan pentingnya untuk memberikan pengamanan pada screen lock dengan passcode yang rumit. Karena kita merasa tidak penting dan merasa aman. Disamping itu membuka ponsel puluhan kali dalam sehari, akan mengakibatkan kerepotan dan malah menghabiskan waktu.

Kembali kepada fungsinya, fitur screen lock adalah  salah satu cara agar ponsel aman dari spying dan pengaman paling utama ponsel anda. Penggunaan swipe pattern dan kombinasi angka pada screen lock akan menambah kerumitan pengamanan ponsel anda, yang bahkan komputer pun akan kesulitan untuk membukanya.

2. Mode Terbang

Jika ponsel anda sedang tidak dalam keadaan aktif, maka disarankan untuk mengaktifkan mode terbang. Ini bertujuan agar ponsel tidak mengirimkan informasi ke menara cell power tanpa sepengetahuan anda. Jaringan mobile bisa menjadi tujuan utama para peretas dan penyadap untuk menjebol keamanan ponsel.

3. Enkripsi Ponsel

Enkripsi adalah suatu proses penerapan alogaritma pada pesan, untuk mmengacak data didalamnya sehingga sulit untuk dibaca tanpa kode dan passcode khusus. Hal ini dapat diterapkan oleh ponsel anda dimana semua data di enkripsi.

Dengan mengenkripsi ponsel anda, maka setiap anda akan mengakses informmasi tersebut anda akan diminta memasukan passcode dahulu. Partinya akan menjadi lebih repot, tetapi ini merupakan cara agar ponsel aman dari spying.

4. Menggunakan Firewall

Ponsel akan sama layaknya seperti sebuah komputer, perangkat ponsel juga membutuhkan pengamanan atau lebih familiar dengan istilah firewall. Caranya bagaimana? Anda bisa memilih software VPN, antivirus, firewall dan sebagainya yang tersedia untuk ponsel Android maupun IOS.

Banyak software pengaman yang gratis, tetapi sebaiknya anda membeli yang berbayar. Software berbayar akan menyediakan pembaruan secara berkala, karena sistem keamanan harus diperbaharui secara rutin, mengikuti perkembangan virus dan ancaman yang juga semakin cangih

5. Jangan Sembarangan Login Wifi

Saat ini hampir disetiap sudut mall, restoran, bandara dan tempat-tempat umum sudah menyediakan wifi gratis. Wifi bisa dijadikan sarana untuk bisa mengakses ponsel kita, dengan demikian semua data rahasia dengan mudah akan bisa diretas. Disarankan gunakanlah VPN saat anda mengunakan wifi. Jangan melakukan transaksi perbankan melalui wifi publik. Karena bisa saja ada yang mencoba mencuri koneksi wifi Anda,jadi tidak ada salahnya Anda membaca artikel duniateknologi tentang Trik Melihat Adanya Pencurian Koneksi Wifi.

6. Gunakan Browser Bawaan Perangkat Ponsel

Pernahkah ketika anda sedang browsing, tiba-tiba muncul notifikasi untuk mendownload aplikasi browser dengan nama tertentu? Pastinya pernah ya, jangan pernah mengunakan browser selain browser bawaan ponsel anda sendiri.

Para hacker dan peretas bisa melakukan aksinya dengan membuat aplikasi seperti contoh aplikasi browser selain browser bawaan ponsel anda adalah cara agar ponsel aman dari spying.

Nah, kita sudah membahas cara agar ponsel aman dari spying. Tips-tips diatas bisa anda terapkan di ponsel kesayangan anda, tetap selalu waspada terhadap aplikasi-aplikasi gratis dan wifi hotspot yang banyak kita temukan dimana mana.

Ditulis oleh : Jonathan Febrian
Sumber : https://jalantikus.com/tips/cara-menjaga-ponsel-dari-usaha-spying/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *