Tips Memilih Dan Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik

DuniaTeknologi.Info – Banyaknya kebutuhan data setiap pengguna komputer ataupun kebutuhan media penyimpanan untuk game, musik dan data kerja kian hari semakin meningkat. Hal ini menjadi kebutuhan mendasar namun kapasitas dari komputer atau laptop yang kurang memadai terkadang juga menjadi halangan untuk menyimpan data. Belum lagi sebagai alternatif lain untuk menjaga data agar tidak hilang maka dibutuhkan backup menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal begitu nyata dan penting kehadirannya.

Aplagi hardisk di dalam laptop lebih susah diganti ketimbang komputer.  Disini untuk laptop dibutuhkan sedikit keberanian bagi Anda yang belum ahli atau sekedar coba-coba yang bisa malah membuat rusak hardisk internal laptop Anda. Terkadang bagi pecinta game seperti playstation juga membutuhkan hardisk eksternal untuk menyimpan game-game baru yang kapasitasnya tidak bisa kita bilang kecil. Banyaknya pilihan hardisk eksternal dengan berbagai merek dan tipe kini banyak bermunculan yang membingunkan untuk Anda memilih yang mana yang terbaik.

Rekomendasi Hardisk Eksternal yang bisa Anda beli :

  1. Beli Hardisk Eksternal di BliBli
  2. Beli Hardisk Eksternal di Lazada

Bagaimana memilih hardisk eksternal yang bagus menjadi pertanyaan yang ada dalam benak Anda. Hardisk memang penting namun lebih penting lagi data yang ada Anda simpan di dalamnya. Karena hardisk bisa dibeli berapapun harganya mau murah atau mahal sekalipun. Namun isinya tidak tergantikan dengan uang berapapun. Disini memilih hardisk bukanlah perkara yang mudah dimana harus memperhatikan kualitas dan dapat bertahan lama ketika digunakan. Lantas apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah hardisk.

Tips Memilih Hardisk Eksternal

1. Operasi Sistem

Sistem operasi OS X dan Windows merupakan operasi sistem yang berbeda yakni HFS+ dan NFTS kebanyakan juga menggunakan dua platform tersebut. OS X dapat membaca file pada hardisk dengan format NTFS namun Anda tidak dapat mengedit maupun menulis didalamnya. Maka dari itu Anda harus memastikan sistem operasi mana hardisk tersebut digunakan.

2. Kapasitas

Anda harus bisa memperkirakan kapasitas hardisk yang diperlukan, dengan menggunakan perhitungan mudah seperti ini. Kapasitas hardisk dengan 500 GB dapat menyimpan 100 ribu foto yang diambil dengan kamera 6 MP dan 100 ribu lagu dengan kualitas MP3 128 KBPS. Anda pasti tahu bahwa foto dan musik yang memiliki kualitas tinggi akan membutuhkan kapasitas hardisk yang lebih besar juga.

Sehingga dari perkiraan yang bisa Anda ambil sendiri pun bisa menentukan kapasitas yang diperlukan dan Anda tidak membeli hardisk dengan kapasitas yang lebih rendah. Namun jika Anda memiliki budget lebih maka sangat disarankan untuk membeli hardisk eksternal dengan kapasitas yang lebih besar yang pastinya akan memiliki spare dan mungkin akan Anda butuhkan suatu saat nanti.

3. Kecepatan Rotasi

Kecepatan rotasi perputaran piringan juga cukup penting untuk Anda pertimbangkan karena mempengaruhi dalam pengiriman dan penerimaan file atau data. Hardisk yang memiliki 7200 rpm akan memberikan performa lebih baik daripada hardisk 5400 rpm. Bahkan kini sudah mampu percepatan pada kecepatan 10.000 rpm.

4. Konektivitas

Setelah Anda menentukan kapasitas serta kecepatan hard disk yang diinginkan, sekarang saatnya menentukan bagaimana hard disk bisa tersambung ke komputer. Saat ini kebanyakan hard disk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. USB 3.0 menawarkan kecepatan 5 Gbps yang jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0 sebesar 480 Mbps. Disamping itu, USB 3.0 juga masih dapat dipakai pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0.

Ada juga hard disk yang memakai koneksi lewat port thunderbolt yang bisa menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0. Semua laptop dan komputer terbaru dari Apple sudah menyediakan port thunderbolt, dan beberapa laptop Windows juga sudah mulai menyediakannya. Yang disayangkan, harga hard disk dengan koneksi thunderbolt ini masih begitu mahal untuk saat ini.

5. Pelindung (Proteksi) Hardisk

Pelindung hardisk juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih hardisk eksternal karena bisa menjadi proteksi pertama kerusakan seperti terbanting atau apapun yang bisa kontak langsung dengan asesoris didalamnya. Namun jika Anda hanya memakai dirumah dan membawa di sekolah cukup dengan pelindung hardisk yang biasa. Jika Anda petualang yang suka bepergian Anda bisa memilih hardisk yang lebih ringan dan memiliki pelindung berbahan karet agar tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena guncangan.

6. Fitur

Anda juga harus memperhatikan hardisk yang memberikan fitur yang memiliki backup dan password protection. Meskipun ada juga berbagai macam fitur lain yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Garansi

Setiap penjualan hardisk yang memiliki warranty (garansi) pastinya akan lebih dipercaya daripada yang tidak. Karena podusen tersebut tahu betul ketahanan dari hardisk yang dibuat sendiri oleh mereka. Aplagi Anda belum tahu pasti kapan hardisk eksternal akan rusak. Sehingga dengan memiliki jangka waktu garansi yang panjang maka Anda tidak perlu takut jika hardisk mengalami kerusakan.

8. After Sales

After sales atau tempat servis bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih hardisk eksternal. karena bukan tidak mungkin jika Anda kurang memperhatikan hal ini Anda akan kesulitan memperbaikinya karena bukan dari produsen yang besar atau asesoris internal yang sulit didapat.

9. Ukuran

Ukuran yang banyak menjadi pertimbangan setiap orang membeli hardisk adalah karena ukuran dan mudah dibawa kemana-mana. Karena jika Anda membeli yang berukuran besar akan merepotkan sendiri dalam mengaksesnya. Apalagi dengan ukuran yang besar akan membutuhkan daya listrik lebih ketika ingin menghidupkannya. Disini Dunia Teknologi merekomendasikan ukuran 2,5″ hardisk yang akan Anda beli.

10. Harga

Yang terakhir menjadi pertimbangan tentunya budget yang Anda miliki apakah cukup atau tidaknya dalam membeli sebuah hardisk. Karena setiap hardisk yang berbeda dan merek berbeda harganya pun berbeda meskipun dengan kapasitas yang sama. Hardisk eksternal 1 TB dijual dengan harga 800ribuan dan 2 TB dengan harga diatas satu juta.

Demikianlah  Tips Memilih Dan Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik yang bisa Anda pertimbangkan ketika ingin membeli sebuah hardisk eksternal.

3 tanggapan untuk “Tips Memilih Dan Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *