Tips Memilih Power Supply untuk PC Gaming

DuniaTeknologi.Info – Power Supply memiliki peran penting dalam sebuah kumputer/PC. Untuk menjaga agar perangkat komputer Anda tetap stabil diperlukan power supply yang memenuhi standart, khususnya untuk PC Gaming. Nah, bicara mengenai power supply, khususnya yang untuk komputer gaming, berikut telah kami rangkum berbagai tips memilih power supply untuk PC Gaming agar tidak salah beli.

Tips Memilih Power Supply untuk PC Gaming

Sebelum memutuskan untuk membeli power supply untuk PC gaming, sebaiknya simak dulu hal-hal berikut!

1. Perkirakan Jumlah Daya

Tips memilih power supply untuk PC Gaming yang pertama yaitu memperkirakan jumlah daya yang dibutuhkan komputer. Cek berapa jumlah daya yang kira-kira dibutuhkan oleh perangkat PC yang Anda miliki.

2. Cari Power Supplay yang Sesuai

Nah, tips yang kedua setelah Anda memperkiakan jumlah daya yang dibutuhkan, Anda dapat membeli power supply untuk PC gaming sesuai kebutuhan. Biasanya untuk PC gaming membutuhkan power supply dengan daya minimal 450 watt – 600 watt.

3. Hindari Pembelian Power Supply dengan Harga Menggiurkan

Jika biasanya kebanyakan seseorang lebih suka membeli barang dengan harga yang lebih murah, namun untuk urusan barang-barang elektronik sebaiknya jangan tergiur dengan harag yang murah bahkan sangat murah. Mengapa demikian? Banderol harga untuk barang elektronik biasanya akan disesuaikan dengan kualitas yang diberikan. Untuk itu jangan tergiur dengan harga yang lebih murah, namun ternyata memiliki kualitas yang randah pula.

4. Cari Referensi

Mencari referensi sebelum membeli power supply yang berkualitas merupakan salah satu tips memilih power supply untuk PC Gaming yang bisa Anda lakukan. Mungkin hal tersebut terdengar sepele. Namun, dengan adanya informasi baik dari internet maupun teman, akan memberikan referensi kepada Anda terkait power supply yang memiliki kualitas unggulan.

5. Pertimbangkan Merek

Barang-barang berkualitas biasanya selalu dibanderol harga yang cukup tinggi pula,  begitu pun dengan power supply. Meskipun harganya lebih tinggi, beberapa merk terkenal power supply ini direkomendasikan karena kualitasnya seperti Enermax, Seasonic, Super Flower, fatalis, Coarsir, FSP, dan Silverstone.

6. Memiliki Cap Bronze

Tips memilih power supply untuk PC Gaming selanjutnya yaitu adanya cap bronze. Cap Bronze adalah sebah sertifikat yang akan diberikan pada sebuah produk power supply yang dapat memberikan efisiensi sebesar 80% ke atas. Perlu Anda ketahui, bahwa semakin tinggi presentase efiensi maka akan semakin murah pula biata listrik yang akan dikeluarkan. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih hemat bukan?

Daftar Harga Power Supply untuk Komputer Gaming

Nah, berikut ini kami sajikan beberapa jenis power supply ternama dan harganya.

1. CORSAIR CX Series™ Modular
• CX500M ATX Power Supply — 500 Watt 80 PLUS® Bronze Certified Modular PSU
• Harga : Rp. 888.000

2. Cooler Master
• RS-500-ASAB 80+ Bronze Sertificate
• Harga : Rp. 741.000

3. SEASONIC
• SS-500ES 80+ Bronze Sertificate
• Harga : Rp. 712.000

4. FSP Hyper
• 500W 80+ Bronze Sertificate
• Harga : Rp. 665.000

5. ENERMAX
• NAXN 550W Bronze Sertificate
• Harga : Rp. 836.000

6. XIGMATEX
• Tauro 500W 80+ Bronze Sertificate
• Harga : Rp. 645.000

7. ENLIGHTPOWER SUPPLY ENP-500B
• Manufacturer : ENLIGHT 80+ Bronze Sertificate
• Harga : Rp. 603.000

Itulah diatas beberapa tips memilih power supply untuk PC Gaming beserta daftar harga yang bisa Anda jadikan referensi bila ingin membelinya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *