Tips Mengatasi Laptop Atau PC Tidak Mengeluarkan Suara

Tips Mengatasi Laptop Tidak Mengeluarkan Suara – Ketika sedang bekerja menggunakan laptop pasti ada rasa sewaktu-waktu ingin mendengarkan musik untuk menghibur diri dan sedikit merefresh otak Anda agar lebih rileks.Saat menghidupkan aplikasi multimedia di laptop baik musik atau video tidak keluar sama sekali tentu akan membuat anda jengkel dan kesal bukannya malah menjadi rileks seperti yang Anda inginkan.

Sebelumnya sebenarnya ada banyak masalah penyebab komputer atau laptop tidak ada suaranya dengan mencoba pertolongan pertama yakni Anda memeriksa speaker karena bisa speaker kosong atau sedang dalam mode mute, port audio tidak terhubung memang sudah rusak, speaker yang dipasang tidak cocok, driver audio tidak cocok atau bisa juga komputer atau laptop Anda terkena virus.

Jangan khawatir disini akan memberikan tips mengatasi laptop tidak mengeluarkan suara.Yang harus Anda lakukan mengecek driver sound sudah terinstall dengan sempurna atau belum.Anda bisa mengecek  lewat device manager atau sound and audio device properties dengan cara berikut ini.

1. Lewat Device Manager

  • Klik start >>> klik kanan (my computer) >>> pilih properties
  • Pada system properties klik tab hardware dan klik device manager
  • Pada halaman device manager klik 2 kali pada sound >>> video and game controller kemudian lihat apakah nama sound sudah ada
  • Jika terdapat tanda tanya, itu berarti tandanya driver sound mengalami kerusakan dan Anda harus menginstall driver sound lagi secara benar.
  • Jika terlihat nama driver sound >>> klik dua kali nama driver sound tersebut hingga terlihat seperti gambar di bawah
  • Akan muncul halaman “Realtek High Definition Audio Properties” karena sound card yang digunakan adlah realtek dan pastikan pada ” device usage ” dalam pilihan use this device (enable)

2. Lewat Sound And Audio Device Properties

  • Klik start >>> control panel
  • Pada halaman control panel klik sounds, speech and audio device untuk tampilan control panel klasik langsung saja Anda klik “Sound and Audio device
  • Selanjutnya akan tampil halaman sounds and audio peroperties. klik tab audio dan lihat di bagian sound palyback.Coba pilih device souns yang dalam keadaan baik.Jika sudah selesai klik ok.
  • Jika suara tidak dapat berfungsi dengan baik kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada hardware

Dan jika kerusakan sudah pada hardware sebaiknya Anda bawa ke tempat service laptop di kota Anda.Karena sebaiknya yang harus memperbaiki orang yang lebih ahli dalam bidangnya agar tidak terjadi kerusakan yang tidak bisa Anda perbaiki sendiri dengan mudah.

Tapi paling tidak kita sudah berusaha dan mencoba mendeteksi kerusakan yang terjadi.Demikianlah Tips Mengatasi Laptop Tidak mengeluarkan Suara.

Satu tanggapan untuk “Tips Mengatasi Laptop Atau PC Tidak Mengeluarkan Suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *